Sport
Share this on:

Kemenpora Akhirnya Bisa Mencairkan Rp375 Miliar

  • Kemenpora Akhirnya Bisa Mencairkan Rp375 Miliar
  • Kemenpora Akhirnya Bisa Mencairkan Rp375 Miliar

JAKARTA - Aktivitas olahraga nasional di tahun depan, sudah seharusnya bergerak lebih cepat dari biasanya. Sebab, Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bakal mendapat segar untuk memaksimalkan program pembinaan olahraga tanah air serta penyelenggaraan sejumlah even internasional di 2018 mendatang.

Kabar positif itu diterima oleh kementrian pimpinan Imam Nahrawi itu setelah menggelar rapat dengar pendapat dengan Komisi X DPR - RI di Jakarta, siang kemarin (16/10). Ya, para legislatot mempersilahkan Kemenpora mencairkan dana sebesar Rp357 miliar yang saat ini masih terblokir di Kementrian Keuangan.

Anggaran tersebut adalah sisa anggaran Kemenpora untuk pembangunan Olympic Center di Jakarta yang sengaja dialihkan untuk pengembangan dan pembinaan olahraga nasional persiapan Asian Games dan Asian Para Games yang akan berlangsung di Jakarta dan Palemban, paa 2018 mendatang.

"Tentu dengan adanya persetujuan dari legislatif itu, maka kami akan segera berproses ke Kementerian Keuangan untuk segera diproses lebih lanjut," kata Menpora Imam Nahrawi, setelah pertemuan dengan Komisi X DPR RI. "Karena waktu penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games tinggal sepuluh bulan lagi," lanjutnya.

Dalam rapat dengar pendapat itu, Komisi X juga menyetujui bagtas alokasi anggaran belanja Kemenpora pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2018 sebesar Rp5.037.540.061.000. Dana tersebut kemudian disebar ke beberapa sektor yang dianggap sangat mendesak.

Nah, dalam anggaran belanja itu, terdapat anggaran untuk Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC) 2018 sebesar Rp1,79 triliun, anggaran untuk Panitia Penyelenggaran Asian Para Games (INAPGOC) sebesar Rp826,3 miliar, dan anggaran peningkatan prestasi olahraga nasional sebesar Rp735,060 miliar.

Tapi, dari seluruh anggaran tersebut, mereka akan memprioritaskan pencairan dana untuk persiapan Asian Para Games sebesar Rp 86 miliar. "Kami akan berkoordinasi secara intens dengan INAPGOC untuk pemanfaatan anggaran Rp86 miliar," ujar Menpora.

Dalam perkembangan yang sama, Ketua INAPGOC 2018. Raja Sapta Oktohari mengatakan bahwa, anggaran sebesar Rp86 miliar yang dialokasikan kepada mereka tersebut akan difokuskan untuk memaksimalkan sosilasi even.

"Anggaran bakal lebih banyak tersedot untuk pembuatan materi iklan dan sosialisasi even," jelas Raja. (ben/jpnn)


Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Dana Rp 86 Miliar INAPGOC Cair Juga

Dana Rp 86 Miliar INAPGOC Cair Juga

Panitia Penyelenggaran Asian Para Games (INAPGOC) 2018 sudah bisa menjalankan program kerjanya mulai pekan depan.


Konservatif, Pilihan Terbaik Marquez

Konservatif, Pilihan Terbaik Marquez

Di GP Malaysia Minggu lalu, juara bertahan MotoGP Marc Marquez mengakui jika sebenarnya dia bisa memaksakan diri untuk bisa memenangi balapan.


Nadal Bisa Langsung Kunci Ranking 1 Dunia

Nadal Bisa Langsung Kunci Ranking 1 Dunia

Rafael Nadal bisa langsung mengunci predikat ranking satu dunia sampai akhir musim 2017 jika mampu memenangi pertandingan kontra Hyeon Chung.


Kekalahan yang tak Bisa Diterima

Kekalahan yang tak Bisa Diterima

Kalah-menang dalam sebuah pertandingan sudah biasa.


Dovi Masih Berpeluang, Balapan di Valencia Dijamin Seru

Dovi Masih Berpeluang, Balapan di Valencia Dijamin Seru

Bintang Ducati Andrea Dovizioso mewujudkan keyakinannya sendiri bahwa “semuanya masih bisa terjadi”.


Pliskova Bisa Jadi Nomor 1 Dunia

Pliskova Bisa Jadi Nomor 1 Dunia

Empat slot semifinal WTA Finals sudah terisi.


Dovi Langsung Panas, Marquez Bisa Kunci Gelar

Dovi Langsung Panas, Marquez Bisa Kunci Gelar

Tanda-tanda bahwa bintang Ducati Andrea Dovizioso akan sangat kuat di GP Malaysia sudah terlihat sejak latihan bebas (FP) hari pertama kemarin.


Petrucci Siap Bantu Marquez

Petrucci Siap Bantu Marquez

Tidak banyak yang bisa dilakukan bintang Ducati Andrea Dovizioso untuk mencegah rivalnya Marc Marquez mengunci gelar juara dunia MotoGP 2017 di GP Malaysia.


Jadi WNI, Spasojevic Ingin Tembus Timnas

Jadi WNI, Spasojevic Ingin Tembus Timnas

Lini depan Tim Nasional (Timnas) dipastikan bisa lebih tajam.


Hamilton Bisa Juara Dunia di Meksiko

Hamilton Bisa Juara Dunia di Meksiko

Kalender balap Formula 1 2017 menyisakan tiga seri lagi.



Berita Hari Ini

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!