Sport
Share this on:

Latihan Siang, Pemain Islandia Pakai Sunblock

  • Latihan Siang, Pemain Islandia Pakai Sunblock
  • Latihan Siang, Pemain Islandia Pakai Sunblock

Timnas Islandia. (Guntur Aga Tirtana/Radar Jogja)

JOGJAKARTA - Sebagai salah satu kontestan putaran final Piala Dunia 2018, timnas Islandia adalah tamu istimewa bagi Indonesia. Meski begitu, pengawalan untuk mereka terkesan biasa saja. Tidak berlebihan. Itu terlihat saat timnas Islandia menjalani latihan perdana di Stadion Sultan Agung, Bantul, kemarin siang.

Kedatangan rombongan timnas Islandia dikawal 10 personel kepolisian. Ada dua motor patroli yang mengawal sepanjang perjalanan mereka dari hotel menuju stadion. Jumlah guard yang menjaga di pintu utama stadion tidak lebih dari 20 orang. Suasananya pun santai. Tidak menegangkan.

’’Masalah keamanan memang hanya perjalanan ke stadion dan saat latihan. Di hotel, kami serahkan kepada sekuriti yang bertugas,’’ jelas Wakil Panitia Penyelenggara Lokal Ediyanto kepada Jawa Pos kemarin.

Pihak Islandia meminta panitia mengosongkan area lapangan. Hanya para pemain, pelatih, dan, ofisial yang boleh berada di lapangan. ’’Mereka ingin latihan tertutup. Tetapi, media diberi kesempatan 15 menit di awal untuk mengambil gambar dan wawancara. Di luar media, kami secara tegas melarang,’’ jelasnya.

Islandia bisa dikatakan cukup nyeleneh memilih waktu latihan siang. Cuaca Jogjakarta sangat panas. Matahari begitu terik. Para pemain Islandia sempat kaget. Sebagian besar pemain menggunakan sunblock sebelum latihan. Puluhan botol air mineral dingin dan beberapa bak berisi air disediakan untuk mengantisipasi cuaca panas dalam latihan perdana kurang lebih 1,5 jam tersebut.

’’Ini memang berbeda bagi para pemain kami yang terbiasa dengan salju dan kondisi dingin,’’ ujar asisten pelatih Islandia Helge Kolvidsson kepada Jawa Pos setelah latihan kemarin.

Dia sebenarnya sudah mengantisipasi dan melakukan adaptasi dengan cuaca panas. Yakni, dengan tidak menggelar latihan terlebih dahulu pada Senin (8/1). Sebagai gantinya, mereka berwisata ke Candi Prambanan. ’’Sebenarnya sudah tidak ada masalah. Cuaca panas hanya di awal. Setelah itu, udara menjadi hangat karena akan hujan,’’ katanya.

Karena cuaca panas yang menguras fisik, pelatih Heimir Hallgrimson membatalkan rencana latihan malam. Mereka memilih beristirahat agar hari ini bisa benar-benar maksimal untuk latihan lagi. ’’Sementara kami akan turunkan pemain muda dahulu. Kami maksimalkan di latihan, fisiknya lebih terjaga,’’ tutur Kolvidsson.

Sementara itu, para pemain tim Indonesia Selection menjalani latihan di lapangan Universitas Negeri Yogyakarta kemarin sore. Latihan diikuti 17 pemain dan dipimpin oleh pelatih Robert Rene Alberts.

Robert belum memberikan materi strategi. Sebab, materi pemain belum lengkap. Selain itu, kondisi lapangan tergenang air hujan. ’’Besok (hari ini) mungkin saya mulai berikan. Tim lawan sangat bagus. Jadi, saya pikir ini kesempatan yang baik bagi anak-anak untuk buktikan kemampuan,’’ kata pria asal Belanda itu.

Laga Indonesia Selection melawan Islandia digelar di Stadion Internasional Maguwoharjo, Sleman, besok malam. (rid/c4/ca/jpg)

Berita Sebelumnya

Azarenka Susul Serena Mundur
Azarenka Susul Serena Mundur

Berita Berikutnya

Tekanan Intens Dari Al-Attiyah
Tekanan Intens Dari Al-Attiyah

Berita Sejenis

Minarti Perbaiki Fokus Pemain Tunggal

Minarti Perbaiki Fokus Pemain Tunggal

Tim Uber Cup Indonesia finis sebagai runner-up grup D di bawah Tiongkok.


Skuad Thomas Cup Lebih Percaya Pemain Pelatnas

Skuad Thomas Cup Lebih Percaya Pemain Pelatnas

Tim Thomas-Uber Indonesia sudah ditetapkan. Dari daftar pemain yang sudah dilansir PP PBSI, hanya tunggal putra yang tidak mengalami perubahan dari tim.


Ricciardo Tercepat di Latihan Pertama

Ricciardo Tercepat di Latihan Pertama

Bintang Aston Martin-Red Bull Daniel Ricciardo melanjutkan tren positifnya pada GP Azerbaijan.


Riko Ingin Tembus Timnas Garuda

Riko Ingin Tembus Timnas Garuda

Riko Simanjuntak telah mengawali karir profesionalnya sebagai pemain sepak bola sejak 2012 dengan membela PSMS Medan.


Susy Masih Timang Kerangka Thomas-Uber Cup

Susy Masih Timang Kerangka Thomas-Uber Cup

Susy Susanti, Kabidbinpres PP PBSI menyatakan masih menimbang siapa saja pemain yang masuk dalam kerangka tim Thomas-Uber Cup 2018.


Prestasi Dinar Diharapkan Lecut Tunggal Puteri

Prestasi Dinar Diharapkan Lecut Tunggal Puteri

Torehan manis Dinar Dyah Ayustine di ajang Ciputra Hanoi-Yonez Sunrise Vietnam IC 2018 menjadi semangat bagi para pemain tunggal putri.


Mercedes Belum Tersentuh, Red Bull Berharap Kualifikasi Basah

Mercedes Belum Tersentuh, Red Bull Berharap Kualifikasi Basah

Sesi latihan bebas hari pertama GP Australia langsung menunjukkan kekuatan sebenarnya tim-tim papan atas Formula 1.


Pemain Bakal Lebih Capek

Pemain Bakal Lebih Capek

Ciputra Hanoi-Yonex Sunrise Vietnam International Challenge 2018 harus ditunda.


Red Bull Mulai Lirik Honda

Red Bull Mulai Lirik Honda

Performa apik Toro Rosso pada latihan bebas pra musim di Barcelona (26/2) bersama sang pemasok mesin anyar Honda membuat Red Bull terkesan.


Kejutan Keren sebelum Pulang

Kejutan Keren sebelum Pulang

Perjalanan tim Honda DBL Indonesia All-Star hampir berakhir. Selama enam hari di Los Angeles, California, para pemain dan pelatih telah menunjukkan kerja keras.



Populer

fikri lebaran

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!