Sport
Share this on:

Jojo-Ginting Siapa yang Terbaik?

  • Jojo-Ginting Siapa yang Terbaik?
  • Jojo-Ginting Siapa yang Terbaik?

FUZHOU - Hari kedua Fuzhou China Open kemarin berjalan lebih menyenangkan buat kontingen Indonesia. Dari delapan wakil yang bertanding di Haixia Olympic Sports Center, tujuh di antaranya lolos ke 16 besar. Termasuk tiga tunggal putra, Tommy Sugiarto, Jonatan Christie, dan Anthony Sinisuka Ginting.

Sayang, satu dari mereka harus mengakhiri perjalanan hari ini. Jojo —sapaan Jonatan— dan Ginting bentrok di babak 16 besar. Bagi keduanya, duel ini bakal menjadi pertaruhan gengsi. Siapa tunggal putra terbaik Indonesia saat ini. Sekaligus membuktikan bahwa mereka siap bersaing di jajaran top tunggal putra elite dunia.

Ginting, tak lebih dari enam pekan lalu, membuat Indonesia sangat bangga. Dia menjuarai China Open pada September. Namun setelah itu penampilannya terus menurun. Bahkan, pada dua turnamen terakhir, peraih perunggu Asian Games itu tidak mampu melewati babak pertama. Sedangkan Jojo lebih parah. Setelah mendulang emas Asian Games, dia belum berhasil memetik gelar lagi.

Secara head-to-head, Jojo dan Ginting berbagi angka imbang 1-1, Terakhir kali bersua, Ginting menang atas Jojo dalam rubber game, 21-13, 19-21, 22-20. Itu terjadi di final Korea Open 2017 silam.

Ginting cukup terbuka menghadapi laga hari ini. Bagi dia, tidak ada masalah siapapun yang memenangkan pertandingan. ''Setidaknya satu wakil tunggal putra Indonesia sudah pasti di perempat final,'' sebutnya dalam surat elektronik PP PBSI.

Di sisi lain, Jojo menyebut pertandingan hari ini akan tricky. Pemain 20 tahun itu menilai Ginting punya kualitas yang sangat tinggi. Itu, setidaknya, terlihat dari peringkat BWF World Tour yang lebih tinggi daripada dirinya (Ginting posisi 6, Jojo 11). Namun, dia optimistis bisa mengalahkan sang rekan. ''Kami sudah tahu permainan masing-masing,'' sebut dia.

Jojo dan Ginting sama-sama butuh poin untuk lolos ke BWF Tour Finals di Guangzhou, Tiongkok, Desember mendatang. Jojo harus berjuang lebih keras karena posisinya masih di luar 8 besar. Harus menggusur Sameer Verma (8), Kenta Nishimoto (9), dan Lin Dan (10). Saat ini, hanya Kenta yang masih melaju di Fuzhou. Untuk menyalip dia, raihan Jojo di sini harus lebih baik daripada pemain muda Jepang tersebut.

Sementara itu, debut manis dicatat ganda campuran Rinov Rivaldy/Debby Susanto. Dua pemain beda generasi itu untuk kali pertama tampil di BWF Tour. Hasilnya, mereka menang mudah atas pasangan Prancis, Ronan Labar/Audrey Mittelcheisser, 21-9, 21-17. Namun, di babak 16 besar, mereka langsung dihadang unggulan kedua Wang Yilyu/Huang Dongping.

Hasil positif juga diperlihatkan Praveen Jordan/Melati Daeva. Mereka menang atas pasangan suami istri Chris Adcock/Gabrielle Adcock, 21-6, 21-16. Itu merupakan kemenangan pertama Praveen/Melati dalam tiga laga terakhir menghadapi pasangan Inggris yang menempati peringkat 9 BWF tersebut. (nap/na/jpg)

Berita Sebelumnya

Empat Lifter Tembus Ranking 8 Besar Dunia
Empat Lifter Tembus Ranking 8 Besar Dunia

Berita Berikutnya

Vietnam Resmi Host F1
Vietnam Resmi Host F1

Berita Sejenis

Banyak Pebalap Tergelincir, Ini Akhir Balapan yang Gila!

Banyak Pebalap Tergelincir, Ini Akhir Balapan yang Gila!

Di tengah hujan lebat GP Valencia yang menjadi balapan terakhir musim ini dihelat kemarin.


Ginting Amankan Satu Slot ke Guangzhou

Ginting Amankan Satu Slot ke Guangzhou

Kekalahan Jonatan Christie dari Kento Momota, 24-22, 9-21, 9-21 menutup peluang peraih emas Asian Games 2018 itu tampil di BWF Tour Finals 2018.


Tiga Ganda Putra di Semifinal

Tiga Ganda Putra di Semifinal

Hongkong Open 2018 menjadi ajang show of force pasukan ganda putra Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, ada tiga pasangan yang lolos ke semifinal hari ini.


Indonesia Berpotensi Tempatkan Dua Wakil

Indonesia Berpotensi Tempatkan Dua Wakil

Bentrok antara Jonatan Christie dan Anthony Ginting kembali berlangsung di Hongkong Open 2018.


Tunggal Putri Merah Putih Kian Terpuruk

Tunggal Putri Merah Putih Kian Terpuruk

Setahun terakhir, tunggal putri Indonesia sangat kesulitan bersaing di pentas BWF Tour. Kondisi yang sama berulang di Hongkong Open 2018.


Raikkonen Bisa Curi Ketiga

Raikkonen Bisa Curi Ketiga

Balapan Grand Prix Abu Dhabi pada 25 November mendatang masih menyisakan satu posisi yang diperebutkan. Yakni peringkat ketiga klasemen pembalap.


Kesempatan Ginting Kalahkan Shi Yuqi

Kesempatan Ginting Kalahkan Shi Yuqi

Anthony Sinisuka Ginting masih menjadi tunggal putra terbaik di pelatnas Indonesia.


Ambisi Minions Back-to-Back BWF World Tour Finals

Ambisi Minions Back-to-Back BWF World Tour Finals

Indonesia kemungkinan akan mengirim lima wakilnya di BWF World Tour Finals 2018 di Guangzhou, Tiongkok yang berlangsung 12-16 Desember mendatang.


Mesin Mercedes Tetap Rentan

Mesin Mercedes Tetap Rentan

Beruntung Mercedes menemukan masalah pada mesin mobil Valtteri Bottas dalam situasi yang relatif aman.


Bukan Ducati yang Dulu Yamaha Tetap Saja Sama

Bukan Ducati yang Dulu Yamaha Tetap Saja Sama

Valentino Rossi pasti sedang gundah menghadapi balapan GP Australia akhir pekan ini.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!