Sport
Share this on:

Kyrgios Tak Pernah Kapok

  • Kyrgios Tak Pernah Kapok
  • Kyrgios Tak Pernah Kapok

Nick Kyrgios dan Rafael Nadal. (Jason Lee/Reuters)

SHANGHAI - Seperti yang pernah dikatakan petenis nomor satu dunia Rafael Nadal, Nick Kyrgios sebenarnya memiliki segalanya untuk menjadi petenis terbaik dunia.

Dengan satu catatan, jika petenis Australia tersebut bisa mencapai potensi terbaiknya dan menjaga emosinya. Di Shanghai Masters, Kyrgios kembali berulah, hingga berbuntut pada penjatuhan denda hingga pencabutan hadiah uang tunai yang sudah diterimanya.

Kyrgios tiba-tiba meninggalkan lawannya Steve Johnson serta wasit pertandingan Fergus Murpgy di lapangan, dan berlalu begitu saja setelah kalah di set pertama. Petenis 22 tahun tersebut hanya menyalami keduanya sebelum pamit meninggalkan lapangan mengundurkan diri dari pertandingan.

Belakangan dia mengaku sakit perut sebagai alasan tindakan tak sportifnya tersebut. Tapi anehnya, Kyrgios tak meminta bantuan medis di lapangan. Tindakan itulah yang melanggar aturan ATP Tour. Karena itu, dia kehilangan uang tunai USD 21,085 (Rp284 juta) yang berhak diterimanya karena lolos dari putaran pertama.

Bukan hanya itu, penalti lain juga dijatuhkan karena tindakan tidak sportif selama pertandingan masih berlangsung. Wasit Murphy memperingatkannya karena memukul bola dengan keras keluar lapangan karena marah. Denda tersebut senilai USD 10 ribu (Rp135 juta).

Memberikan penjelasan perihal pengunduran dirinya dari pertandingan, Kyrgios kemudian menulis di Twitter. ''Saya ingin memianta maaf kepada fans dan yang menyaksikan pertandingan tadi di televisi. Saya mengalami sakit perut sejak 24 jam terakhir. Saya berusaha untuk siap (bertanding), tapi saya benar-benar menderita di lapangan hari ini (Selasa waktu setempat),'' tulisnya.

Dia kemudian melanjutkan. ''Lenganku mulai terasa sakit saat latihan hari ini. Dan itupun tidak bisa disembukan. Ketika aku kalah di set pertama, saya merasa tidak kuat lagi untuk melanjutkan pertandingan karena saya tidak makan cukup selama 24 jam terakhir,'' tukasnya.

Dalam pertandingan ganda di babak kedua kemarin, Kyrgios juga memutuskan mundur. Alasannya tetap sama, sakit. Ini menjadi tahun kedua beruntun dimana petenis Australia tersebut membuat kontroversi di Shanghai.

Meskipun penalti yang dijatuhkan tahun ini lebih ringan dari musim lalu. Saat itu Kyrgios didenda lebih dari USD 50 ribu (Rp 676 juta) dan dilarang bertanding di ATP Tour karena dianggap tidak serius bermain saat menghadapi Mischa Zverev di babak kedua. Dia juga terlibat adu mulut dengan wasit dan penonton. (cak/jpg)


Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Di Mata Atlet, Satlak Prima Tak Begitu Membantu

Di Mata Atlet, Satlak Prima Tak Begitu Membantu

Atlet dan mantan atlet nasional ternyata tidak semuanya kompak untuk menolak keputusan pemerintah untuk membubarkan Satlak Prima.


Pangkas Birokrasi, Satlak Prima Tak Perlu Dibubarkan

Pangkas Birokrasi, Satlak Prima Tak Perlu Dibubarkan

Wacana yang digulirkan pemerintah untuk memangkas birokrasi terkait keberadaan Satlak Prima terus bergulir.


Batman Face Tak Ikut ke Padang

Batman Face Tak Ikut ke Padang

Pencapaian Madura United dengan mengalahkan Persipura Jayapura di Stadion Mandala, Jayapura (1/10) memang menjadi catatan baru.


Tak Ada Ekses Rebutan Penalti

Tak Ada Ekses Rebutan Penalti

Pelukan Neymar tak langsung pada Edinson Cavani. Melainkan ke Kylian Mbappe. Meski, Cavani-lah yang mencetak gol kedua itu.


Di Japan Open, Kevin/Marcus tak Dibebani Target

Di Japan Open, Kevin/Marcus tak Dibebani Target

Jadwal padat sedang menghadang para pebulutangkis nasonal.


Tunggal Putra AS Rontok

Tunggal Putra AS Rontok

Kesuksesan petenis Amerika Serikat di nomor tunggal putri tak diikuti dengan kisah yang sama di sektor putra.


Fans Belgia Sumringah, Radja Nainggolan Tak Jadi Pensiun

Fans Belgia Sumringah, Radja Nainggolan Tak Jadi Pensiun

Suporter timnas Belgia bisa tersenyum lega. Sebab, Radja Nainggolan yang sempat menyatakan pensiun dari tim nasional, kemarin meralat keputusannya.


Bolt: Aku Tidak Pernah Bohong

Bolt: Aku Tidak Pernah Bohong

Sprinter terbaik dunia Usain Bolt terpaksa mengklarifikasi penyebab cedera hamstring yang didapatnya pada final Kejuaraan Dunia Atletik nomor 400 meter estafet.


Pabahan Gagal Tambah Emas

Pabahan Gagal Tambah Emas

Tak ada tambahan medali emas untuk kontingen indonesia pada hari kedua perebutan medali SEA Games 2017.


Federer Mundur, Nadal Rangking 1 Dunia

Federer Mundur, Nadal Rangking 1 Dunia

Petenis Spanyol Rafael Nadal tak menyangka bisa kembali ke rangking satu dunia sebegitu cepatnya.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!