Sport
Share this on:

Jojo Tumbang, Ginting Melenggang

  • Jojo Tumbang, Ginting Melenggang
  • Jojo Tumbang, Ginting Melenggang

CHANGZHOU - Kejutan terjadi di Tiongkok Open 2018. Pada babak 16 besar kemarin (20/9), unggulan pertama tunggal putra asal Denmark, Victor Axelsen tumbang di tangan Anthony Sinisuka Ginting, andalan Indonesia, straight set, 21-18, 21-17 pada laga yang berlangsung di Olympic Sports Center Xinchen Gymnasium, Chagzhou, Tiongkok kemarin (20/9).

Hasil menjadi revans sempurna Ginting setelah kalah dari Axelsen pada babak 16 besar di Japan Open pekan lalu. Dengan kemenangan tersebut, Ginting membuktikan bahwa dia bisa bersaing dengan top player tunggal putra dunia.

Ginting mengambil pelajaran besar saat berjumpa Axelsen di Japan Open pekan lalu. Salah satunya memaksa tunggal putra nomor 1 dunia itu bermain netting. “Sebisa mungkin tadi saya tidak mengarahkan shuttlecock ke atas,” kata Ginting.

Berkaca dari laga kemarin, Ginting mulai lebih lebih stabil dan tenang dalam menjalankan serangan. Tetapi, pada babak 8 besar hari ini, Ginting bakal menghadapi Chen Long, andalan tuan rumah. Chen Long yang secara peringkat lebih baik dan menjadi unggulan keenam pada Tiongkok Open bukan menjadi garansi.

Sejauh ini, Ginting masih unggul dalam head-to-head saat menghadapi Chen Long. Sepanjang enam pertemuan yang melibatkan mereka, empat di antaranya menjadi milik Ginting. Termasuk saat keduanya bentrok di kuarter final Asian Games 2018 lalu. Saat itu, Ginting menang, 21-19, 21-11.

Menghadapi, Chen Long Ginting boleh saja kalah dari sisi kematangan dan pengalaman bertanding. Tetapi, performa Chen Long sepanjang tahun ini tidak terlalu bagus. Peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 itu hanya sekali menembus babak final Kejuaraan Asia.

Tetapi dia harus merelakan gelar setelah takluk dari Kento Momota. Sementara itu, Jonatan Christie, tunggal putra Indonesia lainnya terhenti di tangan Ng Ka Long Angus (Hongkong), 21-18, 21-16. Kekalahan tersebut semakin menajamkan anggapan bahwa Jojo merupakan pebulu tangkis spesialis multievent. Sebab, sejauh ini dia masih harus memperanjang rasa penasaran untuk merengkuh gelar di BWF Tour.

Di sisi lain, Hendry Saputra pelatih tunggal putra Indonesia menegaskan kembali bahwa peringkat dunia tidak lagi menjadi acuan bagi tunggal putra Indonesia. “Melawan siapapun, nomor 1 dunia juga bisa dikalahkan, buktinya sudah ada,” terangnya.

Meskipun demikian, progres permainan yang diperlihatkan Jojo dan Ginting diakui Hendry menjadi salah satu ujian mereka untuk bisa menembus top elit tunggal putra dunia. Dari 12 wakil Indonesia yang tampil di babak 16 besar kemarin, separo di antaranya harus gugur.

Salah satu di antaranya yakni Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang kalah dari rising star Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino. Yuta/Arisa di Tiongkok Open ini sebelumnya juga melenggang setelah mengalahkan ganda campuran Indonesia lainnya, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja. (nap/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Amankan Satu Wakil di Final
Amankan Satu Wakil di Final

Berita Sejenis

Ginting Amankan Satu Slot ke Guangzhou

Ginting Amankan Satu Slot ke Guangzhou

Kekalahan Jonatan Christie dari Kento Momota, 24-22, 9-21, 9-21 menutup peluang peraih emas Asian Games 2018 itu tampil di BWF Tour Finals 2018.


Indonesia Berpotensi Tempatkan Dua Wakil

Indonesia Berpotensi Tempatkan Dua Wakil

Bentrok antara Jonatan Christie dan Anthony Ginting kembali berlangsung di Hongkong Open 2018.


Kesempatan Ginting Kalahkan Shi Yuqi

Kesempatan Ginting Kalahkan Shi Yuqi

Anthony Sinisuka Ginting masih menjadi tunggal putra terbaik di pelatnas Indonesia.


Jojo-Ginting Siapa yang Terbaik?

Jojo-Ginting Siapa yang Terbaik?

Hari kedua Fuzhou China Open kemarin berjalan lebih menyenangkan buat kontingen Indonesia.


Jojo Harus Lebih Tenang dan Variatif

Jojo Harus Lebih Tenang dan Variatif

Skuad bulu tangkis Indonesia melanjutkan BWF Tour seri Eropa di Prancis Terbuka yang digeber mulai hari ini.


Kalah Lagi, Jojo Selalu Kesulitan Hadapi Pemain India

Kalah Lagi, Jojo Selalu Kesulitan Hadapi Pemain India

Tunggal putra India menjadi pengganjal bagi seorang Jonatan Christie.


Tanpa Ginting, Jojo Harus Buktikan Diri

Tanpa Ginting, Jojo Harus Buktikan Diri

Dari dua tunggal putra pelatnas yang terjun di Denmark Terbuka, tinggal Jonatan Christie yang masih bertahan.


Tembus 10 Besar Dunia, Anthony Mulai Stabil

Tembus 10 Besar Dunia, Anthony Mulai Stabil

Usai menjuarai turnamen level Super 1000 China Terbuka 2018 akhir pekan lalu, peringkat BWF Anthony Sinisuka Ginting melompat empat anak tangga.


Menanti Pembuktian Jojo

Menanti Pembuktian Jojo

Tahun lalu, dua tunggal putra Indonesia mampu menciptakan All Indonesian Finals di Korea Open. Sejatinya, tahun ini, kesempatan tersebut terbuka lebar.


Ujian Konsistensi Tunggal Putra Cipayung

Ujian Konsistensi Tunggal Putra Cipayung

Prestasi Anthony Sinisuka Ginting di China Open 2018 merupakan capaian terbesar bagi tunggal putra Indonesia, setidaknya dalam tiga tahun terakhir.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!