Sport
Share this on:

Kemenpora Akhirnya Bisa Mencairkan Rp375 Miliar

  • Kemenpora Akhirnya Bisa Mencairkan Rp375 Miliar
  • Kemenpora Akhirnya Bisa Mencairkan Rp375 Miliar

JAKARTA - Aktivitas olahraga nasional di tahun depan, sudah seharusnya bergerak lebih cepat dari biasanya. Sebab, Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bakal mendapat segar untuk memaksimalkan program pembinaan olahraga tanah air serta penyelenggaraan sejumlah even internasional di 2018 mendatang.

Kabar positif itu diterima oleh kementrian pimpinan Imam Nahrawi itu setelah menggelar rapat dengar pendapat dengan Komisi X DPR - RI di Jakarta, siang kemarin (16/10). Ya, para legislatot mempersilahkan Kemenpora mencairkan dana sebesar Rp357 miliar yang saat ini masih terblokir di Kementrian Keuangan.

Anggaran tersebut adalah sisa anggaran Kemenpora untuk pembangunan Olympic Center di Jakarta yang sengaja dialihkan untuk pengembangan dan pembinaan olahraga nasional persiapan Asian Games dan Asian Para Games yang akan berlangsung di Jakarta dan Palemban, paa 2018 mendatang.

"Tentu dengan adanya persetujuan dari legislatif itu, maka kami akan segera berproses ke Kementerian Keuangan untuk segera diproses lebih lanjut," kata Menpora Imam Nahrawi, setelah pertemuan dengan Komisi X DPR RI. "Karena waktu penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games tinggal sepuluh bulan lagi," lanjutnya.

Dalam rapat dengar pendapat itu, Komisi X juga menyetujui bagtas alokasi anggaran belanja Kemenpora pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2018 sebesar Rp5.037.540.061.000. Dana tersebut kemudian disebar ke beberapa sektor yang dianggap sangat mendesak.

Nah, dalam anggaran belanja itu, terdapat anggaran untuk Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC) 2018 sebesar Rp1,79 triliun, anggaran untuk Panitia Penyelenggaran Asian Para Games (INAPGOC) sebesar Rp826,3 miliar, dan anggaran peningkatan prestasi olahraga nasional sebesar Rp735,060 miliar.

Tapi, dari seluruh anggaran tersebut, mereka akan memprioritaskan pencairan dana untuk persiapan Asian Para Games sebesar Rp 86 miliar. "Kami akan berkoordinasi secara intens dengan INAPGOC untuk pemanfaatan anggaran Rp86 miliar," ujar Menpora.

Dalam perkembangan yang sama, Ketua INAPGOC 2018. Raja Sapta Oktohari mengatakan bahwa, anggaran sebesar Rp86 miliar yang dialokasikan kepada mereka tersebut akan difokuskan untuk memaksimalkan sosilasi even.

"Anggaran bakal lebih banyak tersedot untuk pembuatan materi iklan dan sosialisasi even," jelas Raja. (ben/jpnn)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Marcus Cedera Leher, Minions Mundur dari BWF Finals

Marcus Cedera Leher, Minions Mundur dari BWF Finals

Hanya cedera yang bisa menghentikan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Itulah yang terjadi di BWF World Tour Finals kali ini.


Label Timnas Bukan Jaminan

Label Timnas Bukan Jaminan

Ungkapan ''Bola itu bundar'' dan ''Apa pun bisa terjadi di lapangan'' biasanya diucapkan tim underdog untuk menyemangati diri sendiri.


Akhirnya, Mayweather Jadi Tarung di Jepang

Akhirnya, Mayweather Jadi Tarung di Jepang

Setelah sempat tidak jelas nasibnya, pertarungan eksibisi Floyd Mayweather kontra kickboxer Jepang Tenshin Nasukawa benar-benar terwujud.


Rematch Wilder-Furry Bisa di London

Rematch Wilder-Furry Bisa di London

Setelah duel Deontay Wilder dan Tyson Fury berakhir dengan draw pada Minggu (2/12), wacana kedua petinju untuk melakukan tanding ulang alias rematch langsung mu


BNI Yakin Bisa Beri Ancaman

BNI Yakin Bisa Beri Ancaman

Tim putra BNI 46 berusaha memecah dominasi Surabaya Bhayangkara Samator dan Palembang Bank SumselBabel dalam persaingan perebutan gelar juara Proliga 2019.


Raikkonen Bisa Curi Ketiga

Raikkonen Bisa Curi Ketiga

Balapan Grand Prix Abu Dhabi pada 25 November mendatang masih menyisakan satu posisi yang diperebutkan. Yakni peringkat ketiga klasemen pembalap.


Hanya Bisa Bersaing di Nomor Speed

Hanya Bisa Bersaing di Nomor Speed

Setelah menjalani tur selama satu bulan di Tiongkok, kini tim panjat tebing Indonesia beralih ke Jepang.


Vietnam Resmi Host F1

Vietnam Resmi Host F1

Vietnam akhirnya resmi menambah satu lagi slot balapan Formula 1 di Asia.


Kalahkan Alko, Petro Berpotensi Bertahan di Livoli

Kalahkan Alko, Petro Berpotensi Bertahan di Livoli

Tim putri Petrokimia Gresik bisa sedikit bernafas lega. Ancaman terdegradasi dari Livoli Divisi Utama belum terjadi.


Federer Buru Gelar ke-100

Federer Buru Gelar ke-100

Setelah sempat ragu, maestro asal Swiss Roger Federer akhirnya memutuskan untuk tampil pada ajang Paris Masters.



Berita Hari Ini

IKLAN ARIP

Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!