Sport
Share this on:

Kandas di Babak Pertama, Jojo-Ginting Lupakan Dubai

  • Kandas di Babak Pertama, Jojo-Ginting Lupakan Dubai
  • Kandas di Babak Pertama, Jojo-Ginting Lupakan Dubai

HONGKONG - Dua tunggal putra pelatnas, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting akhirnya harus melupakan kesempatan tampil di Super Series (SS) Masters Finals akhir tahun ini. Penyebabnya karena mereka harus terhenti sejak babak pertama pada Hongkong Open Super Series (SS) 2017, kemarin.

Pada pertandingan yang berlangsung di Hongkong Coliseum itu, Jojo (sapaan Jonatan) terhenti di tangan wakil Taiwan, Wang Tzu Wei dalam straight game, 17-21, 13-21. Sedangkan, Ginting juga harus terlempar dari persaingan menuju SS Masters Finals di Dubai. kemarin, Ginting takluk dari wakil tuan rumah, Wong Wing Ki Vincent 21-18, 11-21, 16-21.

Harapan melihat Jojo dan Ginting tampil di SS Masters Finals di Dubai harus dikubur. Padahal sebelumnya Susy Susanti, Kabidbinpres PP PBSI, menginginkan pebulu tangkis pelatnas lainnya bisa menambah tiket tampil di Dubai.

Kekalahan pada babak pertama di Hongkong SS itu sekaligus membuat Indonesia hanya menyisakan Tommy Sugiarto, tunggal putra non pelatnas pada babak kedua hari ini. Tommy akan menghadapi unggulan kedua, Son Wan-ho (Korea Selatan).

Hendry Saputra, pelatih tunggal putra pelatnas menyebutkan ada penurunan kecepatan permainan yang diperlihatkan Anthony Ginting. "Ini bukan menjadi alasan tapi ini yang dialami Anthony. Saya bacanya seperti itu. Kecepatan kakinya tidak bisa mengimbangi rancangan main yang diharapkannya," sebutnya dalam surat elektronik PP PBSI tadi malam.

Ginting merupakan tipikal pemain yang mengandalkan speed dan power. Namun karena sebelumnya mendapatkan masalah di lututnya, Ginting tak bisa maksimal. Sedangkan buat Jojo, Hendry melihat pemainnya perlu memperbaiki variasi pukulannya.

Setelah menampilkan all Indonesian Finals pada final Korea Open SS 2017 lalu, Jojo dan Ginting belum memperlihatkan performa terbaiknya. "Kecewa tidak, tapi saya sebenarnya ada harapan mereka punya pengalaman untuk main di sana (Dubai, Red)," beber pelatih yang sempat menangani Simon Santoso itu.

Di sektor ganda, Indonesia masih menempatkan wakil di ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang sebelumnya mendulang gelar di Tiongkok Open SSP kembali menjadi andalan di ganda putra. Kemarin, mereka menang dari pasangan Malaysia, Goh V Shem/Teo Ee Yi dalam rubber game, 17-21, 21-10, 21-12.

Dua pasangan pelapis ganda campuran, Alfian Eko Prasetya/Melati Daeva sukses menaklukkan Lu Ching Yao/Chiang Kai Hsin (Taiwan) 21-18, 17-21, 21-19. Demikian pula dengan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja yang berjuang keras hingga tiga game 15-21, 21-19, 21-16, kala bersua Nipitphon Phuangphuapet/Jongkolphan Kititharakul (Thailand).

Adapun andalan ganda putri, Greysia Polii/Apriani Rahayu, melewati babak pertama setelah menang dari pasangan Tiongkok Du Yue/Li Yinhui, 21-19, 21-10. "Kami banyak belajar dari China Open kemarin. Meskipun sudah memimpin jauh, tidak boleh lengah," sebut Apriani. Selanjutnya, Greysia/Apriani akan berjumpa dengan Chang Ye-na/Jung Kyung Eun (Korea Selatan). (nap/tom/jpg)

Berita Sebelumnya

Peluang Ferrari Akhiri Paceklik
Peluang Ferrari Akhiri Paceklik

Berita Berikutnya

Woods Terbebas dari Cedera
Woods Terbebas dari Cedera

Berita Sejenis

Jojo Tumbang, Ginting Melenggang

Jojo Tumbang, Ginting Melenggang

Kejutan terjadi di Tiongkok Open 2018. Pada babak 16 besar kemarin (20/9), unggulan pertama tunggal putra asal Denmark, Victor Axelsen tumbang di tangan Anthony


Vekic Pulangkan Stephens

Vekic Pulangkan Stephens

Petenis Kroasia Donna Vekic tampil mengejutkan di babak pertama Toray Pan Pacific Open di Tokyo kemarin.


Singkirkan Lin Dan, Langkah Ginting Tak Mudah

Singkirkan Lin Dan, Langkah Ginting Tak Mudah

Nama besar Lin Dan di tunggal putra dunia mulai terkikis.


Ganda Putra Mulus, Grego Ingin Balas Kekalahan

Ganda Putra Mulus, Grego Ingin Balas Kekalahan

Lima dari enam ganda putra Indonesia mampu lolos ke babak kedua Jepang Terbuka.


Jojo Langsung Kandas di Babak Pertama

Jojo Langsung Kandas di Babak Pertama

Kegemilangan Jonatan Christie di Asian Games tidak berlanjut di Jepang Terbuka.


Petenis Muda Kian Bersinar di AS Terbuka

Petenis Muda Kian Bersinar di AS Terbuka

Petenis Belarusia Aryna Sabalenka mencuri perhatian di grand slam AS Terbuka. Kemarin petenis 20 tahun itu memastikan diri menembus babak keempat alias 16 besar


Enam Emas Antar Ikee Jadi MVP

Enam Emas Antar Ikee Jadi MVP

Untuk kali pertama dalam sejarah Asian Games, gelar atlet terbaik alias most valuable player (MVP) jatuh pada atlet perempuan.


Traktiran Mewah buat Jojo Cs

Traktiran Mewah buat Jojo Cs

Asain Games 2018 belum berakhir, para pemain bulu tangkis Indonesia sudah banjir apresiasi saja.


Perpisahan dengan Nadal dan AS Terbuka

Perpisahan dengan Nadal dan AS Terbuka

Tiga tahun lalu, menyaksikan duel duo petenis Spanyol Rafael Nadal kontra David Ferrer di babak-babak akhir turnamen berlevel ATP 500.


Habis-habisan demi Amankan Slot Medali

Habis-habisan demi Amankan Slot Medali

Tim beregu putri Indonesia akhirnya mendapatkan slot babak 8 besar menghadapi Korea Selatan.



Berita Hari Ini

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!