Sport
Share this on:

JPE Waspada, BNI 46 Siap Lanjutkan Kejutan

  • JPE Waspada, BNI 46 Siap Lanjutkan Kejutan
  • JPE Waspada, BNI 46 Siap Lanjutkan Kejutan

JAKARTA - Tim putra Jakarta Pertamina Energi (JPE) mampu tampil trengginas pada putaran pertama Proliga 2019. Mereka keluar sebagai juara paruh musim dengan status tak terkalahkan. Menyapu bersih lima pertandingan dengan kemenangan.

Manajer tim putra Sutrisno menuturkan, meski dalam tren positif, timnya tidak lantas bersantai. "Karena tim-tim lain sudah pasti ingin mengalahkan kami," ucapnya saat dihubungi Jawa Pos kemarin.

Maka dari itu, lanjut dia, JPE tidak mau cepat puas dan lengah. Sebab, tim yang bermarkas di GOR Simprug tersebut memiliki memori kelam musim lalu. Tampil dominan dengan menjuarai putaran pertama dan kedua Proliga 2018, mereka harus takluk oleh Surabaya Bhayangkara Samator pada partai penentuan di final four kedua.

“Itu jadi pembelajaran agar tahun ini jangan sampai kendor lagi. Targetnya tetap konsisten, jangan sampai memandang remeh lawan,” urai Sutrisno.

Sementara pelatih tim putra JPE Putut Marhaento menyebut, tak terkalahkan justru membuat tim asuhannya semakin waspada. "Tim-tim lawan pasti akan menganalisa kekurangan kami. Dan tugas saya mematangkan strategi teknis maupun non teknis anak-anak supaya semakin kuat,” ujar Putut.

Sementara itu, Surabaya Bhayangkara Samator bertekad bangkit pada putara kedua. Sebagai juara bertahan Proliga 2018, posisi kedua di klasemen akhir putaran kedua adalah penurunan.

Oleh sebab itu, manajemen langsung bertindak cepat memanggil Reidel Alfonso Gonzalez Toiran, spiker asal Kuba yang musim lalu mengantarkan Samator juara. Hal serupa yang dilakukan tim yang bermarkas di Driyorejo, Gresik tahun lalu.

Toiran bukan pemain lama bagi Samator. Pemain berpostur 201 cm itu pernah mengantarkan Samator menjadi kampiun Proliga edisi 2014 dan 2016. "Ya semoga bisa memberikan perubahan dan bisa turun sejak awal putaran kedua," ucap Ibarsjah Djanu Tjahyono.

Di sektor putri, Jakarta BNI 46 di luar dugaan mampu finis sebagai runner-up putaran pertama. Satu trip di bawah Jakarta Popsivo Polwan di posisi puncak dan mengungguli JPE yang bercokol di ranking ketiga. Pelatih BNI 46 Risco Herlambang mengaku tidak menyangka.

Dua pemain asing BNI 46, Lindsay Stalzer asal Amerika Serikat dan Ajcharaporn Kongyot dari Thailand mampu menunjukkan kontribusi yang memuaskan. Stalzer, misalnya. Berposisi sebagai all-round, mantan pemain Petron Blaze Spikers itu mampu membuat kesimbangan dalam tim. Baik saat menyerang maupun menggalang pertahanan.

Sementara, Kongyot tampil cukup impresif dengan bola-bola open spike tiga meternya. Meski, Risco menilai, kombinasi dua legiun asingnya tersebut masih belum mulus benar.

"Masih perlu drill bareng Retno Tri Mutiara sebagai tosser. Sebab dua pemain asing saya ini karakternya berbeda. Stalzer suka bola yang tinggi, sedangkan, Kongyot lebih suka bola open yang aliran bolanya cepat tidak terlalu tinggi," jelas Risco.

Dengan sisa waktu yang ada jelang putaran kedua pada 11 Januari nanti, dia ingin anak asuhnya lebih kompak. Sehingga mampu melanjutkan kejuatan. Bahkan, mampu finis nyaman di akhir putaran kedua untuk bisa lolo final four.

Sebab, tidak menutup kemungkinan tim-tim lawan melakukan bongkar pasang pemain. Tentu, demi mendongkrak performa tim bahkan, mengubah karakter permainan sehingga tidak mudah dibaca lawan. (han/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Rekor yang Mengungkap Aib
Rekor yang Mengungkap Aib

Berita Sejenis

Kalahkan Garcia, Spence Siap Hadapi Paquiao

Kalahkan Garcia, Spence Siap Hadapi Paquiao

Petinju Errol Spence Jr mempertegas statusnya sebagai salah satu petinju pound-for-pound terbaik di dunia setelah menang angka, Minggu (17/3) kemarin.


Samator Wujudkan Final Ideal vs BNI 46

Samator Wujudkan Final Ideal vs BNI 46

Surabaya Bhayangkara Samator memperlihatkan kapasitas mereka sebagai juara bertahan Proliga 2018.


Tsitsipas Pulangkan Federer

Tsitsipas Pulangkan Federer

Berhenti menganggap Stefanos Tsitsipas hanya jago di kelas junior. Petenis 20 tahun itu membuktikan dia sudah sangat siap bersaing di jajaran senior.


Kento Momota Tersingkir, Ginting Lebih Waspada

Kento Momota Tersingkir, Ginting Lebih Waspada

Laga berat akan dihadapi Anthony Sinisuka Ginting. Hari ini dia akan menghadapi Chen Long dalam perempat final Malaysia Masters 2019.


Owi Akhirnya Berpasangan dengan Debby

Owi Akhirnya Berpasangan dengan Debby

Tantowi Ahmad bakal berpasangan dengan Debby Susanto pada ajang Malaysia Masters 2019. Itu tentu saja sebuah kejutan.


Hendra/Ahsan Keluar dari Pelatnas, Angga/Ricky Dicoret

Hendra/Ahsan Keluar dari Pelatnas, Angga/Ricky Dicoret

Praktis tidak banyak kejutan yang ada dari daftar nama pebulu tangkis pelatnas yang dipanggil untuk 2019.


Marcus Hanya Perlu Minum Obat

Marcus Hanya Perlu Minum Obat

Pencinta bulu tangkis yang menonton Kejurnas PBSI 2018 dengan harapan bisa bertemu Marcus Fernaldi Gideon, harus siap-siap kecewa.


Tampil Apik, Hafiz/Gloria Buat Kejutan

Tampil Apik, Hafiz/Gloria Buat Kejutan

Dominasi Yuta Watanabe/Arisa Higashino atas Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja rontok tadi malam.


BNI Yakin Bisa Beri Ancaman

BNI Yakin Bisa Beri Ancaman

Tim putra BNI 46 berusaha memecah dominasi Surabaya Bhayangkara Samator dan Palembang Bank SumselBabel dalam persaingan perebutan gelar juara Proliga 2019.


McLaren Siap Melepas Alonso

McLaren Siap Melepas Alonso

McLaren punya cara khusus untuk melepas pembalap mereka Fernando Alonso menuju masa pensiun.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!