Sport
Share this on:

Laga Pertama Grup, Indonesia Waspadai Inggris

  • Laga Pertama Grup, Indonesia Waspadai Inggris
  • Laga Pertama Grup, Indonesia Waspadai Inggris

NANNING - Tim Bulu Tangkis Indonesia bakal memulai pertandinganya di babak penyisihan Grup B Piala Sudirman, Minggu (19/5) besok. Di laga perdana itu, Hendra Setiawan dan kawan-kawan bakal menghadapi Inggris.

Melihat dari peta kekuatan yang dimiliki kedua tim tersebut, Kontingen Merah Putih kemungkinan besar lebih diunggulkan dari tim negara yang kerap dijuluki The Three Lions tersebut.Akan tetapi, hal itu tidak ingin dijadikan acuan oleh Tim Indonesia.

Ketua Kontingen Indonesia untuk Piala Sudirman 2019 Achmad Budiharto mengatakan, timnya akan selalu waspada dan tidak menganggap enteng siapa pun lawannya termasuk Inggris. Selain Inggris, Indonesia juga bakal berhadapan dengan Denmark di babak penysisihan Grup B.

Indonesia bakal berhadapan dengan tim yang bakal diperkuat oleh pasangan ganda Niclas Nohr/Sara Thygesen itu, Rabu (22/5), mendatang. Sama halnya dengan Inggris, Achmad Budiharto juga meminta agar timnya waspada saat menghadapi Denmark.

Menurutnya, kegagalan Indonesia lolos fase grup di Piala Sudirman 2017 lalu, harus bisa dijadikan pelajaran di ajang kali ini. "Menghadapi Inggris dan Denmark, kita tidak bisa main-main, mengacu pengalaman dua tahun lalu, itu pengalaman yang kurang baik buat kami. Walaupun kami saat itu tidak main-main dan kondisinya memaksa kami untuk tidak bisa tampil full team," ungkap Achmad Budiharto di situs resmi PBSI, Jumat (17/5) kemarin.

"Sekarang ketemu Inggris, kita kelihatannya lebih diunggulkan. Namun, kita harus tetap mewaspadai Inggris, salah satunya di ganda campuran serta tunggal putra dan ganda putranya yang cukup bagus juga," sambungnya.

Di sisi lain, pria yang juga menjabat Sekjen PBSI itu menjelaskan tentang kesiapan tim Indonesia pada ajang perebutan lambang supremasi beregu campuran itu. Menurutnya, para pemain sudah menjalani sesi latihan di arena yang akan dipakai untuk pertandingan, yakni Guangxi Sports Center Nanning, China.

Dalam latihan yang berlangsung selama 40 menit, menurut Budiharto para pemain beradaptasi dengan kondisi lapangan, angin, pencahayaan dan sebagainya. Selain itu, dalam latihan itu juga, para pelatih sudah mulai mensimulasikan dan menilai kondisi terakhir serta kesiapan atlet selama di Nanning, sebagai salah satu bahan pertimbangan untuk penentuan line up pemain.

"Hari ini atlet lebih fokus ke coba arena pertandingan, kenali kondisi lapangan, arah angin dan sebagainya. Sedangkan pelatih mulai mensimukasikan kira-kira siapa yang akan diturunkan nanti," tutur Budiharto.

"Untuk line up pemain, belum ada omongan dengan pelatih dan manajer, biasanya H-1 akan ada briefing dan di situ akan ditentukan bersama kapten tim juga. Di briefing itu selain menentukan line up, kami juga akan membahas perkiraan calon lawan yang akan turun," sambungnya.

Sementara itu, manajer Indonesia untuk Piala Sudirman 2019, Susy Susanti juga mengatakan hal yang sama terkait kewaspaadaan tim Indonesia terhadap lawan pertamanya yakni Inggris. Akan tetapi, Susy tetap optimis Indonesia mampu mengalahkan Inggris dan bisa menembus target juara grup. Hal itu agar terhindar dari lawan ungulan di babak perempatfinal nanti.

"Di fase penyisihan grup pasti ada target juara grup, step by step, jangan berpikir terlalu jauh, tapi pikir yang ada di depan kami dulu saja. Inggris mungkin membawa pemain dengan jumlah minim, tapi kami tetap harus waspadai, jangan sampai lengah," jelas peraih medali emas tunggal putri di Olimpiade Barcelona 1992 ini.

"Bukan takabur, tapi kalau melihat kekuatan, seharusnya kami bisa mengatasi Inggris, semua sektor kami harapkan bisa punya tanggungjawab menyumbang poin, tidak hanya mengandalkan satu sektor saja. Kami minta semua sektor bisa kasih kontribusi menyumbang poin," sambungnya.

Untuk diketahui, Piala Sudirman 2019 akan dimulai,a Minggu (19/5) besok. Siaran langsung penyisihan pertama grup B antara Indonesia vs Inggris dapat disaksikan di TVRI pada pukul 10.00-15.00 WIB.

Di laga kedua Indonesia akan berhadapan dengan Denmark, Rabu (22/5) mendatang. Laga ini juga bakal disiarkan oleh TVRI pada pukul 17.00-22.00 WIB. (gie/fin/zul/wsa)

Berita Sebelumnya

Ducati Siap Curi Podium
Ducati Siap Curi Podium

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Tiga Pebalap Indonesia Siap Terjun ke Moto2

Tiga Pebalap Indonesia Siap Terjun ke Moto2

Garuda muda tak selalu identik dengan sepakbola. Kancah dunia racing juga dilakoni para milenial di lintasan balap.


Tommy Tantang Kento, Jojo Kandas di Tangan Vito

Tommy Tantang Kento, Jojo Kandas di Tangan Vito

Hasil berbeda diterima dua tunggal putra andalan Indonesia, Tommy Sugiarto dan Jonatan Christie pada babak pertama ajang China Open 2019 di Olympic Sports Cente


kalahkan Filipina 4-0, Timnas U16 Masih Sering Buang-buang Peluang

kalahkan Filipina 4-0, Timnas U16 Masih Sering Buang-buang Peluang

Timnas Sepakbola Indonesia U-16 tampil gemilang dalam laga perdana babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020.


Della/Rizki Hanya Perlu Fokus

Della/Rizki Hanya Perlu Fokus

Pasangan ganda putri Indonesia, Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta sukses meraih gelar juara pada ajang Vietnam Open 2019.


Tatap Laga Pertama, Timna U16 Kian Optimis

Tatap Laga Pertama, Timna U16 Kian Optimis

Pelatih kepala skuat Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-16, Bima Sakti mengaku optimis, menatap perhelatan babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 Grup


Lawan Filipina, Timnas U16 Jangan sampai Bikin Malu

Lawan Filipina, Timnas U16 Jangan sampai Bikin Malu

Timnas Indonesia U-16 bersiap mengarungi babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 Grup G.


Delapan Kemenangan Bali United Terhenti di Bekasi

Delapan Kemenangan Bali United Terhenti di Bekasi

Bhayangkara FC berhasil mematahkan rentetan delapan kemenangan beruntun Bali United pada laga lanjutan Liga 1 Indonesia.


Naturalisasi Juara F4, Indonesia Berpeluang Tampil di F1 Lagi

Naturalisasi Juara F4, Indonesia Berpeluang Tampil di F1 Lagi

Setelah Rio Haryanto, Indonesia akan menambah para pembalap yang akan berkiprah di ajang jet darat, Formula One (F1).


Digempur Netizen, KPAI Jangan Mencla-mencle

Digempur Netizen, KPAI Jangan Mencla-mencle

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) meminta Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) tegas dalam memberikan rekomendasi terkait audisi bulutangkis djar


Priska Gagal tembus Semifinal US Open Junior

Priska Gagal tembus Semifinal US Open Junior

Upaya petenis Indonesia Priska Nugroho untuk mendapatkan gelar Grand Slam junior pertamanya kembali gagal.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!