Sport
Share this on:

Jelang Balapan di Assen, Yamaha Semakin Tertinggal

  • Jelang Balapan di Assen, Yamaha Semakin Tertinggal
  • Jelang Balapan di Assen, Yamaha Semakin Tertinggal

ASSEN - Pembalap Maverick Vinales merasa Yamaha semakin tertinggal dari tim pabrikan lainnya. Pembalap berjuluk The Top Gun itu mengaku kecewa dengan lambatnya pengembangan motor Yamaha musim ini.

Pembalap Spanyol itu mendesak agar Yamaha segera bangkit dan berupaya mengejar ketertinggalan jika ingin tampil kompetitif di sisa musim balapan. Menurutnya, rival Yamaha seperti Ducati dan Repsol Honda sudah berada beberapa langkah di depan soal urusan pengembangan motor di MotoGP 2019 ini.

Vinales masih mengeluhkan masalah grip yang mereka derita sejak pertengahan 2017 yang saat ini makin bertambah parah. Kondisi demikian membuat Vinales makin pesimistis Yamaha bisa dengan cepat mengatasi masalah pada YZRM1yang dia tunggangi bersama Valentino Rossi.

"Kompetitor terus memperbaiki diri, sementara kami tak mengalami perbaikan apa pun sejak bergabung dengan Yamaha. Kondisinya makin memburuk. Saya punya grip yang baik saat pramusim, bahkan meraih pole di Qatar. Tapi setelahnya, tiap kali menjalani pekan balap, kami tak paham apa yang harus kami lakukan," ungkap pembalap Monster Energy Yamaha itu seperti dilansir Motorbike Sport.

Akibat buruknya performa Yamaha, di klasemen sementara pembalap, Vinales masih di luar dari posisi 10 besar. Dengan torehan 40 poin, dia hanya bisa menempati posisi ke-11. Hasil tersebut bahkan lebih buruk dibandingkan dengan rookie Petronas Yamaha, Fabio Quartararo yang menempati peringkat ketujuh dengan raihan 51 poin.

Puncak kekecewaan Vinales adalah hasil di GP Catalunya. Di sana, Yamaha sama sekali tidak meraih kemenangan. Selama musim ini, catatan terbaik mereka hanyalah menempati posisi kedua saatValentino Rossiberlaga di GP Amerika Serikat lalu. Sisanya, Yamaha cenderung kesulitan bahkan untuk menembus posisi lima besar.

Saat Vinales dan Rossi babak belur, pembalap Fabio Quartararo kembali mencuri perhatian dengan memuncaki sesi latihan pembukaan GP Belanda. Disusul Maverick Vinales yang mencatatakan waktu tercepat kedua.

Yamaha mengirimkan dua ridernya, Quartararo dan Maverick Vinales untuk menempati dua peringkat teratas pada sesi latihan bebas pertama, Jumat (28/6). Keduanya berhasil menembus catatan waktu di bawah 1 menit 34 detik.

Pada posisi ketiga diisi oleh Danilo Petrucci dari Ducati, kemudian diikuti oleh pembalap Suzuki, Alex Rins. Sementara pembalap Repsol Honda Marc Marquez mencatatkan waktu tercepat keenam. Dia bahkan kalah dari pembalap tim satelit Honda, Takaaki Nakagami yang menempati posisi kelima.

Sementara masih kesulitan dan hanya bisa mencatatkan waktu di urutan ke-12. Disusul Andrea Dovizioso yang berada di urutan ke-13. Sedangkan satu rider Repsol Honda lainnya, yaitu Jorge Lorenzo, masih terdampar di urutan ke-19. Pembalap berjuluk X-Fuera itu kembali mengalami nasib sial usai tersungkur pada pengujung sesi. (wsa/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Johann Zarco Pilih Mundur

Johann Zarco Pilih Mundur

Johann Zarco memilih mengundurkan diri dari MotoGP 2019 disaat race masih tersisa enam balapan lagi, Kamis (19/9) kemarin.


Tak Ada Kejutan di Akhir Bursa Transfer

Tak Ada Kejutan di Akhir Bursa Transfer

Meski sejumlah kepindahan tak terduga terjadi pada detik-detik akhir jelang penutupan bursa transfer, tapi tak ada kejutan yang mencolok..


Anak Emas Renault Tewas

Anak Emas Renault Tewas

Pebalap Prancis Anthoine Hubert tewas setelah mengalami kecelakaan di balapan Formula 2 GP Belgia di Sirkuit Spa Francorchamps, kemarin.


Gegar Otak Ringan, Quartararo Tercepat di Latrihan Resmi Perdana

Gegar Otak Ringan, Quartararo Tercepat di Latrihan Resmi Perdana

Pencinta MotoGP dibuat kebingungan oleh kelakuan rider Petronas Yamaha, Fabio Quartararo. Cedera kepala yang membuatnya geger otak ringan tak membuat pembalap P


Tahun Depan, MotoGP Tambah Dua Seri

Tahun Depan, MotoGP Tambah Dua Seri

Seri Thailand dan Finlandia akhirnya menambah jumlah balapan dalam gelaran MotoGP 2020. Otomatis, jumlah seri balapan musim depan menjadi 20 laga.


Dovi Alami Geger Otak Ringan

Dovi Alami Geger Otak Ringan

Pembalap Ducati Andrea Dovizioso harus mendapat sejumlah perawatan di rumah sakit usai menabrak pembalap Petronas Yamaha Fabio Quartararo di race MotoGP Inggris


Salip Marquez di Tikungan Terakhir, Alex Rins Juara di Silverstone

Salip Marquez di Tikungan Terakhir, Alex Rins Juara di Silverstone

Alex Rins (Suzuki Ecstar) menjuarai balapan GP Inggris di Silverstone setelah mengalahkan Marc Marquez (Repsol Honda) di tikungan terakhir jelang finis, kemarin


Quartararo Tercepat, Rossi Tercecer

Quartararo Tercepat, Rossi Tercecer

Rider Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo menjadi yang tercepat dalam Latihan Bebas kedua (FP2) MotoGP Inggris, Jumat (23/8) siang.


Sembuh dari Cedera, Messi Siap Hadapi Betis

Sembuh dari Cedera, Messi Siap Hadapi Betis

Ada kabar gembira untuk pencinta Barcelona jelang duel sang juara bertahan kontra Real Betis di pekan kedua La Liga, akhir pekan ini.


Rossi Menyukai Tantangan Balapan di Silverstone

Rossi Menyukai Tantangan Balapan di Silverstone

Pembalap Yamaha Valentino Rossi mulai mempersiapkan diri jelang gelaran MotoGP Inggris akhir pekan ini.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!