Sport
Share this on:

Laga Pertama Grup, Indonesia Waspadai Inggris

  • Laga Pertama Grup, Indonesia Waspadai Inggris
  • Laga Pertama Grup, Indonesia Waspadai Inggris

NANNING - Tim Bulu Tangkis Indonesia bakal memulai pertandinganya di babak penyisihan Grup B Piala Sudirman, Minggu (19/5) besok. Di laga perdana itu, Hendra Setiawan dan kawan-kawan bakal menghadapi Inggris.

Melihat dari peta kekuatan yang dimiliki kedua tim tersebut, Kontingen Merah Putih kemungkinan besar lebih diunggulkan dari tim negara yang kerap dijuluki The Three Lions tersebut.Akan tetapi, hal itu tidak ingin dijadikan acuan oleh Tim Indonesia.

Ketua Kontingen Indonesia untuk Piala Sudirman 2019 Achmad Budiharto mengatakan, timnya akan selalu waspada dan tidak menganggap enteng siapa pun lawannya termasuk Inggris. Selain Inggris, Indonesia juga bakal berhadapan dengan Denmark di babak penysisihan Grup B.

Indonesia bakal berhadapan dengan tim yang bakal diperkuat oleh pasangan ganda Niclas Nohr/Sara Thygesen itu, Rabu (22/5), mendatang. Sama halnya dengan Inggris, Achmad Budiharto juga meminta agar timnya waspada saat menghadapi Denmark.

Menurutnya, kegagalan Indonesia lolos fase grup di Piala Sudirman 2017 lalu, harus bisa dijadikan pelajaran di ajang kali ini. "Menghadapi Inggris dan Denmark, kita tidak bisa main-main, mengacu pengalaman dua tahun lalu, itu pengalaman yang kurang baik buat kami. Walaupun kami saat itu tidak main-main dan kondisinya memaksa kami untuk tidak bisa tampil full team," ungkap Achmad Budiharto di situs resmi PBSI, Jumat (17/5) kemarin.

"Sekarang ketemu Inggris, kita kelihatannya lebih diunggulkan. Namun, kita harus tetap mewaspadai Inggris, salah satunya di ganda campuran serta tunggal putra dan ganda putranya yang cukup bagus juga," sambungnya.

Di sisi lain, pria yang juga menjabat Sekjen PBSI itu menjelaskan tentang kesiapan tim Indonesia pada ajang perebutan lambang supremasi beregu campuran itu. Menurutnya, para pemain sudah menjalani sesi latihan di arena yang akan dipakai untuk pertandingan, yakni Guangxi Sports Center Nanning, China.

Dalam latihan yang berlangsung selama 40 menit, menurut Budiharto para pemain beradaptasi dengan kondisi lapangan, angin, pencahayaan dan sebagainya. Selain itu, dalam latihan itu juga, para pelatih sudah mulai mensimulasikan dan menilai kondisi terakhir serta kesiapan atlet selama di Nanning, sebagai salah satu bahan pertimbangan untuk penentuan line up pemain.

"Hari ini atlet lebih fokus ke coba arena pertandingan, kenali kondisi lapangan, arah angin dan sebagainya. Sedangkan pelatih mulai mensimukasikan kira-kira siapa yang akan diturunkan nanti," tutur Budiharto.

"Untuk line up pemain, belum ada omongan dengan pelatih dan manajer, biasanya H-1 akan ada briefing dan di situ akan ditentukan bersama kapten tim juga. Di briefing itu selain menentukan line up, kami juga akan membahas perkiraan calon lawan yang akan turun," sambungnya.

Sementara itu, manajer Indonesia untuk Piala Sudirman 2019, Susy Susanti juga mengatakan hal yang sama terkait kewaspaadaan tim Indonesia terhadap lawan pertamanya yakni Inggris. Akan tetapi, Susy tetap optimis Indonesia mampu mengalahkan Inggris dan bisa menembus target juara grup. Hal itu agar terhindar dari lawan ungulan di babak perempatfinal nanti.

"Di fase penyisihan grup pasti ada target juara grup, step by step, jangan berpikir terlalu jauh, tapi pikir yang ada di depan kami dulu saja. Inggris mungkin membawa pemain dengan jumlah minim, tapi kami tetap harus waspadai, jangan sampai lengah," jelas peraih medali emas tunggal putri di Olimpiade Barcelona 1992 ini.

"Bukan takabur, tapi kalau melihat kekuatan, seharusnya kami bisa mengatasi Inggris, semua sektor kami harapkan bisa punya tanggungjawab menyumbang poin, tidak hanya mengandalkan satu sektor saja. Kami minta semua sektor bisa kasih kontribusi menyumbang poin," sambungnya.

Untuk diketahui, Piala Sudirman 2019 akan dimulai,a Minggu (19/5) besok. Siaran langsung penyisihan pertama grup B antara Indonesia vs Inggris dapat disaksikan di TVRI pada pukul 10.00-15.00 WIB.

Di laga kedua Indonesia akan berhadapan dengan Denmark, Rabu (22/5) mendatang. Laga ini juga bakal disiarkan oleh TVRI pada pukul 17.00-22.00 WIB. (gie/fin/zul/wsa)

Berita Sebelumnya

Ducati Siap Curi Podium
Ducati Siap Curi Podium

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Menpora Optimistis Indonesia Juara di ASG 2019

Menpora Optimistis Indonesia Juara di ASG 2019

Menpora Imam Nahrawi optimistis kontingen Indonesia yang bakal berjuang di ASEAN School Games (ASG) 2019 mampu menjadi juara umum.


Bali United Kalah Lagi

Bali United Kalah Lagi

Tim peringkat atas, Bali United kembali menelan hasil buruk dalam dua pekan Liga 1 Indonesia 2019.


Butet Minta Owi Tampil Lebih Oke

Butet Minta Owi Tampil Lebih Oke

Mantan pebulu tangkis ganda campuran Indonesia Liliyana Natsir cuma bisa tersenyum ketika ditanya siapa jagoannya di ajang Indonesia Open 2019.


Hanya Tersisa Lima Wakil

Hanya Tersisa Lima Wakil

Lima wakil Indonesia dipastikan melaju ke babak perempat final turnamen Blibli Indonesia Open 2019 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.


PSIS dan Bhayangkara Raih Tiga Poin

PSIS dan Bhayangkara Raih Tiga Poin

PSIS Semarang dan Bhayangkara FC sukses meraih kemenanga dalam laga lanjutan Liga 1 Indonesia 2019.


Akhirnya Mampu Lalui Reli Panjang

Akhirnya Mampu Lalui Reli Panjang

Pasangan ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan melaju ke babak dua turnamen bulu tangkis Blibli Indonesia Open 2019.


Mental The Minions Benar-benar Teruji

Mental The Minions Benar-benar Teruji

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo mengaku akan lebih mempersiapkan mental saat berlaga di babak kedua turnamen Blibli Indonesia Open 2019.


Markus/Kevin Lolos dari Hadangan Ganda Jepang

Markus/Kevin Lolos dari Hadangan Ganda Jepang

Perhelatan Indonesia Open 2019 sudah mulai bergulir di Istora Senayan, kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (16/7) kemarin.


Ganda Putra Tumpuan Indonesia

Ganda Putra Tumpuan Indonesia

Dari kekuatan yang ada, Indonesia hanya bertumpu pada sektor ganda putra untuk meraih gelar di turnamen bulu tangkis Blibli Indonesia Open 2019.


Greysia Ingin Fokus, Hendra Lebih Excited

Greysia Ingin Fokus, Hendra Lebih Excited

Ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu akan berusaha fokus menikmati permainan mereka di Blibli Indonesia Open 2019 pekan ini.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!