Sport
Share this on:

Indonesia Berebut Posisi Kelima dengan India

  • Indonesia Berebut Posisi Kelima dengan India
  • Indonesia Berebut Posisi Kelima dengan India

JOGJAKARTA - Indonesia harus mengubur mimpi menjadi kampiun tim beregu BWF World Junior Championships 2017. Alih-alih lolos ke partai puncak atau final, tim Indonesia sudah harus tersisih di perempat final. Kemarin Indonesia takluk 3-1 kepada Tiongkok pada babak delapan besar di GOR Among Raga, Jogjakarta.

Kekalahan tersebut cukup menyesakkan ofisial tim Merah Putih. Sebab, Indonesia merupakan unggulan kedua, sementara Tiongkok hanya unggulan kesembilan. Bahkan, sebelumnya, Kabidbinpres PP PBSI Susy Susanti optimistis Indonesia bisa unggul di tiga nomor. Yakni tunggal putri, ganda putrid, dan ganda campuran.

Sayang, prediksi itu meleset. Hanya tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung yang mampu mencuri poin. Dia mengalahkan Han Yue 21-17 dan 21-17. Sedangkan ganda putri Jauza Fadhila Sugiarto/Ribka Sugiarto dikalahkan Liu Xuanxuan/Yuting Xia 9-21 dan 15-21.

Susy memiliki alasan soal keoknya ganda putri. ”Mereka main dalam kondisi tertekan. Beban berat. Mereka tak bisa main maksimal,” ujarnya kemarin. Ya, ganda putri memang bermain di laga keempat. Saat itu Indonesia tertinggal 1-2.

Ribka Sugiarto membenarkan hal tersebut. Dia mengaku bertanding dalam kondisi tertekan. Konsentrasinya buyar. ”Ada beban harus menang. Itu membuat permainan kami kurang berkembang. Akhirnya, lawan berhasil memanfaatkan,” ucap dia.

Susy juga sedikit menyayangkan drawing game yang kurang menguntungkan Indonesia. Sebab, dua nomor andalannya, ganda putri dan ganda campuran, dapat jatah bermain paling akhir. ”Padahal, dua nomor itu sebenarnya jadi andalan kami,” ungkapnya.

Di sisi lain, Ding Ke, manajer tim Tiongkok, bersyukur karena timnya bisa mengempaskan tuan rumah. Menurut dia, kondisi fisik pemainnya tengah bagus. Sebab, di laga sebelumnya kontra Taiwan, Tiongkok sudah mengistirahatkan beberapa andalan. ”Selain itu, komunikasi yang baik antara pelatih dan pemain menjadi kunci kemenangan,” katanya.

Kekalahan itu merupakan prestasi terburuk Indonesia di ajang BWF Junior Championships dalam empat edisi terakhir. Sebab, dalam tiga edisi sebelumnya Indonesia selalu berhasil melangkah hingga final. Meski belum pernah berujung juara.

Namun, kekalahan itu tak lantas membuat langkah Indonesia terhenti. Tim Indonesia akan memperebutkan posisi kelima. Karena itu, Susy meminta para pemain tetap fight. ”Siapa pun yang diturunkan, kami harap tetap fokus dan tampil maksimal,” tuturnya.

Dalam laga tambahan tadi malam, Indonesia memastikan tempat di final perebutan posisi kelima. Kepastian itu didapat setelah mengalahkan Thailand dengan skor 3-1. Hasil tersebut membuat Indonesia bakal menghadapi India di perebutan posisi kelima.

Susy mengatakan, Indonesia akan tetap menurunkan pemain terbaik. Sebab, PBSI ingin hasil maksimal dalam event kali ini. ”Kami akan tetap meminta anak-anak fokus,” ujarnya.

”Kami tampil enjoy, tanpa beban, makanya kami bisa menang,” ungkap Siti Fadia Silva soal kunci kemenangannya. Karena itu, dia berharap penampilan yang tanpa beban bisa menular kepada seluruh rekannya. ”Sehingga kami bisa meraih posisi kelima,” ucap dia. (gus/c11/ady/jpg)


Berita Sebelumnya

Kubica Jalani Tes Bersama Williams
Kubica Jalani Tes Bersama Williams

Berita Berikutnya

Toro Rosso Belum Punya Pembalap
Toro Rosso Belum Punya Pembalap

Berita Sejenis

Punya harta Rp1,28 Triliun, CR7 Disalip Beyonce

Punya harta Rp1,28 Triliun, CR7 Disalip Beyonce

Dengan usia yang sudah menapak 32 tahun, bisa dibilang masa kejayaan Cristiano Ronaldo tidak akan lama lagi.


Ujian Berat Jojo dan Anthony di Denmark Open

Ujian Berat Jojo dan Anthony di Denmark Open

Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie kembali menjadi tumpuan Indonesia di ajang Super Series Premier.


Top, Lorenzo Enggan Mengalah untuk Dovi

Top, Lorenzo Enggan Mengalah untuk Dovi

Persaingan pembalap Ducati Andrea Dovizioso dengan pembalap Repsol Honda Marc Marquez dalam perebutan juara dunia MotoGP tahun ini memasuki fase krusial.


Dovi Langsung Cepat, Marquez Jatuh Lagi

Dovi Langsung Cepat, Marquez Jatuh Lagi

Dua rider yang sedang bersaing berebut gelar juara dunia MotoGP 2017, Marc Marquez dan Andrea Dovizioso saling menunjukkan potensinya sebagai jawara di Motegi.


Ditekuk Tiongkok 1-3, Indonesia Gagal ke Semifinal

Ditekuk Tiongkok 1-3, Indonesia Gagal ke Semifinal

Gregoria Mariska Tunjung dkk harus mengubur impiannya menjadi juara dunia beregu.


Cedera, Pebulu Tangkis cantik Ini Gagal Curi Poin

Cedera, Pebulu Tangkis cantik Ini Gagal Curi Poin

Sara Penalver Pereira sebenarnya menjadi tumpuan Spanyol kala menghadapi Indonesia. Pemain tunggal putri itu digadang bisa membuat Spanyol mencuri poin.


Rossi Latihan dengan Rem Jempol Lagi

Rossi Latihan dengan Rem Jempol Lagi

Balapan MotoGP bakal berlanjut lagi akhir pekan ini di Twin Ring Motegi, Jepang.


Pertarungan 17 September Seri, WBC Instruksikan Rematch

Pertarungan 17 September Seri, WBC Instruksikan Rematch

Meski wacana rematch antara Gennady Golovkin kontra Saul Canelo Alvarez sudah muncul sejak keduanya mengakhiri pertarungan 17 September lalu dengan draw.


Misi Bola Voli Pantai Pertahankan Posisi

Misi Bola Voli Pantai Pertahankan Posisi

Empat pasang pebola voli pantai Indonesia kembali akan tampil di kompetisi level Asia.


Tetap Batasi Ajang untuk Owi/Butet

Tetap Batasi Ajang untuk Owi/Butet

Prestasi bulu tangkis Indonesia masih bertumpu pada kekuatan ganda campuran. Utamanya pada pasangan senior Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!