Sport
Share this on:

Juara Korea Open, Fajar/Rian Selamatkan Muka Indonesia

  • Juara Korea Open, Fajar/Rian Selamatkan Muka Indonesia
  • Juara Korea Open, Fajar/Rian Selamatkan Muka Indonesia

INCHEON - Indonesia akhirnya meraih satu gelar di Korea Open 2019. Gelar diraih Pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto usai mengalahkan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (Jepang), dua game langsung 21-16, 21-17.

Perlawanan sengit dimulai sejak awal gim pertama. Kedua pasangan saling jual beli serangan. berganti mencetak angka. Sebelum interval gim pertama, Fajar/Rian kerap membuat kesalahan yang membuat pasangan Kamura/Sonoda unggul 8-4.

Reli panjang mulai dimainkan Fajar/Rian. Smash Rian akhirnya mampu menyamakan kedudukan menjadi 9-9. Pasangan Jepang kerap melakukan kesalahan yang dibalas di area net. Interval pertama dimenangkan pasangan Indonesia menjadi 11-10.

Setelah turun minum, Jepang makin meningkatkan serangan lewat smash yang menohok ke pertahanan kiri Indonesia. Poin demi poin Kamura/Sonoda dengan memanfaatkan kecerobohan Fajar/Rian dan lagi-lagi imbang menjadi 13-13.

Tak mau tertinggl lebih jauh, Fajar/Rian berhasil tancap gas keunggulan 19-15 atas sang lawan. Tempo permainan yang cepat dimainkan keduanya membuat Kamura/Sonoda kerap lalai dalam melakukan service return.

Saat meraih game point, smash kerap menjadi andalan Indonesia. Hingga akhirnua, gim pertama akhirnya dimenangi Fajar Rian dengan skor 21-16. Smes keras yang dilesatkan Rian tak mampu dijangkau pasangan Jepang.

Berlanjut ke gim kedua, Fajar/Rian dan Kamura/Sonoda sama-sama melakukan recovery permainan. Mereka lebih banyak melakukan adu netting ketimbang memainkan shoot keras ke area lawan.

Jual beli serangan membuat angka keduanya imbang 8-8. Jelang penghabisan interval pertama, Fajar/Rian mulai memainkan duel dengan tempo yang cepat. Hasilnya, tekanan pemain Indonesia unggul 11-9.

Usai jeda, Kamura/Sonoda mulai memainkan strategi yang dipakai Fajar/Rian di gim pertama. Keduanya kerap melakukan reli panjang, tetapi Fajar/Rian masih tampil lebih baik.

Fajar/Rian membalasnya dengan smes keras dan pukulan cerdik yang sulit dikembalikan oleh Kamura/Sonoda. Fajar/Rian akhirnya membungkam Jepang dengan kedudukan 21-17. "Alhamdulillah bersyukur bisa menang hari ini di sini. Semoga kedepannya kami bisa konsisten," kata Fajar usai pertandingan.

"Bersyukur alhamdulillah bisa menang, Setelah pertandingan ini selesai, kami bukan juara lagi, harus berusaha lagi, latihan lagi. Targetnya bisa menembus Guangzhou Open nanti," jelas Rian.

Ya, BWF World Tour Finals 2019 sendiri akan berlangsung di Guangzhou, desember mendatang. Keduanya mengakui persaingan di ganda putra Indonesia sangat ketat. Selain Fajar/Rian, ada dua pasangan kuat lainnya yang mendominasi sektor ini, yaitu Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Hasil di Korea Open menjadi catatan tersendiri bagi keduanya untuk tampil Desember mendatang. Peningkatan permainan Fajar/Rian dibenarkan Kamura/Sonoda.

Mereka mengatakan penampilan Fajar/Rian lebih unggul dan semakin meningkat dibanding pertemuan sebelumnya. Pertemuan terakhir mereka terjadi di China Open 2019 lalu. Saat itu Fajar/Rian juga menang dengan skor 23-21, 22-20.

"Khususnya (Muhammad Rian) Ardianto, kali ini dia main lebih cepat dan kuat dibanding sebelumnya," kata Sonoda. (fin/zul/tgr)

Berita Sebelumnya

Tira-Kabo Tertahan Lagi di Kandang
Tira-Kabo Tertahan Lagi di Kandang

Berita Berikutnya

Timnas U23 Harus Juara Sea Games
Timnas U23 Harus Juara Sea Games

Berita Sejenis

Tribute untuk Pembalap Muda Indonesia

Tribute untuk Pembalap Muda Indonesia

Maverick Vinales tampil dominan sepanjang balapan MotoGP Malaysia, Minggu (3/11) kemarin.


Belasungkawa Pebalap MotoGP Terus Mengalir

Belasungkawa Pebalap MotoGP Terus Mengalir

Meninggalnya pembalap Indonesia asal Kota Tasikmalaya Afridza Munandar di Sirkuit Sepang, Malaysia, Sabtu (2/11) lalu, memunculkan banyak ungkapan duka cita dar


Kandidat Caketum Cium Kejanggalan Kongres PSSI

Kandidat Caketum Cium Kejanggalan Kongres PSSI

Hari ini, Kongres Pemilihan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dihelat Hotel Shangri-La, Jakarta.


Setiap Venue SEA Games Akan Dilengkapi Musala

Setiap Venue SEA Games Akan Dilengkapi Musala

Usulan Indonesia terkait ketersediaan musala di setiap venue SEA Games 2019 akhirnya disetujui tuan rumah, Filipina.


Lolos ke Babak Kedua, Siti/Ribka Jumpa Ganda Malaysia

Lolos ke Babak Kedua, Siti/Ribka Jumpa Ganda Malaysia

Pasangan ganda putri Indonesia Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto sukses melewati hadangan pertama di kejuaraan Macau Open 2019.


Kevin/Marcus Sudah Raih 7 Gelar Super Series

Kevin/Marcus Sudah Raih 7 Gelar Super Series

Pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon kembali mempersembahkan trofi juara untuk Indonesia.


Jadi Tuan Rumah, Indonesia Jangan Manja

Jadi Tuan Rumah, Indonesia Jangan Manja

FIFA mengumumkan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 dalam FIFA Council Meeting di Shanghai, China, Kamis (24/10) lalu.


Ginting Mulus, Tommy Langsung Tersingkir

Ginting Mulus, Tommy Langsung Tersingkir

Nasib berbeda diterima dua tunggal putra Indonesia di babak pertama French Open 2019, Selasa (22/10) kemarin..


Gelar Pertama Praveen/Melati

Gelar Pertama Praveen/Melati

Indonesia kembali unjuk gigi di Eropa. Hasil menggembirakan datang dari pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di Denmark Open 2019.


PBSI dan Kumamoto Teken Kerja Sama

PBSI dan Kumamoto Teken Kerja Sama

Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) meneken kerja sama dengan Kumamoto Jepang.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!