Sport
Share this on:

Lawan Brunei, Timnas U18 Waspadai Spirit Lawan

  • Lawan Brunei, Timnas U18 Waspadai Spirit Lawan
  • Lawan Brunei, Timnas U18 Waspadai Spirit Lawan

HANOI - Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-18 bakal melakoni laga ketiga babak penyisihan Grup A Piala AFF U-18 2019. Pada laga tersebut skuat Garuda Muda bakal berhadapan dengan Brunei Darussalam.

Ya, laga ini bakal menjadi laga ketiga Indonesia U-18 di ajang Piala AFF U-18 tahun ini. Sebelumnya, Indonesia sudah berhasil meraih kemenangan dalam dua laga yang dijalaninya.

Pertama Indonesia berhasil melumpuhkan Filipina dengan skor telak 7-1 di laga perdana, Rabu (6/8) lalu. Di laga kedua, Indonesia U-18 kembali tampil gemilang dengan berhasil mengalahkan Timor Leste dengan skor telak 4-0, Jumat (8/8) kemarin.

Hasil yang diterima Indonesia itu berbanding terbalik oleh Brunei yang dalam dua laga sebelumnya selalu menelan kekalahan. Brunei harus mengakui keunggulan Timor Leste (2-7) di laga perdana, dan di pertandingan kedua, tim dari Petro Dolar itu kalah tipis 0-1 atas Laos.

Meski demikian, dalam pertandingan yang bakal berlangsung di Stadion Go Dau, Binh Duong, Vietnam, Sabtu (10/8) sore ini, David Maulana dan kawan-kawan tidak ingin menganggap remeh Brunei. Sebaliknya, dipastikan skuat Merah Putih akan tetap memberika penampilan terbaiknya dalam laga tersebut.

"Pantang bagi kami untuk meremehkan calin lawan kami, itu bahaya. Faktanya Brunei bisa mencetak dua gol ke gawang Timor Leste. Mereka tim yang sudah mempersiapkan diri secara matang, bahkan lebih lama dari kami," tutur pelatih Timnas Indonesia U-18, Fakhri Husaini dalam keteranga tertulis yang diterima wartawan, Jumat (9/8) kemarin.

Fakhri menegaskan bahwa dirinya selalu menekankan kepada anak asuhnya terkait hal tersebut. Bahkan, Fakhri meminta kepada anak asuhnya untuk tetap menaruh respek kepada Brunei.

"Selalu saya katakan dan sampaikan kepada para pemain untuk terus menanamkan rasa respek dengan menghormati calon lawan. Siapapun lawan kami. Jangan minder ketika bertemu lawan kuat, jangan pula sombong ketika lawan dirasa lemah," jelas Fakhri.

Terkait persiapan tim, Fakhri menuturkan bahwa seluruh pemainnya dalam posisi siap bertanding. Akan tetapi, ia menegaskan bakal melakukan rotasi pemain dan mengubah pola permainan dalam menghadapi Brunei.

"Saya akan perhatikan kondisi terakhir pemain, setelah kemarin bermain agak keras melawan Timor Leste. Tapi saya sudah sampaikan kepada pemain, saya memiliki 23 pemain dan mereka harus siap untuk diturunkan maupun tidak diturunkan," tegas Fakhri menandaskan.

Pelajaran yang diberika Fakhri Husaini untuk tetap menaruh respek kepada setiap lawan yang akan dihdapinya ternyata tertanam di dalam benak anak asuhnya. Terbukti, salah satu pemain belakang Timnas Indonesia U-18, Rizky Ridho Ramadhani menngakui hal tersebut.

"Siapapun lawan kami, saya dan teman-teman tetap menaruh respek terhadap calon lawan. Kami akan terus bermain lebih baik dari sebelumnya," tutur Rizky.

Saat ini Indonesia berada di puncak klasemen Grup A Piala AFF U-18 2019 dengan raihan enam poin dari dua kemenangannya. Sedangkan, Brunei berada di urutan kelima diatas Filipina dengan tanpa poin dari dua laga.

Jelas pertandingan ini, sangat berarti bagi Indonesia yang memiliki asa lolos penyisihan dengan predikat sebagai jawara grup. Hal serupa juga pastinya diinginkan oleh Brunei, meski sudah tidak mungkin lolos sebagai juara grup.

Namun Brunei masih memiliki peluang lolos dengan predikat sebagai runner-up dengan catatan harus bisa mengalahkan Indonesia dan meraih kemenangan di dua laga sisa selanjutnya. Namun sebaliknya, peluang Brunei itu kemungkinan besar akan hilang jika dalam laga ini ia dikalahkan oleh Indonesia.

Oleh sebab itu, dua tim ini dipastikan bakal menyajikan pertandingan menarik dalam laga yang digelar di Stadion Go Dau, Binh Duong, Vietnam, Sabtu (10/8) pukul 16.00 WIB, sore ini. (gie/fin/zul/tgr)

Berita Sebelumnya

Dovizioso Jatuh, Marquez Teratas
Dovizioso Jatuh, Marquez Teratas

Berita Berikutnya

Jadwal Siaran Langsung Sepakbola
Jadwal Siaran Langsung Sepakbola

Berita Sejenis

Tatap Laga Pertama, Timna U16 Kian Optimis

Tatap Laga Pertama, Timna U16 Kian Optimis

Pelatih kepala skuat Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-16, Bima Sakti mengaku optimis, menatap perhelatan babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 Grup


Lawan Filipina, Timnas U16 Jangan sampai Bikin Malu

Lawan Filipina, Timnas U16 Jangan sampai Bikin Malu

Timnas Indonesia U-16 bersiap mengarungi babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 Grup G.


Suporter Timnas Indonesia Rusuh, Imam Nahrawi Minta Maaf

Suporter Timnas Indonesia Rusuh, Imam Nahrawi Minta Maaf

Kerusuhan suporter sempat mewarnai laga Indonesia versus Malaysia di di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Kamis (5/9) kemarin, berbuntut


Legenda Timnas Sebut Indonesia Lemah di Semua Lini

Legenda Timnas Sebut Indonesia Lemah di Semua Lini

Kekalahan Timnas Indonesia 2-3 saat menjamu Malaysia di laga perdana putaran kedua Grup G Piala Dunia 2019, Kamis (5/9) lalu masih menyisakan luka.


Hadapi Thailand, Timnas Harus Menang

Hadapi Thailand, Timnas Harus Menang

Kekalahan atas Malaysia 2-3 memang menyayat hati fanatisme timnas. Terlebih timbulnya insiden yang tak mengenakan di tribun penonton.


Sudah Kalah, Suporter Timnas Rusuh Lagi

Sudah Kalah, Suporter Timnas Rusuh Lagi

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia menelan kekalahan 2-3 di laga perdana putaran kedua Grup G Piala Dunia 2022 Zona Asia atas Malaysia.


17 Pemain Liverpool Perkuat Timnas Negaranya

17 Pemain Liverpool Perkuat Timnas Negaranya

17 anggota skuat tim utama Liverpool dipanggil untuk memperkuat negara mereka selama jeda internasional September ini.


Hak Siar Laga Timnas, PSSI Gandeng TV Berbayar

Hak Siar Laga Timnas, PSSI Gandeng TV Berbayar

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia senior bakal menjalani laga perdana putaran kedua babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup E zona Asia.


Hadapi Iran, Timnas U19 Tanpa Pemain Baru

Hadapi Iran, Timnas U19 Tanpa Pemain Baru

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-19 dipastikan melakoni dua laga uji coba menghadapi Iran U-19.


Suporter Red Star Belgrade, Gertak Fans Lawan dengan Tank

Suporter Red Star Belgrade, Gertak Fans Lawan dengan Tank

Ada-ada saja kelakuan supporter Red Star Belgrade. Senin (26/8) lalu, mereka membuat aksi kontroversial.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!