Sport
Share this on:

Kereeen... Petenis Muda Indonesia Singkirkan Unggulan Teratas

  • Kereeen... Petenis Muda Indonesia Singkirkan Unggulan Teratas
  • Kereeen... Petenis Muda Indonesia Singkirkan Unggulan Teratas

JAKARTA - Petenis muda Indonesia memberikan kejutan di ajang Pelti Indonesia W15 Jakarta yang digelar di lapangan tenis Elite Club Epicentrum, Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Kamis (27/6). Petenis muda Indonesia, Rifanty Kahfiani memberikan kejutan dengan menyingkirkan petenis unggulan teratas Nudnida Luangnam.

Pentenis asal Bandung itu berhasil mengalahkan unggulan teratas asal Thailand itu dalam straight set atau dua set langsung dengan skor akhir 6-2, 7-5. Hasil itu membuat bangga mahasiswi Universitas Oregon (AS).

Menurutnya, kemenangan di pertemuan pertama dengan petenis putri yang kini menduduki peringkat ke-430 itu tak lepas dari strategi khusus yang dipelajari dengan melihat kebiasaan gaya permainan lawan. "Strategi hari ini berjalan dengan baik, melayani lawan dengan banyak variasi pukulan heavy spin dan slice. Saya sadar kalau hanya adu tembak pukulan keras bakal kalah dari lawan, usai menjalani pertandingan berdurasi satu jam 46 menit itu," katanya.

Meski demikian, petenis kelahiran Bandung 19 Februari 1998 yang kini berusia 21 tahun itu tak menyangka bisa mengalahkan Nudnida. Ia mengaku dirinya hanya berusaha untuk bisa mendapat hasil yang terbaik. "Ekspektasi enggak sih, cuma saya tadi enggak fokus harus menang atau apa, saya fokusnya improve dari hari ke hari. Kalau menang itu bonusnya," tuturnya.

Setahun lalu, Rifanty juga membuat prestasi serupa di babak kedua turnamen selevel yang berlangsung di Solo, Jawa Tengah. Saat itu, Rifanty membungkam unggulan kedua, Micheka Ozeki asal Jepang.

Namun sayang, setelah itu dia haus terhenti, lantaran dikalahkan oleh petenis asal China, Zhima Du yang akhirya finish sebagai runner-up turnamen berhadiah total 15.000 dollar AS atau sekitar Rp 210 juta tersebut.

Selanjutnya, di babak delapan besar Rifanty akan berhadapan dengan sesama wakil tim Merah Putih Jessy Echi Rompies. Petenis yang kini berusia 29 tahun itu berhasil melangkah ke babak perempatfinal usai menyingkirkan wakil Aljazair, Ines Ibbou.

Menanggapi lawannya, yang merupakan seniornya itu, Rifanty berharap bisa meraih kemenangan. Hal itu lantaran Rifanty berharap bisa terus melangkah ke babak final ajang yang diselenggarakan oleh Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PP Pelti) tersebut.

"Inginnya terus melaju sampai babak akhir, tidak anti klimaks seperti tahun lalu. Ini pertemuan pertama di antara kami," tukas Rifanty.

Berbeda dengan Rifanty, petenis yang akrab disapa Echi itu harus bersusah payah untuk mendapatkan tiket babak delapan besar tersebut. Pasalnya, pada pertarungan melawan Ines, Echi dipaksa bermain rubber set sebelum akhirnya menang dengan skor 6-2, 3-6, 7-5.

"Sudah kayak aduh bisa enggak nih menang, sudah hopeless sekali pokoknya. Akhirnya kayak ada suara dalam diri sendiri untuk positif, satu-satu coba terus, fight, berjuang poin demi poin," ungkap Echi.

"Dan saat set ketiga, saat sudah ketingggaln 1-5 saya semakin agresif dengan modal yakin saja karena sudah othing to lose. Saya sudah capek sudah lah apapun hasilnya yang penting saya main yang benar. Eh, akhirnya malah dia yang balik banyak salah. Dan saya coba untuk konsisten," sambungnya.

Terkait pertarungangan dengan Rifanty, Echi mengaku laga tersebut akan berjalan seru. Di sisi lain, Echi mengatakan pertarungan dirinya dengan Rifanty sudah menjadi modal bagi Indonesia di babak semifinal.

"Pasti seru dan yang penting, siapapun pemenangnya Indonesia pasti sudah punya satu wakil di semi final," tegas Echi.

Selain Rifanty dan Echi, Aldila Sutjiadi (24) juga sukses melewati laga 16 besar ajang tenis khusus putri yang masuk dalam kalender kompetisi resmi Federasi Tenis Internasional (ITF) World Tennis Tour ini. Petenis yang menempati posisi unggulan kedua itu menang telak atas Mihika Yadav (India) 6-0, 6-2.

Di babak delapan besar, Aldila akan meladeni tantangan unggulan keenam asal Jepang, Sakura Hondo yang sebelumnya menyisihkan wakil tuan rumah, Fadona Titalyana Kusumawati (19) 7-5 6-4.

Dalam ajang kejuaraan khusus petenis putri yang berlangsung sejak 24 hingga 30 Juni mendatang itu, Aldila berharap bisa mempertahankan gelar juara. Ya, sebelumnya pada ajang yang berlangsung di Solo tahun lalu, Aldila sukses merebut gelar juara.

"Targetnya ingin juara karena tahun kemarin kan juara juga 15.000 dolar AS yang di Solo dan semoga tahun ini bisa mengulang lagi," tuturnya.

Sementara itu Ketua Umum PP Pelti, Rildo Ananda Anwar mengaku gembira melihat perjuangan wakil tuan rumah di ajang ini. "Petenis Indonesia membutuhkan lebih banyak turnamen selevel W15 ini. PP Pelti membuka lebar partisipasi sponsor untuk menggelar lebih banyak event seperti ini agar memberi banyak manfaat bagi wakil tim Merah Putih," tukas Rildo. (gie/zul/fin/wsa)

Berita Sebelumnya

Dovizioso Sudah Ciut Nyali
Dovizioso Sudah Ciut Nyali

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Tour d'Indonesia 2020 Tambah Etape

Tour d'Indonesia 2020 Tambah Etape

Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) akan menambah etape kejuaraan balap sepeda internasional Tour d'Indonesia (TdI) pada tahun 2020 menjadi e


Jonatan Christie Terhenti, Tunggal Putra Indonesia Habis

Jonatan Christie Terhenti, Tunggal Putra Indonesia Habis

Jonatan Christie gagal melaju kaki ke babak semifinal World Championships 2019.


Dua Tunggal Putri Merah Putih Ditunggu Duo Raksasa

Dua Tunggal Putri Merah Putih Ditunggu Duo Raksasa

Dua tunggal putri Indonesia, Fitriani dan Gregoria Mariska Tunjung tampil gemilang di laga awal Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia 2019.


Tiga Tunggal Putra Merah Putih Mulus

Tiga Tunggal Putra Merah Putih Mulus

Tiga tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, Tommy Sugiarto dan Jonatan Christie berhasil mengamankan tiket babak kedua Kejuaran Bulu Tangkis Dunia 2


Pebulu Tangkis Indonesia Optimis, Meski Persaingan Kian Ketat

Pebulu Tangkis Indonesia Optimis, Meski Persaingan Kian Ketat

Kejuaraan Dunia 2019 dimulai hari ini (19/8). Di hari perdana, tiga tunggal putra Indonesia sudah bermain di babak pertama.


Struff Bikin Kejutan, Kei Nishikori Disingkirkan Petenis Jepang

Struff Bikin Kejutan, Kei Nishikori Disingkirkan Petenis Jepang

Kei Nishikori disingkirkan oleh rekan senegaranya Yoshihito Nishioka 7-6 (7/2), 6-4 pada putaran kedua turnamen ATP Cincinnati Masters, kemarin (15/8).


Sharapova Terjungkal, Barty Kehilangan Break Poin

Sharapova Terjungkal, Barty Kehilangan Break Poin

Petenis unggulan teratas Ashleigh Barty berhasil mengatasi dominasi Maria Sharapova 6-4, 6-1 pada bentrok kedua turnamen Cincinnati Masters


Kirim 27 Pebulutangkis, Indonesia Incar Satu Gelar Juara Dunia

Kirim 27 Pebulutangkis, Indonesia Incar Satu Gelar Juara Dunia

27 pemain bulu tangkis Indonesia dipastikan bakal meramaikan ajang Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia 2019 di St. Jakobshalle Basel, Swiss.


Indonesia Incar Satu Gelar di Kejuaraan Dunia Bulutangkis

Indonesia Incar Satu Gelar di Kejuaraan Dunia Bulutangkis

Tim Merah Putih menargetkan meraih satu gelar juara pada Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019 di St. Jakobshalle Basel, Swiss, 19-25 Agustus mendatang.


Lawan Brunei, Timnas U18 Waspadai Spirit Lawan

Lawan Brunei, Timnas U18 Waspadai Spirit Lawan

Timnas) Sepak Bola Indonesia U-18 bakal melakoni laga ketiga babak penyisihan Grup A Piala AFF U-18 2019.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!