Sport
Share this on:

Kuncinya adalah Uji Coba di Sepang

  • Kuncinya adalah Uji Coba di Sepang
  • Kuncinya adalah Uji Coba di Sepang

VALENCIA - Musim MotoGP 2018 segera dibuka dengan uji coba resmi perdana di Sepang, Malaysia akhir bulan ini. Meski baru tes, ajang ini begitu penting bagi Andrea Dovizioso. Ducati menyatakan akan memulai negosiasi perpanjangan kontrak pembalap Italia tersebut setelah melihat hasil uji coba tersebut.

Jika tercapai kesepakatan, Ducati adalah tim pertama yang bakal memastikan line up pembalapnya untuk musim 2019. Tapi jika gagal, Dovi bisa menjadi kunci bursa transfer pembalap MotoGP 2019. Karena ada 12 pembalap tim pabrikan yang bakal habis kontrak akhir 2018 ini.

Ducati sendiri menegaskan ingin mempertahankan duet Jorge Lorenzo dan Dovizioso setelah 2018. Meski begitu, langkah Ducati tidak akan mudah. Dengan prestasi dan capaian besarnya sepanjang musim 2017, rider 31 tahun tersebut dipastikan bakal menuntut gaji tinggi.

Menurut Direktur Olahraga Ducati Paolo Ciabatti, Dovi yang memenangi enam balapan tahun lalu dan bertarung ketat berebut gelar juara dunia dengan Marc Marquez hingga seri terakhir tersebut, menginginkan gaji setara pembalap top tim pabrikan lainnya.

''Bujet kami bukannya tak terbatas. Kami tidak bisa mengalokasikan semuanya untuk satu kebutuhan, sementara di sisi yang lain harus mempertahankan marjin untuk program pengembangan,'' ujar Direktur Olahraga Ducati Paolo Ciabatti kepada surat kabar olahraga Italia Corriere dello Sport.

Saat ini, gaji Dovi mencapai Rp93 juta per musim. Jika menuntut gaji setara pembalap top, setidaknya Ducati harus merogoh kocek lebih dari Rp100 miliar. Setidaknya, jika disetarakan dengan gaji Lorenzo, Ducati butuh tambahan dana sekitar Rp10 miliar lagi.

Angka tersebut tentu tidak akan mudah dikabulkan oleh Ducati. Apalagi setelah mendatangkan Lorenzo dari Yamaha akhir tahun lalu dengan harga sangat mahal. Konon mencapai EUR 12 juta atau setara Rp193,4 miliar untuk kontrak tiga tahun. Di saat yang sama, prestasi yang diraih pembalap Majorca itu tidak sesuai ekspektasi.

Dovi sendiri sudah memberikan sinyal kepada Ducati bahwa tuntutan kenaikan gaji semestinya dianggap wajar. Karena untuk kali pertama sejak 2007, Ducati bisa bersaing merebut gelar juara dunia pembalap sekaligus konstruktor MotoGP. Semua itu didapat melalui dirinya.

Usai membalap di seri terakhir GP Valencia Dovi memprediksi, setidaknya Ducati tidak akan memperlakukannya seperti tahun lalu dalam negosiasi perpanjangan kontrak tahun ini. Yang dimaksud “perlakuan kurang menyenangkan” tersebut adalah ketika Ducati harus memilih siapa yang dikorbankan untuk memberikan tempat kepada Lorenzo.

Saat itu, Ducati memberikan tekanan kepada Dovi dan juga mantan rekan satu timnya Andrea Iannone untuk bisa tampil apik dengan motor yang kurang kompetitif. Bahkan, kabarnya gajinya sempat diturunkan jika ingin bertahan di Ducati.

Akhirnya, Iannone yang didepak Ducati dan lebih memilih mempertahankan Dovi sebagai tandem Lorenzo. Hal positifnya adalah ternyata pilihan Ducati tepat. Di saat Iannone terpuruk di tim barunya Suzuki Ecstar, Dovi tampil impresif di Ducati sebagai penantang terkuat juara bertahan Marc Marquez.

''Saya bertarung dengan Marquez yang belum pernah kita lihat sebelumnya,'' bangga Dovi.

Selain Dovi, kunci pergerakan transfer pembalap di 2018 adalah Valentino Rossi. Pembalap yang bakal menginjak usia 39 tahun Februari nanti bakal memutuskan kelanjutkan karirnya di awal musim ini. Pensiun atau melanjutkan kontrak dengan Yamaha hingga usianya 40 tahun.

''Di musim dingin ini saya akan berusaha berbicara dengan dia (Rossi). Tapi saya rasa, dia bakal memutuskan masa depannya setelah 3-4 balapan,'' ungkap Bos Yamaha Lin Jarvis.

Seperti Jarvis, Rossi sendiri mengatakan bahwa kelanjutkan karirnya di MotoGP bakal bergantung pada performanya di awal musim. Kemungkinan besar jika Rossi sukses merengkuh gelar juara dunia ke-10 nya tahun ini, pensiun adalah pilihan terbaik.

Siapa kandidat penggantinya? Yang terkuat pastilah pembalap Tech3 Yamaha Johann Zarco, Penampilan impresif sepanjang musim 2017 sudah cukup bagi Yamaha untuk memagarinya agar tak dicaplok tim lain.

Tapi jika Rossi tak jadi pensiun, bisa jadi Zarco akan lebih memilih tawaran menggiurkan dari tim pabrikan lainnya. KTM sudah memberi sinyal minat kepada pembalap Prancis tersebut. (cak/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Serena Comeback di Rogers Cup

Serena Comeback di Rogers Cup

Serena Williams memutuskan kembali mengayunkan raket di ajang Rogers Cup. Kali terakhir dia tampil adalah di final Wimbledon (15/7).


Tebus Mahal CR7 demi Trofi Impian

Tebus Mahal CR7 demi Trofi Impian

Apa yang masih ingin diraih Juventus? Bila pertanyaan tersebut ditujukan untuk level domestik, jelas itu adalah lelucon karena Juve.


Momen Pas Bottas untuk Unjuk Kemampuan

Momen Pas Bottas untuk Unjuk Kemampuan

Kalau ada pembalap yang paling tidak beruntung di grid Formula 1 saat ini, dia adalah Valtteri Bottas.


Pogba Korban Terbaru Rasisme

Pogba Korban Terbaru Rasisme

Menjelang Piala Dunia 2018 Rusia isu mengenai rasisme masih saja terjadi disana. Yang terbaru menjadi korban adalah gelandang Prancis Paul Pogba.


Desmosedici G18 Mulai Tebar Ancaman

Desmosedici G18 Mulai Tebar Ancaman

Semoga pertarungan sengit yang tersaji pada balapan pembuka MotoGP di Sirkuit Losail, Qatar Minggu malam adalah gambaran dari keseluruhan musim balap tahun ini.


Caps Istimewa Yaya Talisca

Caps Istimewa Yaya Talisca

Kemarin WIB (13/3), Tite merilis nama-nama yang akan dia panggil untuk dua uji cobanya Brasil bulan ini.


Toro Rosso Bikin Honda Tersenyum

Toro Rosso Bikin Honda Tersenyum

Susah payah Fernando Alonso dan Stoffel Vandoorne menutupi buruknya performa McLaren selama uji coba pra musim 2018. Namun data dan statistik tidak berbohong.


Vettel Pecahkan Rekor 10 Tahun

Vettel Pecahkan Rekor 10 Tahun

Sejak hari pertama uji coba pra musim di Circuit de Barcelona-Catalunya pekan kedua, Ferrari tak pernah menjamah ban yang berkompon soft.


Ricciardo Tercepat, Alonso Crash

Ricciardo Tercepat, Alonso Crash

Uji coba pra musim Formula 1 di Barcelona dimulai kemarin


Ducati Pede GP18 Motor Terbaik

Ducati Pede GP18 Motor Terbaik

Rider Ducati Andrea Dovizioso puas dengan kinerja motor Desmosedici GP18 sepanjang uji coba di Buriram, Thailand, pekan lalu.



Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!