Sport
Share this on:

Indonesia Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Bola Basket 2023

  • Indonesia Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Bola Basket 2023
  • Indonesia Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Bola Basket 2023

**JAKARTA ** - Indonesia dipastikan bakal menjadi tuan rumah perhelatan kejuaraan FIBA ASIA CUP 2021 dan FIBA World Cup 2023. Pada kejuaraan dunia 2023, Indonesia menjadi tuan rumah bersama Jepang dan Filipina.

Bahkan, pada Mei 2019, lalu Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla yang mengunjungi Komite Olimpiade Internasional (IOC) di Swiss, sekaligus menemui Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) terkait kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah FIBA World Cup 2023.

Dipastikan dalam pertemuan itu, Jakarta bbakal menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023 bersama dua kota dari negara lain yakni, Okinawa (Jepang) dan Manila (Filipina).

Guna memuluskan perhelatan Kejuaraan Dunia Bola Basket 2023 itu, pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) siap memberikan dukungan. Hal itu ditegaskan langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi.

Dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan di Jakarta, Sabtu (20/07) kemarin, Imam Nahrawi yang menggelar dengan Ketua Badan Tim Nasional PP Perbasi, Syailendra Bakrie dan IOC Member Erick Thohir mengatakan, bahwa perhelatan Kejuaran Dunia Bola Basket 2023 merupakan, salah satu cara untuk bisa merealisasikan Indonesia untuk bisa berprestasi di tingkat Asia.

"Bola basket adalah olah raga yang digemari oleh anak muda. Prestasi kita di level Asia Tenggara pun cukup bagus dan konsisten," ungkap menteri asal Bangkalan, Madura, Jawa Timur tersebut. "Dengan adanya FIBA World Cup 2023, kita seharusnya bisa merealisasikan mimpi kita untuk berprestasi di tingkat Asia dan dunia," sambung Imam Nahrawi.

Selain untuk penyelenggaraaan, menteri yang akrab disapa Cak Imam itu juga mengaku bahwa pihaknya juga bakal memberikan dukungan terhadap tim nasional bola basket Indonesia. "Persiapan tim nasional bola basket Indonesia pasti kita dukung. Saya menunggu pertemuan dengan FIBA untuk mengkonkritkan kerjasama ini," tutur Imam Nahrawi.

Jelas dukungan yang diberikan pemerintah ini, disambut baik PP Perbasi. Menurut, Ketua Badan Tim Nasional PP Perbasi, Syailendra Bakrie dukungan yang diberikan pemerintah itu, bakal menjadi motivasi tambahan semangat atlet yang akan melakukan seleksi nasional.

"Dukungan dari Menpora jelas menambah semangat atlet yang akan segera melakukan seleksi di bawah asuhan salah satu pelatih terbaik Asia, Rajko Toroman," tegas Eda sapaan akrab Syailendra.

Sementara itu, Erick Thohir juga menyambut gembira terkait dukungan tersebut. Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Olimpiade Indonesia (KOI) itu menyebutkan bahwa kerjasama Perbasi dan FIB serta pemerintah akan sangat penting demi kesuksesan kejuaraan tersebut.

"Kerjasama erat antara pemerintah, Perbasi dan FIBA sangat penting demi suksesnya penyelenggaraan FIBA World Cup 2023 dan peningkatan prestasi tim nasional bola basket Indonesia," tuturnya.

"Terima kasih pada Pak Menteri atas dukungannya kepada FIBA World Cup 2023. Kehadiran FIBA bertemu dengan Menpora akan menjadi langkah positif setelah sebelumnya melakukan pertemuan dengan Wakil Presiden H.Jusuf Kalla dan Menteri Koordinator PMK Puan Maharani," tukas Erick. (gi/der/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Tour d'Indonesia 2020 Tambah Etape

Tour d'Indonesia 2020 Tambah Etape

Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) akan menambah etape kejuaraan balap sepeda internasional Tour d'Indonesia (TdI) pada tahun 2020 menjadi e


Jonatan Christie Terhenti, Tunggal Putra Indonesia Habis

Jonatan Christie Terhenti, Tunggal Putra Indonesia Habis

Jonatan Christie gagal melaju kaki ke babak semifinal World Championships 2019.


Dua Tunggal Putri Merah Putih Ditunggu Duo Raksasa

Dua Tunggal Putri Merah Putih Ditunggu Duo Raksasa

Dua tunggal putri Indonesia, Fitriani dan Gregoria Mariska Tunjung tampil gemilang di laga awal Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia 2019.


Tiga Tunggal Putra Merah Putih Mulus

Tiga Tunggal Putra Merah Putih Mulus

Tiga tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, Tommy Sugiarto dan Jonatan Christie berhasil mengamankan tiket babak kedua Kejuaran Bulu Tangkis Dunia 2


Pebulu Tangkis Indonesia Optimis, Meski Persaingan Kian Ketat

Pebulu Tangkis Indonesia Optimis, Meski Persaingan Kian Ketat

Kejuaraan Dunia 2019 dimulai hari ini (19/8). Di hari perdana, tiga tunggal putra Indonesia sudah bermain di babak pertama.


Kirim 27 Pebulutangkis, Indonesia Incar Satu Gelar Juara Dunia

Kirim 27 Pebulutangkis, Indonesia Incar Satu Gelar Juara Dunia

27 pemain bulu tangkis Indonesia dipastikan bakal meramaikan ajang Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia 2019 di St. Jakobshalle Basel, Swiss.


Indonesia Incar Satu Gelar di Kejuaraan Dunia Bulutangkis

Indonesia Incar Satu Gelar di Kejuaraan Dunia Bulutangkis

Tim Merah Putih menargetkan meraih satu gelar juara pada Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019 di St. Jakobshalle Basel, Swiss, 19-25 Agustus mendatang.



Lawan Brunei, Timnas U18 Waspadai Spirit Lawan

Lawan Brunei, Timnas U18 Waspadai Spirit Lawan

Timnas) Sepak Bola Indonesia U-18 bakal melakoni laga ketiga babak penyisihan Grup A Piala AFF U-18 2019.


Timnas U15 Siap Rebut Posisi Ketiga

Timnas U15 Siap Rebut Posisi Ketiga

Timnas Indonesia U-15 tengah bersiap untuk menghadapi Vietnam U-15 dalam perebutan tempat ketiga Piala AFF U-15 2019 di Stadion IPE 1, Chonburi, Thailand, Jumat



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!