Sport
Share this on:

Indonesia Hanya Sisakan The Daddies dan Minions

  • Indonesia Hanya Sisakan The Daddies dan Minions
  • Indonesia Hanya Sisakan The Daddies dan Minions

JAKARTA - Lima wakil Indonesia yang berhasil tembus ke babak perempatfinal Indonesia Open 2019 sudah menjalani pertandingannya, Jumat (19/7) kemarin, di Istora Senayan, kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Sayangnya dari lima wakil itu, hanya dua yang berhasil melangkah ke babak semifinal salah satu seri turnamen BWF World Tour yang menyandang kategori Super 1000 tersebut. Kedua wakil itu tak lain adalah pasangan andalan ganda putra Indonesia Hendra Setiawan/Mohammad dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Tiket babak semifinal pertama bagi Merah Putih diraih oleh Hendra/Ahsan yang berhasil mengalahkan unggulan kelima asal Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe. Melalui pertandingan yang sengit dan cukup melelahkan, pasangan yang dijuluki The Daddies itu berhasil menang lewat pertarungan rubber game dengan skor 21-15, 9-21 dan 22-20.

"Syukur Alhamdulillah, di pertandingan hari ini kita bisa melewati partai krusial. Karena sudah memimpin, di atas angin, tapi sempat tersusul lawan yang balik unggul. Tapi Alhamdulillah, kita bisa menang," ujar Ahsan usai pertandingan.

Menariknya, di babak semifinal, Hendra/Ahsan kembali berhadapan dengan wakil Jepang lainnya yakni, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi yang berhasil lolos ke babak empat besar usai menundukkan wakil Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto 19-21 dan 12-21.

Dalam laga tersebut, unggulan keenam asal Indonesia itu terlihat banyak membuat kesalahan sendiri yang tentunya merugikan dan membuat mereka tak dapat keluar dari tekanan demi tekanan yang terus dihujankan Hoki/Kobayashi. "Evaluasi dari pertandingan hari ini kalau sedang tertekan terus, harus bisa cepat ubah pola permainan. Tadi lambat banget dan susah. Pastinya kecewa dengan hasil ini karena diluar dari harapan," tutur Fajar.

Namun, Kevin/Marcus berhasil meraih tiket babak semifinal kedua bagi Indonesia. Pasangan nomor satu dunia yang dijuluki The Minions itu berhasil melangkah ke babak empat besar usai mengalahkan Zhang Nan/Ou Xuan Yi dua game langsung dengan skor 21-12 dan 21-16.

Dalam laga ini, Kevin/Marcus terlihat tak menemui hambatan cukup berarti. Bahkan, ia hanya membutuhkan waktu 31 menit untuk mengalahkan pasangan China tersebut.

"Hari ini kami bermain cukup baik dan bisa mengontrol permainan. Sebenarnya lawan bermain sangat baik juga, mereka punya kecepatan, tenaga dan serangan yang bagus. Tapi hari ini kami sedikit lebih siap dari mereka," tutur Kevin.

"Menurut saya, karena mereka pasangan baru. Ou masih banyak melakukan kesalahan sendiri. Mungkin di pertandingan pertama dia masih banyak gugupnya," tambah Marcus.

Di babak semifinal Kevin/Marcus sudah ditunggu wakil China lainnya yang merupakan unggulan ketiga, Li Junhui/Liu Yuchen. Keduanya tercatat sepuluh kali bertemu dengan delapan kemenangan yang didapat Kevin/Marcus.

"Kami sudah sama-sama tahu kelebihan dan kekurangan lawan. Setiap ketemu mereka selalu ramai, menang atau kalah, permainannya tidak pernah mudah. Kami harus siap kasih yang terbaik untuk besok," tuntasnya.

Sayangnya, ketiga wakil Indonesia lainnya terpaksa terhenti di babak perempatfinal ini. Selain Fajar/Rian, pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow dan tunggal putra, Jonatan Christie harus tersingkir dari ajang Indonesia Open tersebut.

Tontowi/Winny sendiri harus angkat koper usai disingkirkan unggulan kelima asal Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying lewat pertarungan rubber game dengan skor 11-21, 21-14 dan 14-21. Sedangkan Jonatan tersingkir usai dikalahkan oleh unggulan keempat asal Taiwan, Chou Tien Chen dengan skor 21-16, 18-21 dan 14-21. Ini merupakan kekalahan kedua Jonatan dari pebulutangkis peringkat tiga dunia tersebut.

Dari delapan pertemuannya, pemain yang akrab disapa Jojo itu sebenarnya sudah enam kali mengalahkan Chou. Namun, dalam laga ini, Jojo bermain kurang apik di set penentuan. Bahkan, diakui Jojo, ia menerapkan strategi dan penggunaan stroke yang kurang tepat. Penerapan strategi ini dinilainya sebagai salah satu hal krusial dalam kekalahannya.

"Tidak ada perubahan permainan (dari game pertama), yang berubah karena di game kedua dia sudah menang. Jadi percaya dirinya keluar di game ketiga, fight back dia untuk melawan Istora jadi lebih keluar," tutur Jojo.

"Saya minta maaf sama suporter, baik yang di Istora atau yang di rumah, maaf banget belum bisa kasih hasil yang terbaik, tapi saya sudah lakukan yang terbaik yang saya bisa," sambungnya.

Dengan demikian, Indonesia hanya menyisakan dua wakil di babak semifinal Indonesia Open 2019 yang bakal berlangsung di Istora Senayan, kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu (20/7) hari ini. (gie/fin/zul/wsa)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Tour d'Indonesia 2020 Tambah Etape

Tour d'Indonesia 2020 Tambah Etape

Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) akan menambah etape kejuaraan balap sepeda internasional Tour d'Indonesia (TdI) pada tahun 2020 menjadi e


Jonatan Christie Terhenti, Tunggal Putra Indonesia Habis

Jonatan Christie Terhenti, Tunggal Putra Indonesia Habis

Jonatan Christie gagal melaju kaki ke babak semifinal World Championships 2019.


PON Tetap Jalan Meski Papua Mencekam

PON Tetap Jalan Meski Papua Mencekam

Kerusuhan yang terjadi di berbagai wilayah porvinsi papua dan Papua Barat nampaknya tidak mengganggu persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua.


Lakers Rayu Howard dan Noah

Lakers Rayu Howard dan Noah

Diam-diam Los Angeles Lakers tengah memburu dua veteran Veteran NBA Dwight Howard dan Joakim Noah.


Tersingkir, Minions Takluk dari Ganda Korea Selatan Choi/Seo

Tersingkir, Minions Takluk dari Ganda Korea Selatan Choi/Seo

Langkah pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di World Championships 2019 harus terhenti lebih awal.


Ronald/Annisa Saufika dan Rinov/Pitha Terhenti

Ronald/Annisa Saufika dan Rinov/Pitha Terhenti

Ganda campuran Ronald/Annisa Saufika langsung mengalami kekalahan di laga pertamanya pada World Championships 2019.


Dua Tunggal Putri Merah Putih Ditunggu Duo Raksasa

Dua Tunggal Putri Merah Putih Ditunggu Duo Raksasa

Dua tunggal putri Indonesia, Fitriani dan Gregoria Mariska Tunjung tampil gemilang di laga awal Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia 2019.


Tiga Tunggal Putra Merah Putih Mulus

Tiga Tunggal Putra Merah Putih Mulus

Tiga tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, Tommy Sugiarto dan Jonatan Christie berhasil mengamankan tiket babak kedua Kejuaran Bulu Tangkis Dunia 2


Trek Silverstone Masih Diragukan

Trek Silverstone Masih Diragukan

Penuh Genangan air dan licin menjadi gambaran menakutkan para rider dalam seri Silverstone dalam gelaran MotoGP Inggris musim lalu.


Pebulu Tangkis Indonesia Optimis, Meski Persaingan Kian Ketat

Pebulu Tangkis Indonesia Optimis, Meski Persaingan Kian Ketat

Kejuaraan Dunia 2019 dimulai hari ini (19/8). Di hari perdana, tiga tunggal putra Indonesia sudah bermain di babak pertama.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!