Sport
Share this on:

IAAF Belum Ampuni Rusia

  • IAAF Belum Ampuni Rusia
  • IAAF Belum Ampuni Rusia

LONDON - Harapan para atlet atletik Rusia tampil dengan bendera negara mereka di 2019 pupus. Federasi Atletik Internasional (IAAF) kemarin secara resmi mengumumkan meneruskan sanksi bagi federasi atletik dan atlet-atlet Rusia untuk tampil di berbagai ajang internasional.

IAAF telah menjatuhkan sanksi untuk Rusia sejak November 2015. Saat itu tim khusus dari badan anti doping dunia (WADA) berhasil membongkar praktek manipulasi sampel doping atlet Rusia yang disinyalir mendapat bantuan penuh dari pemerintah negara tersebut.

Penolakan pengampunan untuk Rusia ini sudah sembilan kali dilakukan oleh IAAF. Keputusan ini sekaligus membuat IAAF mengambil langkah bertolak belakang dengan WADA dan Komite Olimpiade Internasioanl (IOC) yang sudah mengampuni Rusia secara penuh.

Melalui statement resmi mereka kemarin, IAAF menyebut alasan utama organisasi pimpimpinan Sebastian Coe itu belum mengampuni Rusia adalah lantaran sampai saat ini tim taskforce IAAF belum diberi akses untuk mendapatkan sampel doping secara langsung di laboratorium milik badan anti doping Rusia.

“Kami harap mereka segera menyerahkan data sebelum tahun ini berakhir,” ucap Rune Andersen, ketua tim Taskforce IAAF untuk Rusia dilansir BBC. “Hanya itu yang bisa kami lakukan. Kami tidak bisa melangkah lebih jauh dari ini,” tambahnya.

Dengan keputusan ini para atlet Rusia masih harus menggunakan bendera netral saat tampil di berbagai ajang internasional. Meski negara mereka mendapat sanksi, para atlet Rusia yang lolos tes doping khusus dari IAAF memang masih diperbolehkan tampil di berbagai ajang internasional.

Kalender kejuaraan internasional IAAF terdekat adalah European Indoor Championship pada Februari mendatang di Glasgow. Pada ajang European Championship di Berlin Agustus lalu, ada 70 atelt Rusia yang tampil dengan bendera netral.

Presiden Federasi Atletik Rusia, Dmitry Shlyakhtin kepada TASS megaku tidak terkejut dengan keputusan itu. Tapi dia masih berharap sanksi itu segera dicabut. “Kami belum kehilangan harapan karena sejauh ini kami sudah membuat banyak perubahan,” ucapnya. (irr/jpg)

Berita Sebelumnya

Popovich Masih Kebingungan
Popovich Masih Kebingungan

Berita Berikutnya

Alonso Gunakan Mesin Chevrolet
Alonso Gunakan Mesin Chevrolet

Berita Sejenis

Menang Tiga Set, Minions Belum Panas

Menang Tiga Set, Minions Belum Panas

Ketangguhan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo mendapatkan ujian cukup berat dari pasangan Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.


Verstappen Menjanjikan, Mesinnya Belum

Verstappen Menjanjikan, Mesinnya Belum

Pembalap Red Bull Max Verstappen menjadi salah satu perbincangan penting pasca Formula 1 2018 berakhir di Abu Dhabi Minggu kemarin.


Yamaha Masih Belum Spesial

Yamaha Masih Belum Spesial

Meski sukses menjadi yang tercepat di hari kedua tes pra musim di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Maverick Vinales belum puas dengan kinerja mesin motornya.


Owi/Della Langsung Tersingkir, Eksperimen Belum Terbukti

Owi/Della Langsung Tersingkir, Eksperimen Belum Terbukti

Era Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir sudah berakhir. Kini Owi, berpasangan dengan Della Destiara Haris di Hongkong Open 2018.


Menanti Balapan Perpisahan Pedrosa

Menanti Balapan Perpisahan Pedrosa

Balapan pamungkas MotoGP musim ini di Valencia akhir pekan nanti belum kehilangan daya tarik. Juara dunia memang sudah direbut Marc Marquez.


Ganda Pelapis Belum Konsisten

Ganda Pelapis Belum Konsisten

Jalan terjal harus dilalui ganda campuran dan ganda putra pelapis di babak pertama Fuzhou China Open 2018.


Khachanov Rusak Mimpi Nole

Khachanov Rusak Mimpi Nole

Mimpi Novak Djokovic meraih gelar Paris Masters kelimanya sepanjang karir pupus di tangan petenis muda Rusia Karen Khachanov.


Juara, Bank Jatim Belum Puas

Juara, Bank Jatim Belum Puas

Surabaya Bank Jatim sekali lagi mengukuhkan dominasi sebagai tim putri terkuat di tanah air.


Kalahkan Alko, Petro Berpotensi Bertahan di Livoli

Kalahkan Alko, Petro Berpotensi Bertahan di Livoli

Tim putri Petrokimia Gresik bisa sedikit bernafas lega. Ancaman terdegradasi dari Livoli Divisi Utama belum terjadi.


Ganda Putra Indonesia Habis

Ganda Putra Indonesia Habis

Berbeda dengan ganda putra utama, prestasi pelapis ganda putra Indonesia belum menjanjikan.



Berita Hari Ini

IKLAN ARIP

Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!