Sport
Share this on:

Kalah Lagi, Fizdale Dipecat dari Grizzlies

  • Kalah Lagi, Fizdale Dipecat dari Grizzlies
  • Kalah Lagi, Fizdale Dipecat dari Grizzlies

MEMPHIS - Kabar mengejutkan datang dari Memphis Grizzlies. Pasca meraih kekalahan ke-12 dari 19 laga yang telah mereka jalani musim ini (7-12) Senin kemarin (28/11), Grizzlies membuat keputusan besar dengan memecat pelatih kepala mereka yakni David Fizdale.

Pemecatan Fizdale membuat perjalanan pelatih 43 tahun tersebut bersama Grizzliers sejak awal musim 2016-2017 berakhir tragis. Padalah, mantan asisten pelatih Miami Heat tersebut tergolong sukses dengan mencatatkan rekor 50-51 selama menangani Grizzlies.

Grizzlies mengumumkan posisi Fizdale untuk sementara digantikan oleh associated head coach J.B. Bickerstaff. Dia akan menjabat sebagai interim coach sampai waktu yang belum ditentukan.

“Setelah melakukan evaluasi, kami merasa perubahan ini diperlukan untuk memberi kesempatan tim meraih sukses lebih besar pada saat ini dan di masa akan datang,” ucap general manager Grizzlies Cchris Wallace dalam rilis resmi dilansir ESPN.

“Pelatih Fizdale telah memwakili Grizzlies dan kota Memphis dengan membanggakan. Kami berharap dia mendapatkan raihan terbaik dalam perjalan karir selanjutnya.”tambah Wallace.

Pemecatan Fizdale ini langsung disangkut pautkan dengan hubungan Fizdale yang tengah renggang dengan bintang tim tersebut yakni Marc Gasol. Itu setelah Fizdale memutuskan membangku cadangkan Gasol di sepanjang kuarter keempat saat pertandingan Grizzlieas kontra Brooklyn Nets pada Senin.

Gasol mengaku kecewa berat dengan keputusan itu. Apalagi Grizzlies meraih kekalahan kali kedelapan mereka berturut-turut di laga itu dengan menelan kekalahan 88-98. “Saya merasa seperti pemain yang tidak berharga ketika duduk di bangku cadangan,” ucap Gasol.

Fizdale sendiri mengucapkan keputusannya membangkucadangkan Gasol adalah hal yang biasa-biasa saja. Dia menyebut ingin menang dengan memanfaatkan pemain lain. Menurutnya, adalah hal wajar sebagai head coach mengambil keputusan berisiko dan membuat kecewa satu atau dua pemain.

Di lain sisi, pemecatan Fizdale langsung mendapat respon dari pemain maupun pelatih NBA. Dwyane Wade yang saat masih bermain di Miami Heat berhubungan dengan Fizdale sebagai asisten pelatih menyebut keputusan itu kejam.

Dia ingin Grizzlies menjelaskan alasan lebih detil terkait pemecatan tersebut. Sementara itu, pelatih Golden State Warriors, Steve Kerr mengaku terkejut dengan kabar pemecatan Fizdale itu.

“Dia adalah salah satu pelatih terbaik di liga. Dia seorang pemikir yang cerdas,” ucap Kerr.

Fizdale tercatat sebagai pelatih ke-13 sepanjang perjalanan Grizzlies di NBA. Musim lalu dia sukses membawa Grizzlies menuju playoff dengan menduduki ranking tujuh wilayah barat. Saat itu Grizzlies langsung takluk di ronde pertama usai takluk atas San Antonio Spurs 2-4. (irr/jpg)

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!