Sport
Share this on:

Laga Pembuka AFF U18, Timnas U-18 Hancurkan Filipina 7-1

  • Laga Pembuka AFF U18, Timnas U-18 Hancurkan Filipina 7-1
  • Laga Pembuka AFF U18, Timnas U-18 Hancurkan Filipina 7-1

JAKARTA - Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-18 berhasil meraih kemenangan di laga perdana Piala AFF U-18 2019. Hasil itu didapat usai tim asuhan Fakhri Husaini berhasil membekuk Filipina dengan skor telak 7-1.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion, Stadion Di An, Ho Chi Minh, Vietnam, Selasa (6/8) kemarin, skuat Garuda Muda sudah unggul pada menit kedua babak pertama lewat Sutan Zico yang memanfaatkan kemelut di mulut gawang.

Usai gol, gempuran demi gempuran terus dilancarakan Indonesia. Hasilnya, pada menit ke-17, Indonesia berhasil meggandakan keunggulan menjadi 2-0 melalui sepakan keras Muhammad Fajar Fathur dari sisi kiri area penalti dan meluncur deras ke sisi kanan gawang Filipina yang dikawal Enrico Marquell.

Dua menit berselang, Indonesia kembali mencetak gol ke gawang Filipina. Kali ini, Amiruddin Bagus Kahfi yang mencatatkan namanya di papan skor usai mengirim tembakan terukur dari ujung area penalti.

Bagus lagi-lagi memaksa kiper Filipina untuk memungut bola di dalam gawangnya. Bagus yang melakukan penetrasi dari sisi kanan area penalti melakukan tembakan keras yang tak mampu dihalau Enrico pada menit ke-24.

Tak puas sampai di situ, Indonesia menutup paruh pertama dengan skor 5-0. Hal itu setelah, David Maulana mencetak gol kelima bagi Indonesia lewat sepakan keras dari luar kotak penalti menjelang babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Filipina mencoba untuk lebih agresif. Hasilnya, Filipina berhasil memperkecil kedudukan 1-5 atas Indonesia pada menit ke-66 lewat gol yang dicetak Alimar Ambong.

Tak terima gawangnya kemasukan, skuat Garuda Muda kembali meningkatkan tempo permainannya. Alhasil, Indonesia kembali membuat selisih lima gol setelah Supriadi berhasil mencetak gol keenam bagi Indonesia lewat tandukkannya di menit 79.

Di masa injury time babak kedua, Supriadi kembali mencetak gol untuk Indonesia. Kali ini gol Supriadi itu tercipta berkat umpan trobosan Sutan Zico. Skor 7-1 menutup laga tersebut. Kemenangan itu tentu di sangat di apresiasi oleh sang pelatih, Fakhri Husaini.

Menurutnya, anak asuhnya menunjukkan semangat tanpa henti di laga tersebut. "Saya apresiasi perjuangan anak-anak di lapangan. Setelah sehari sebelumnya mereka menunjukkan gestur tak nyaman melihat kondisi lapangan. Tapi tadi mereka menunjukkan semangat bertarung tanpa henti. Terutama gol cepat tadi. Itu terjadi melalui skema permainan yang apik," ungkap Fakhri dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan di Jakarta, Selasa (6/8) kemarin.

"Ini modal yang sangat bagus untuk kami. Main di pertandingan pertama dengan selisih gol yang banyak. Akan sangat membantu kami dalam mengarungi turnamen," tambah Fakhri.

Meski demikian, Fakhri mengatakan tetap bakal melakukan evaluasi terhadap anak asuhnya. Terutama terkait gol semata wayang Filipina yang dinilainya karena kesalahan pemain.

"Tentu masih ada yang harus di evaluasi. Terutama satu gol ke gawang kami. Itu tidak akan terjadi kalau mereka tetap fokus dan konsentrasi di sepanjang pertandingan," tuturnya.

Sementara itu, sang kapten Garuda Muda, David Maulana juga mengaku senang dengan kemenangan tersebut. Apalagi, ia mampu menyumbangkan gol dalam laga tersebut. Ia berharap penampilan gemilang timnya di laga ini bisa terus terjaga hingga meraih juara.

"Alhamdulillah saya bisa cetak gol, itu naluri saja. Sebab saya melihat ruang kosong, dan itu saya manfaatkan. Pertandingan yang bagus. Ini menjadi modal kami," ujar David.

"Saya harap kami bisa terus bermain bagus. Tentu itu juga harapan teman-teman. Kami ingin menikmati setiap pertandingan dan meraih juara," sambungnya.

Di laga kedua babak penysisihan Grup A Piala AFF U-18 2019, Indonesia bakal berhadapan dengan Timor Leste. Pertandingan itu digelar di Stadion Binh Duong, Vietnam, Kamis (8/8) mendatang, pukul 18.30 WIB. (gie/zul/fin/wsa)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Lawan Tiongkok, Timnas U23 Disambut Cuaca Dingin

Lawan Tiongkok, Timnas U23 Disambut Cuaca Dingin

Tim Tirai Bambu (sebutan Cina) menjadi lawan pertama Timnas U-23 Indonesia di laga pembuka CFA Team China Chongqing Gorges Bank Cup International Football Tourn


Cuaca Ekstrim Sambut Timnas di Dubai

Cuaca Ekstrim Sambut Timnas di Dubai

Cuaca ekstrim menyambut kedatangan Tim Nasional Indonesia di Dubai, Kamis (3/10) pagi.


Timnas ke Dubai Lebih Awal

Timnas ke Dubai Lebih Awal

Timnas berangkat menuju Kota Dubai lebih awal, tadi malam, untuk bersiap jelang laga kualifikasi melawan Uni Emirat Arab di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 202


Timnas U23 Harus Juara Sea Games

Timnas U23 Harus Juara Sea Games

Indra Sjafri telah memanggil 30 pemain untuk menjalani training camp (TC) Timnas U23 di Bogor, Selasa (1/10).


Tira-Kabo Tertahan Lagi di Kandang

Tira-Kabo Tertahan Lagi di Kandang

Tira-Kabo kembali harus puas bermain imbang, meski menjalani laga kandang menghadapi tim juru kunci Semen Padang, Jumat (27/9) kemarin..


Timnas U23 Daftarkan 40 Pemain untuk Sea Games

Timnas U23 Daftarkan 40 Pemain untuk Sea Games

ersatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) telah mendaftarkan 40 pemain untuk perhelatan SEA Games 2019 di Filipina, November mendatang.


Setelah Timnas U16, Giliran U19 Berjuang

Setelah Timnas U16, Giliran U19 Berjuang


Timnas U16 Waspadai Kecepatan Pemain Cina

Timnas U16 Waspadai Kecepatan Pemain Cina

Indonesia kembali tampil perkasa dan menang besar di babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 Grup G. Kali ini yang menjadi korban keganasan skuat Garuda Asia adal


Timnas U16 Akan Teruskan Rotasi

Timnas U16 Akan Teruskan Rotasi

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-16 tampil perkasa di laga kedua Grup G Kualifikasi Piala AFC U-16 2020.


PRSI Gelar Pemusatan Latihan Hingga ke AS

PRSI Gelar Pemusatan Latihan Hingga ke AS

Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) terus mempersiapkan atlet-atletnya untuk mengikuti SEA Games 2019 Filipina November, mendatang.



Berita Hari Ini

Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!