Sport
Share this on:

Kick Off Liga 1 Mundur Sepekan

  • Kick Off Liga 1 Mundur Sepekan
  • Kick Off Liga 1 Mundur Sepekan

JAKARTA - PT Liga Indonesia Baru (LIB), selaku operator Liga 1 Indonesia menetapkan kick off kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia musim 2019 akan dilangsungkan 15 Mei mendatang. Penetapan jadwal kick off kompetisi paling bergengsi di Tanah Air itu menjadi mundur satu minggu dari rencana semula.

Ya, mulanya kick off bakal digelar pada tanggal 8 Mei 2019. Mundurnya jadwal kompetisi ini dikabarkan karena permintaan pihak sponsor. Mundurnya jadwal kick off kompetisi ini disambut baik oleh pelatih PS Tira-Persikabo, Rahmad Darmawan.

Bagi pria yang akrab disapa RD itu, mundurnya jadwal Liga 1 Indonesia musim 2019 yang terbilang cukup dekat waktunya itu tak menjadi masalah bagi timnya. Terpenting, bagi pelatih yang pernah menangani Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-23 di tahun 2011 dan 2013 itu adalah bagaimana dirinya mampu menjaga untuk memaksimalkan anak asuhnya agar tampil lebih baik di kompetisi tersebut.

"Kalau mundur dalam hitungan minggu itu tidak masalah bagi saya. Kita cukup mengerti permasalahan saat ini" ungkap RD saat ditemui Fajar Indonesia Network (FIN) usai Tira-Persikabo jalani uji coba menghadapi Barito Putera di Stadion Mini Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (30/4) lalu.

"Sekarang yang penting tim ini jangan lengah dan pemain saya saya jaga lebih baik," sambung mantan pelatih yang musim 2018 menangani klub Mitra Kukar tersebut.

Terkait persiapan timnya menghadapi kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2019, RD mengaku uji tanding menjadi bagian dari persiapan timnya. Ia menilai uji coba menghadapi Barito yang dimenangkan timnya 4-1 merupakan hal yang bagus. "Yang pasti (uji coba melawan Barito) ini menjadi bagian persiapan tim kita dari menjelang akhir-akhir menuju kompetisi."

"Kita bertemu lawan sepadan dan ini bagus buat kita. Namun, hasil ini tidak harus membuat kita menjadi puas karena pertandingan sesungguhnya belum dimulai ini hanya bagian persiapan. Kita terus pertajam kualitas semua lini tapi secara menyeluruh semua bagus," jelas RD lagi.

Sama halnya dengan RD, pelatih Barito Putera, Jacksen F Tiago juga tak mempermasalahkan mundurunya jadwal kick off Liga 1 Indonesia musim 2019. Akan tetapi, mantan pelatih Persipura Jayapura meminta PT LIB komitmen dengan penetapan jadwal kick off yang sudah diubah kali ini.

"Harapan saya cuma satu, yakni kompetisi berjalan sesuai waktu, itu saja yang menjadi harapan saya," ungkap pelatih yang pernah menangani Timnas Indonesia pada tahun 2013 itu.

Terkait permintaan beberapa tim Jawa Timur (Jatim) yang meminta kick off Liga 1 Indonesia dimulai sesudah Hari Raya Idul Fitri, Jacksen mengaku tak peduli. Namun baiknya, bagi Jacksen, kompetisi bergulir secepatnya lantaran ia menilai timnya sudah terlalu lama menggelar latihan.

"Kalau saya terserah mereka mau bagaimana. Kalau saya mau sebelum atau sesudah bagi saya kompetisi seharusnya sudah berjalan, kalau menunda-nunda terus mau kapan lagi," tegas Jacksen.

"Kalau saya secepatnya berjalan mau satu kali pertandingan atau dua kali pertandingan lalu off kembali yang penting jalan. Karena kita sudah terlalu lama hanya latihan-latihan tanpa ada kejelasan. Jadi kalau saya pribadi, ya hanya ingin kompetisi segera berjalan itu saja," sambungnya.

Namun, Jacksen mengakui bahwa timnya masih memiliki kelemahan yang harus diperbaiki mejelang kompetisi bergulir. Terutama di liini sayap. Hal itu diungkapkannya saat menilai hasil uji coba timnya menghadapi PS Tira-Persikabo yang kalah dengan skor telak 1-4.

"Hasil uji coba menghadapi Tira-Persikabo, kita melihat dua sayap kita sangat buruk, dan itu jadi titik lemah dalam uji coba ini. Kita harus membenahi sampai berulang kali ganti pemain tapi belum menemui solusinya. Ini akan kita bawa ke latihan untuk terus kita benahi supaya nanti saat kompetisi sudah bisa kita perbaiki," terang Jacksen.

Untuk diketahui, kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2019 akan diikuti 20 klub, 17 di antaranya merupakan peserta musim lalu. Sedangkan tiga lainnya akan diisi oleh tim promosi dari Liga 2 yakni, Kalteng Putra, Semen Padang dan PSS Sleman. (gie/fin/zul/wsa)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis


Johann Zarco Pilih Mundur

Johann Zarco Pilih Mundur

Johann Zarco memilih mengundurkan diri dari MotoGP 2019 disaat race masih tersisa enam balapan lagi, Kamis (19/9) kemarin.


Perkuat Skuat, Persija Jakarta Datangkan Pemain Anyar

Perkuat Skuat, Persija Jakarta Datangkan Pemain Anyar

Persija Jakarta kembali mendatangkan pemain anyar di bursa transfer pertengahan musim Liga 1 Indonesia 2019.


Delapan Kemenangan Bali United Terhenti di Bekasi

Delapan Kemenangan Bali United Terhenti di Bekasi

Bhayangkara FC berhasil mematahkan rentetan delapan kemenangan beruntun Bali United pada laga lanjutan Liga 1 Indonesia.


Liga Premier Minim Pemain Lokal

Liga Premier Minim Pemain Lokal

Industri sepak bola Inggris masih menjadi liga sepakbola rujukan pencinta bola.


Soal Penonton, Persebaya Surabaya Jagonya

Soal Penonton, Persebaya Surabaya Jagonya

Kompetisi Liga 1 Indonesia 2019 telah merampungkan putaran pertama pada pekan ke-17, Minggu (1/9) lalu.


Paruh Pertama Liga 1, Petaka Kartu Merah sang Top Skor

Paruh Pertama Liga 1, Petaka Kartu Merah sang Top Skor

Putaran pertama kompetisi Liga 1 Indonesia 2019 akan segera berakhir. Bahkan, sudah ada beberapa peserta yang telah menyelesaikan 17 pertandingan.


Cedera Lutut, Kevin Anderson Mundur US Open

Cedera Lutut, Kevin Anderson Mundur US Open

Kabar mengejutkan datang dari petenis Kevin Anderson. Ia mengundurkan diri dari turnamen US Open karena mengalami cedera lutut.


Real Madrid vs Valladolid, Mangsa Empuk Los Blancos

Real Madrid vs Valladolid, Mangsa Empuk Los Blancos

Real Madrid akan berusaha mempertahankan takhta La Liga saat menjamu Real Valladolid di Santiago Bernabeu, dinihari nanti.


Sembuh dari Cedera, Messi Siap Hadapi Betis

Sembuh dari Cedera, Messi Siap Hadapi Betis

Ada kabar gembira untuk pencinta Barcelona jelang duel sang juara bertahan kontra Real Betis di pekan kedua La Liga, akhir pekan ini.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!