Sport
Share this on:

Kucurkan Rp936,8 Miliar untuk Empat Vanue PON Papua

  • Kucurkan Rp936,8 Miliar untuk Empat Vanue PON Papua
  • Kucurkan Rp936,8 Miliar untuk Empat Vanue PON Papua

JAKARTA - Pemerintah Provinsi Papua mendapatkan gelontoran dana segar dalam persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX. Pemerintah lewat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menganggarkan Rp 936,8 miliar.

Anggaran ini untuk pembangunan empat arena olahraga (venue).

Ada empat arena olahraga yang sedang dibangun di Kabupaten Jayapura lewat gelontoran anggaran tersebut. Diantaranya: arena aquatic dan Istora Papua Bangkit di kawasan Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur dan venue cricket dan lapangan hockey (indoor dan outdoor) di kompleks olahraga Doyo Baru, Distrik Waibu.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan, pemerintah datang bukan hanya lewat gelontoran dana saja, melainkan tim monitoring yang mengawasi jalanya pembangunan. "Pembangunan infrastruktur dalam rangka mendukung PON XX 2020 di Papua, harus diperhatikan secara detail mulai dari tahap desain, tahap pembangunan hingga tahap pengawasannya," katanya, kemarin (26/6).

Meski demikian, masalah jarak menjadi kendala percepatan pembangunan venue. Kepala Pusat Pengembangan Sarana Prasarana Pendidikan, Olahraga dan Pasar, Ditjen Cipta Karya Iwan Suprijanto menuturkan, ada empat tantangan yang harus dilalui mereka.

Mulai dari jarak tempuh pengiriman material bangunan (barang) yang sebagian besar berasal dari luar Papua. "Kedua ketersedian peralatan yang kurang di Papua sehingga pengerjaan konstruksi memakan waktu lama," jelasnya.

"Ini karena alat yang digunakan bergantian antara proyek satu dengan proyek lainnya. Lalu, kami juga kesulitan dalam proses pengiriman tenaga kerja terampil. Itu belum ditambah perawatan arena yang besar," tambahnya.

Kendati demikian, sambung Iwan, probelm tersebut tidak mempengaruhi terhadap target pengerjaan konstruksi maupun menurunkan spesifikasi bangunan venue. "Harapanya bisa selesai sesuai target. Vanue PON harus memenuhi standar internasional," paparnya.

Terpisah, Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana dan Permukiman Wilayah II Provinsi Papua Anggoro Putro mengatakan progres pembangunan empat vanue masih diatas 20 persen. Ia mencontohkan, pembangunan arena aquatic yang telah mulai sejak Desember tahun 2018, hingga 21 Juni 2019 progres pengerjaannya mencapai 16,4 persen.

"Arena Aquatic ditargetkan selesai Juli tahun depan," jelasnya.

Dijelaskanya, Arena Aquatic dan Istora berada di kawasan Olahraga Kampung Harapan seluas 32 Ha. Kompleks ini juga telah dibangun Stadion Utama Papua Bangkit yang dilengkapi papan skor dari Itali, peralatan sistem waktu dari Swiss, dan lampu LED standar FIFA dari Jerman dengan kekuatan 1.800 Lux.

"Standarnya kan internasional, tentu itu harus dilengkapi dengan fasilitas lain seperti lapangan latihan dan pemanasan, zona aman stadion, dan area parkir," tandasnya. (fin/zul/tgr)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Marquez Bidik Podium Keenam
Marquez Bidik Podium Keenam

Berita Sejenis

Ganda Putra Tumpuan Indonesia

Ganda Putra Tumpuan Indonesia

Dari kekuatan yang ada, Indonesia hanya bertumpu pada sektor ganda putra untuk meraih gelar di turnamen bulu tangkis Blibli Indonesia Open 2019.


Tira Persikabo Tak Mau Kalah dari Persija

Tira Persikabo Tak Mau Kalah dari Persija

Tira Persikabo berambisi untuk bisa meneruskan tren positifnya yang belum meraih kekalahan sejak bergulirnya Liga 1 Indonesia musim ini.


Rossi dan Vinales Siap Ujicoba Motor Baru 2020

Rossi dan Vinales Siap Ujicoba Motor Baru 2020

Valentino Rossi dan Maverick Vinales akan menguji coba purwarupa motor Yamaha M1 untuk musim 2020 setelah balapan GP Ceko di sirkuit Brno, bulan depan.


Seri Lagi, Hasil yang Adil untuk Big Match Persija vs Persib

Seri Lagi, Hasil yang Adil untuk Big Match Persija vs Persib

Big match antara Persija Jakarta menghadapi Persib Bandung dalam laga lanjutan Liga 1 Indonesia musim 2019 berakhir imbang.


BAM Ingin Pensiunkan Hendrawan

BAM Ingin Pensiunkan Hendrawan

Federasi Badminton Malaysia (BAM) mempertimbangkan untuk memutus kontrak pelatih tunggal putra Hendrawan.


Jelang Indonesia Open, Ganda Putri Jalani Persiapan Khusus

Jelang Indonesia Open, Ganda Putri Jalani Persiapan Khusus

Greysia/Apriyani menjadi andalan Indonesia untuk meraih hasil terbaik di Indonesia Open 16-21 Juli mendatang.


Fakhri Panggil 33 Pemain

Fakhri Panggil 33 Pemain

Pelatih Timnas U-19, Fakhri Husaini memanggil 33 pemain untuk menjalani training camp (TC) menjelang Piala AFF.


Dikalahkan PSIS, Badak Lampung Melempem di Kandang

Dikalahkan PSIS, Badak Lampung Melempem di Kandang

Perseru Badak Lampung gagal meneruskan tren positifnya untuk meraih kemenangan berturut-turut di kompetisi Liga 1.


Venue PON Rampung Lebih Cepat

Venue PON Rampung Lebih Cepat

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono terus mendorong percepatan penyelesaian pembangunan venue olahraga untuk PON XX di Papua.


Calonkan Ketum KONI, Marciano Curhat ke Menpora

Calonkan Ketum KONI, Marciano Curhat ke Menpora

Marciano Norman menyambangi kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk menemui Menpora, Imam Nahrawi, Senin (24/6) kemarin..



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!