Sport
Share this on:

Honda Cari Pengganti Pedrosa

  • Honda Cari Pengganti Pedrosa
  • Honda Cari Pengganti Pedrosa

JEREZ - Honda sedang serius mencari calon rekan satu tim Marc Marquez untuk musim depan. Kontrak Daniel Pedrosa bakal berakhir tahun ini dan tim juara bertahan MotoGP tersebut sedang memantau sejumlah kandidat untuk menggantikannya.

Bos Repsol Honda Alberto Puig menyatakan masih butuh beberapa balapan ke depan untuk menentukan pilihan. ''Marquez sudah memperpanjang kontrak dan kami ingin melihat sejumlah opsi (untuk posisi satu kursi balap lainnya) bergantung pada hasil beberapa balapan ke depan,'' ucap Puig kepada Motorsport.

Puig memastikan, sampai saat ini, Repsol Honda belum bernegosiasi dengan siapapun. Langkah ini penting untuk menganalisa perkembangan masing-masing pembalap buruan. ''Komitmen kami adalah memberikan opsi terbaik kepada tim, dan Dani (Pedrosa) adalah opsi yang bagus. Itulah mengapa dia sudah bersama kami begitu lama,'' terangnya.

Pedrosa sudah bergabung dengan Repsol Honda sejak naik kelas ke MotoGP pada 2006. Sejak saat itu, dia belum pernah sekalipun meraih gelar juara dunia. Namun pembalap 32 tahun tersebut termasuk konsisten dengan selalu meraih kemenangan setiap musimnya, setidaknya satu kali.

Opsi Honda juga tidak banyak. Buruan utama mereka, bintang Tech3-Yamaha Johaan Zarco kabarnya sudah memutuskan bergabung dengan KTM. Sementara itu, jagoan Ducati, yang juga mantan pembalap Repsol Honda Andrea Dovizioso kemungkinan besar bakal segera memperpanjang kontraknya.

Ada pilihan lain yang begitu berharap bisa mendampingi Marquez musim depan. Dia adalah Cal Crutchlow yang kini membalap untuk tim satelit LCR-Honda. Namun sampai saat ini pembalap Inggris itu belum mempertontonkan potensi yang hebat ketimbang Pedrosa.

Opsi yang juga sangat menarik adalah memasangkan Marquez dengan adik kandungnya sendiri Alex Marquez. Namun sudah beberapa kali Marquez kecil menyatakan ingin menjuarai kelas Moto2 terlebih dahulu sebelum memutuskan naik kelas ke MotoGP. Selain itu juga ada juara Moto3 musim lalu Joan Mir.

Puig sendiri menyatakan dalam pengambilan keputusan tersebut timnya bakal meminta pertimbangan Marquez. Soal ini, media Spanyol Diario Gol mengutip pernyataan Valentino Rossi yang menyebut Marquez menolak Dovizoso menjadi rekan satu timnya.

"Saat Marquez negosiasi kontrak baru, dia memberi tiga syarat, salah satunya Dani Pedrosa harus menjadi rekan setimnya musim depan," tulis Diario Gol. (cak/jpg)

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!