Sport
Share this on:

Kuatir Rusuh, PSM Makassar vs Persija Jakarta Ditunda

  • Kuatir Rusuh, PSM Makassar vs Persija Jakarta Ditunda
  • Kuatir Rusuh, PSM Makassar vs Persija Jakarta Ditunda

MAKASSAR - Dengan alasan keamanan, PSSI akhirnya menunda leg kedua babak final Piala Indonesia yang mempertemukan Persija Jakarta melawan PSM Makassar. Sejatinya, duel kedua tim akan digelar di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Minggu (28/7) sore WITA.

Atas dasar pertimbangan keamanan dan kenyamanan, laga final kedua Piala Indonesia kami tunda, kata Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria di situs resmi PSSI, Minggu (28/7). Penundaan ini terkait insiden pelemparan bus Persija Jakarta setelah sesi uji coba lapangan di Stadion Andi Mattalatta, Makassar.

Akibat insiden itu, bek Ryuji Utomo dan striker Marko Simic juga terluka pada tangan dan kaki. Bahkan seorang ofisial Persija terluka pada bagian mata akibat terkenal lemparan batu.

Sebelumnya, Persija juga menghadapi sejumlah aksi horor di Makassar. Pada Sabtu (27/7) dini hari waktu setempat, beberapa orang tak dikenal menyalakan petasan di depan hotel tim Persija menginap.

Semula, PSSI masih yakin bisa menggelar pertandingan. Mendadak, sekitar dua jam sebelumkickoff,PSSI mengumumkan menunda pertandingan dengan alasan keamanan. Padahal, suporter PSM sudah memadati Stadion Andi Mattalatta.

Sebelumnya, CEO PSM Munafri Arifuddin menegaskan, pihalnya tak ingin menunda laga final. Meski sempat ada insiden, tapi secara umum, PSM telah meminta bantuan kepada polisi agar memberikan jaminan keamanan. Namun, PSSI ternyata punya pendapat lain.

Hingga saat ini, PSSI belum memutuskan jadwal baru dan lokasi final leg kedua. Tisha mengatakan, secepatnya itu akan mereka umumkan. PSSI percaya dengan pengembangan sepak bola di Makassar, tandas wanita berkacamata itu.

Meski terasa merugikan, baik Persija maupun PSM Makassar menerima dan menghormati keputusan tersebut. Manajemen dan Panpel PSM Makassar menyayangkan terjadinya penundaan pertandingan hari ini. "Selanjutnya, manajemen, panpel dan PSSI akan terus berkoordinasi," tulis pernyataan resmi PSM.

PSM juga meminta maaf atas penundaan pertandingan final tersebut. Manajemen dan Panpel PSM mengaku akan berkomitmen mengembalikan tiket yang sudah dibeli dan akan disampaikan mekanismenya lebih lanjut.

Sama dengan PSM, Persija juga menyayangkan penundaan yang dilakukan PSSI ini. Namun demikian, CEO Persija Ferry Paulus mengaku menghormati keputusan PSSI karena alasan keamanan.

"Ini partai final Piala Indonesia, di mana juaranya akan mendapatkan slot Piala AFC 2020, sehingga perlu dikemas sebaik mungkin demi menciptakan hiburan yang menarik dan enak ditonton," ujar Ferry.

"Ferry juga membantah kalau Macan Kemayoran takut datang ke Stadion Andi Mattalatta. Persija sejatinya siap main di manapun dan kapanpun," ujarnya.

Tertundanya final Piala Indonesia ini bisa memberikan dampak yang negatif bagi kedua klub. Saat ini saja, mereka harus menghadapi jadwal Liga 1 yang cukup padat. Apalagi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah menyatakan tetap ingin selesaikan Liga 1 pada 22 Desember.

Selain Liga 1, ada agenda lain di tengah dan akhir tahun yang bisa mengganggu kompetisi, yakni ada Kualifikasi Piala Dunia dan SEA Games. Tentu saja, nantinya ada sejumlah pemain terbaik dari klub yang akan dipanggil masuk timnas Indonesia. (wsa/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

PSM Belum Stabil di Usia 104 Tahun

PSM Belum Stabil di Usia 104 Tahun

Pada 2 November lalu, PSM menginjak usia 104 tahun. Usia matang untuk memberikan yang terbaik.


Kandidat Caketum Cium Kejanggalan Kongres PSSI

Kandidat Caketum Cium Kejanggalan Kongres PSSI

Hari ini, Kongres Pemilihan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dihelat Hotel Shangri-La, Jakarta.


Lini Serang Masih Kurang tajam

Lini Serang Masih Kurang tajam

Selama berlaga di kandang, PSM masih kesulitan menghasilkan gol dari penggawa lini depan.


Gara-gara Pilkades, Big Match Persib vs Persija Dipindah

Gara-gara Pilkades, Big Match Persib vs Persija Dipindah

Laga big match antara Persib Bandung dan Persija Jakarta yang rencananya dihelat, Senin (28/10), akan sulit terlaksana.


Perkuat Skuat, Persija Jakarta Datangkan Pemain Anyar

Perkuat Skuat, Persija Jakarta Datangkan Pemain Anyar

Persija Jakarta kembali mendatangkan pemain anyar di bursa transfer pertengahan musim Liga 1 Indonesia 2019.


Suporter Timnas Indonesia Rusuh, Imam Nahrawi Minta Maaf

Suporter Timnas Indonesia Rusuh, Imam Nahrawi Minta Maaf

Kerusuhan suporter sempat mewarnai laga Indonesia versus Malaysia di di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Kamis (5/9) kemarin, berbuntut


Sudah Kalah, Suporter Timnas Rusuh Lagi

Sudah Kalah, Suporter Timnas Rusuh Lagi

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia menelan kekalahan 2-3 di laga perdana putaran kedua Grup G Piala Dunia 2022 Zona Asia atas Malaysia.


Presiden Warning Penyelenggara PON, Peparnas Digeser ke Jakarta

Presiden Warning Penyelenggara PON, Peparnas Digeser ke Jakarta

Presiden Joko Widodo akhirnya merespon gelagat tidak beres terkait rencana pelaksanan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua tahun 2020.


PSS Sleman Optimis, PSM Ingin Lanjutkan Tren Positif

PSS Sleman Optimis, PSM Ingin Lanjutkan Tren Positif

Para penggawa PSM harus melanjutkan tren kemenangan saat bermain di Stadion Maguwoharjo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.


Juara Piala Indonesia, PSM Makassar Berhak Wakili Indonesia

Juara Piala Indonesia, PSM Makassar Berhak Wakili Indonesia

PSM Makassar keluar sebagai juara Piala Indonesia musim 2018/19.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!