Sport
Share this on:

Kemenpora Soroti Balap Mobil di GBK

  • Kemenpora Soroti Balap Mobil di GBK
  • Kemenpora Soroti Balap Mobil di GBK

JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyoroti even otomotif GBK Race (Gelora Bung Karno) yang merupakan rangkaian kegiatan I Indonesia Senayan Festival (I See Fest) 2019 pada 27 September hingga 6 Oktober. Kemenpora pun meminta agar pengelola GBK mempertimbangkan pemberian izin balapan yang tengah viral di media sosial tersebut.

Sesmenpora, Gatot S. Dewa Broto meminta agar pengelola mempertimbangkan pemberian izin rencana balap mobil di GBK. Menurutnya, even tersebut berpotensi memunculkan kegaduhan publik. "Kemenpora sangat berharap pada PP GBK untuk sangat berhati-hati supaya masalah rencana tersebut dipertimbangkan nilai kemanfaatannya bagi publik atau sebaliknya, karena bisa berpotensi menimbulkan kegaduhan publik yang tidak perlu," ujar Sesmenpora, Gatot S. Dewa Broto dalam keterangan tertulisnya, Minggu (22/9) kemarin.

Dalam poster yang beredar di Medsos, GBK Race akan digelar pada 4 hingga 6 Oktober 2019. Hal itu menjadi perbincangan warganet karena telah menyalahi aturan lingkungan olahraga. Bahkan beredar video yang memperlihatkan mobil balap melaju di area GBK.

Gatot mengatakan dirinya telah berbicara dengan Direktur Utama Pusat Pengelola Kompleks Gelora Bung Karno (PPK-GBK) Winarto. Gatot menyebut pihak pengelola tidak membantah akan diselenggarakan kegiatan otomotif.

Sementara video mobil balap yang melaju di GBK menurut keterangan pengelola, merupakan simulasi untuk selanjutnya dilakukan evaluasi.

"Yang hasilnya sedang dianalisa untuk dirapatkan hari Senin antara penyelenggara dengan GBK untuk mengetahui apakah go or not go. Juga disebutkan, bahwa kegiatan tersebut hanya akan mengambil jam kosong (siang hari) dan tidak pas sedang crowded (pagi, sore, Sabtu dan Minggu)," kata Gatot.

Dikatakan Gatot, pihak pengelola mengaku kegiatan itu bukan balapan, hanya sebatas memutari jalan yang sudah dirancang. Namun Kemenpora berpandangan bahwa istilah itu mengacu pada adu kecepatan.

"Istiralah race secara hukum berkonotasi balapan atau kecepatan. Kalau satu mobil muter dan kecepatan tinggi dan kemudian mobil berikutnya gantian muter, ya berarti ada race karena diperbandingkan kecepatannya," kata dia.

Meski begitu, Kemenpora meminta agar pihak pengelola tetap menjaga marwah GBK sebagai prasarana yang diidentikkan sebagai kegiatan olahraga. Apalagi aksesnya dilakukan di tempat terbuka. Meskipun balap mobil masuk dalam cabang olahraga, namun wajib diselenggarakan di tempat khusus yakni arena balapan.

"Bahwasanya kegiatan otomotif sebagai olahraga adalah sangat didukung oleh Kemenpora, tetapi ada venuenya tersendiri," kata dia.

Sementara itu, Winarto menegaskan bahwa tes kecepatan mobil yang viral di media sosial adalah bentuk simulasi GBK Race untuk mengetahui teknis kegiatan. "Tentang tes kemarin saya jelaskan itu baru tes. Kami belum tahu teknis dan keberlangsungannya," ujar Winarto.

Ia tidak menampik kegiatan tes mobil pada Kamis (19/9) telah mendapat izin dari pengelola. Namun tentunya dengan berbagai kajian serta mempertimbangkan dari sisi keselamatan dan keamanan bagi masyarakat.

Usai melihat teknis serta mendapat masukan dari masyarakat, rencananya pengelola GBK akan mengadakan rapat untuk menentukan pemberian izin atau tidak. "Terkait perizinan (acara adu kecepatan) kami belum putuskan. Minggu depan akan putuskan. Kita juga akan mendengarkan berbagai masukan dari masyarakat," kata dia. (gw/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Setelah Timnas U16, Giliran U19 Berjuang
Setelah Timnas U16, Giliran U19 Berjuang

Berita Sejenis

Tiga Pebalap Indonesia Siap Terjun ke Moto2

Tiga Pebalap Indonesia Siap Terjun ke Moto2

Garuda muda tak selalu identik dengan sepakbola. Kancah dunia racing juga dilakoni para milenial di lintasan balap.


Digempur Netizen, KPAI Jangan Mencla-mencle

Digempur Netizen, KPAI Jangan Mencla-mencle

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) meminta Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) tegas dalam memberikan rekomendasi terkait audisi bulutangkis djar


Tour d'Indonesia 2020 Tambah Etape

Tour d'Indonesia 2020 Tambah Etape

Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) akan menambah etape kejuaraan balap sepeda internasional Tour d'Indonesia (TdI) pada tahun 2020 menjadi e


Mesin Ferrari Harus Tambah Tenaga

Mesin Ferrari Harus Tambah Tenaga

Jeda musim Formula 1 2019 menjadi momentum penting buat para tim untuk mengevalusi kinerja mobil mereka. Salah satu yang paling bersemangat adalah Ferrari.


Sepeda Wdnsdy Resmi Dukung Tim UCI Continental

Sepeda Wdnsdy Resmi Dukung Tim UCI Continental

Merek sepeda performance Indonesia, Wdnsdy (baca: Wednesday), terus melebarkan kiprah di arena balap internasional.


Pelatnas Tak Perlu Utang

Pelatnas Tak Perlu Utang

National Paralympic Committee (NPC) menekan nota kesepahaman (MoU) dengan Kemenporan di Media Center Kemenpora, Jakarta.


Calonkan Ketum KONI, Marciano Curhat ke Menpora

Calonkan Ketum KONI, Marciano Curhat ke Menpora

Marciano Norman menyambangi kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk menemui Menpora, Imam Nahrawi, Senin (24/6) kemarin..


INAPGOC Serahkan Hasil Laporan TPAL ke Kemenpora

INAPGOC Serahkan Hasil Laporan TPAL ke Kemenpora

Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2019 (INAPGOC) menyerahkan hasil laporan akhir dari Tim Penyelesaian Laporan Akhir (TPAL).


Mobil Schumacher Akan Dilelang di GP Abu Dhabi

Mobil Schumacher Akan Dilelang di GP Abu Dhabi

Bakal ada yang spesial di gelaran Formula 1 GP Abu Dhabi 2019 mendatang.


Ducati Incar Hattrick di Kandang

Ducati Incar Hattrick di Kandang

Tim balap Mission Winnow Ducati memasang target tinggi di Sirkuit Mugello, Italia akhir pekan ini.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!