Sport
Share this on:

Kucurkan Rp936,8 Miliar untuk Empat Vanue PON Papua

  • Kucurkan Rp936,8 Miliar untuk Empat Vanue PON Papua
  • Kucurkan Rp936,8 Miliar untuk Empat Vanue PON Papua

JAKARTA - Pemerintah Provinsi Papua mendapatkan gelontoran dana segar dalam persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX. Pemerintah lewat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menganggarkan Rp 936,8 miliar.

Anggaran ini untuk pembangunan empat arena olahraga (venue).

Ada empat arena olahraga yang sedang dibangun di Kabupaten Jayapura lewat gelontoran anggaran tersebut. Diantaranya: arena aquatic dan Istora Papua Bangkit di kawasan Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur dan venue cricket dan lapangan hockey (indoor dan outdoor) di kompleks olahraga Doyo Baru, Distrik Waibu.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan, pemerintah datang bukan hanya lewat gelontoran dana saja, melainkan tim monitoring yang mengawasi jalanya pembangunan. "Pembangunan infrastruktur dalam rangka mendukung PON XX 2020 di Papua, harus diperhatikan secara detail mulai dari tahap desain, tahap pembangunan hingga tahap pengawasannya," katanya, kemarin (26/6).

Meski demikian, masalah jarak menjadi kendala percepatan pembangunan venue. Kepala Pusat Pengembangan Sarana Prasarana Pendidikan, Olahraga dan Pasar, Ditjen Cipta Karya Iwan Suprijanto menuturkan, ada empat tantangan yang harus dilalui mereka.

Mulai dari jarak tempuh pengiriman material bangunan (barang) yang sebagian besar berasal dari luar Papua. "Kedua ketersedian peralatan yang kurang di Papua sehingga pengerjaan konstruksi memakan waktu lama," jelasnya.

"Ini karena alat yang digunakan bergantian antara proyek satu dengan proyek lainnya. Lalu, kami juga kesulitan dalam proses pengiriman tenaga kerja terampil. Itu belum ditambah perawatan arena yang besar," tambahnya.

Kendati demikian, sambung Iwan, probelm tersebut tidak mempengaruhi terhadap target pengerjaan konstruksi maupun menurunkan spesifikasi bangunan venue. "Harapanya bisa selesai sesuai target. Vanue PON harus memenuhi standar internasional," paparnya.

Terpisah, Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana dan Permukiman Wilayah II Provinsi Papua Anggoro Putro mengatakan progres pembangunan empat vanue masih diatas 20 persen. Ia mencontohkan, pembangunan arena aquatic yang telah mulai sejak Desember tahun 2018, hingga 21 Juni 2019 progres pengerjaannya mencapai 16,4 persen.

"Arena Aquatic ditargetkan selesai Juli tahun depan," jelasnya.

Dijelaskanya, Arena Aquatic dan Istora berada di kawasan Olahraga Kampung Harapan seluas 32 Ha. Kompleks ini juga telah dibangun Stadion Utama Papua Bangkit yang dilengkapi papan skor dari Itali, peralatan sistem waktu dari Swiss, dan lampu LED standar FIFA dari Jerman dengan kekuatan 1.800 Lux.

"Standarnya kan internasional, tentu itu harus dilengkapi dengan fasilitas lain seperti lapangan latihan dan pemanasan, zona aman stadion, dan area parkir," tandasnya. (fin/zul/tgr)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Marquez Bidik Podium Keenam
Marquez Bidik Podium Keenam

Berita Sejenis

Timnas ke Dubai Lebih Awal

Timnas ke Dubai Lebih Awal

Timnas berangkat menuju Kota Dubai lebih awal, tadi malam, untuk bersiap jelang laga kualifikasi melawan Uni Emirat Arab di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 202


Timnas U23 Harus Juara Sea Games

Timnas U23 Harus Juara Sea Games

Indra Sjafri telah memanggil 30 pemain untuk menjalani training camp (TC) Timnas U23 di Bogor, Selasa (1/10).


Jika Kalah Lagi, Tekanan Giampaolo Makin Besar

Jika Kalah Lagi, Tekanan Giampaolo Makin Besar

Nada pesimistis meluncur dari mulut Marco Giampaolo, kemarin. Sang juru taktik AC Milan itu mengakui skuatnya hanya membutuhkan waktu untuk kembali pada trek ke


Timnas U23 Daftarkan 40 Pemain untuk Sea Games

Timnas U23 Daftarkan 40 Pemain untuk Sea Games

ersatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) telah mendaftarkan 40 pemain untuk perhelatan SEA Games 2019 di Filipina, November mendatang.


PRSI Gelar Pemusatan Latihan Hingga ke AS

PRSI Gelar Pemusatan Latihan Hingga ke AS

Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) terus mempersiapkan atlet-atletnya untuk mengikuti SEA Games 2019 Filipina November, mendatang.


Usai Bertarung Lima Set, Nadal Pastikan Grand Slam ke-19

Usai Bertarung Lima Set, Nadal Pastikan Grand Slam ke-19

Rafael Nadal kembali meraih gelar juara US Open 2019 setelah menundukkan unggulan ke empat, Daniil Medvedev 7-5, 6-3, 5-7, 4-6, dan 6-5.


Ahsan/Hendra Belum Kepikiran Gantung Raket

Ahsan/Hendra Belum Kepikiran Gantung Raket

Usia Mohamad Ahsan dan Hendra setiawan memang tidak muda lagi, untuk ukuran persaingan elit bulutangkis dunia saat ini.


Priska Gagal tembus Semifinal US Open Junior

Priska Gagal tembus Semifinal US Open Junior

Upaya petenis Indonesia Priska Nugroho untuk mendapatkan gelar Grand Slam junior pertamanya kembali gagal.


17 Pemain Liverpool Perkuat Timnas Negaranya

17 Pemain Liverpool Perkuat Timnas Negaranya

17 anggota skuat tim utama Liverpool dipanggil untuk memperkuat negara mereka selama jeda internasional September ini.


Naomi Gusur Ambisi Gauff

Naomi Gusur Ambisi Gauff

Tak butuh waktu lama bagi juara bertahan Naomi Osaka untuk menghempaskan petenis muda asal Amerika Serikat Coco Gauff pada US Open di New York tadi malam.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!