Sport
Share this on:

Lawan Persija, Teco dan Matos Siap Reuni

  • Lawan Persija, Teco dan Matos Siap Reuni
  • Lawan Persija, Teco dan Matos Siap Reuni

JAKARTA - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menggelar undian atau drawing babak delapan besar Piala Indonesia 2018. Dalam hasil undian itu dua pelatih asing yang musim ini tengah menangani tim barunya akan berhadapan atau menjalani reuni dengan klub sebelumnya.

Dalam hasil undian yang digelar di Hotel Century, Senayan, Jakarta, Senin (15/4) kemarin, Persija Jakarta akan berhadapan dengan Bali United yang musim ini ditangani oleh Stefano Cugurra Teco. Jelas pertandingan itu akan menjadi reuni bagi pelatih yang akrab disapa Teco itu, mengingat pada musim sebelumnya ia sempat menukangi Persija. Musim lalu, Teco sukses membawa Persija meraih gelar juara Piala Presiden dan Liga 1 Indonesia 2018.

CEO Macan Kemayoran Ferry Paulus memprediksi, laga ini akan berjalan sangat menarik. Apalagi ini untuk pertama kalinya Teco bakal menghadapi mantan timnya dalam turnamen resmi. "Kalau melihat Bali United yang sekarang ini, sangat berbeda dengan musim lalu," ungkap Ferry di Jakarta, Senin (15/4) kemarin. "Bisa dikatakan ini laga reuni sekaligus mempertemukan mantan pelatih Persija yang membawa juara yaitu, Teco," sambung Ferry.

Reuni tentu sangat dinantikan oleh banyak pihak. Selain, kenangan baik bersama Macan Kemayoran karena telah meraih treble winner musim lalu termasuk di antaranya juara Piala Presiden 2018 dan Liga 1 2018, Teco juga kabarnya masih memberikan dukungan kepada Ismed Sofyan dan kawan-kawan ketika tampil di Piala AFC 2019.

Hal serupa juga ada pada pertandingan antara Persib Bandung melawan Borneo FC. Memang, sekilas tak ada yang istimewa dalam pertemuan ini. Namun menariknya ada pada pelatih baru yang resmi ditunjuk manajemen tim Pesut Etam -julukan Borneo.

Pasalnya, pelatih baru Borneo FC pada musim ini adalah Mario Gomez. Pelatih asal Argentina yang musim lalu sukses membawa Persib meraih peringkat ke-4 Liga 1 Indonesia 2018. Gomez sendiri didatangkan Borneo untuk menggantikan Fabio Lopez yang sebelumnya memutuskan hengkang, lantaran kegagalan Borneo di ajang Piala Presiden 2019.

Dalam ajang itu, Borneo tak satupun meraih kemenangan dalam tiga laga babak penyisihan grup. Alhasil, Borneo FC gagal melaju ke babak 8 besar. Lantas, Gomez didaulat menjadi juru taktik anyar dan dikabarkan akan mulai memimpin latihan pada Rabu (17/4) besok.

"Mari kami perjelas teka-teki pelatih kepala Borneo FC. Selamat datang Mario Gomez. Semoga tahun ini kami juara," tulis pernyataan resmi Borneo FC, Senin (15/4) kemarin.

Selain kedua pertandingan itu, laga babak delapan besar lainnya juga tak kalah menarik. Seperti duel antaran Persebaya Surabaya menghadapi Madura United dan Bhayangkara FC melawan PSM Makassar. Untuk duel Persebaya menghadapi Madura, laga ini menjadi pertandingan ulangan babak semifinal Piala Presiden 2019 yang baru selesai beberapa waktu lalu.

Ketika itu, Madura United tersingkir setelah kalah agregat 4-2 oleh Persebaya dari dua leg pertandingannya. Namun, untuk laga ini Madura United dipastikan tidak akan mudah lagi untuk dikalahkan oleh tim berjuluk Bajul Ijo itu. Hal itu diungkapkan oleh Manajer Madura United, Haruna Soemitro.

Malah manajer tim berjuluk Laskar Sapeh Kerrab itu mengatakan bahwa pertemuan ini menjadi kesempatan untuk memperbaiki hasil yang buruk di pertandingan sebelumnya. "Ini remedial dalam ujian. Saya pikir, remedial di pertemuan ketiga dan keempat pada tahun 2019 ini tidak boleh gagal lagi. Seandainya gagal lagi, kebangetan namanya," tutur Haruna Soemitro kepada wartawan di Jakarta, Senin (15/4) kemarin.

Lebih lanjut, Haruna mengaskan timnya haram jika kembali menelan kekalahan dari runner up Piala Presiden 2019 tersebut. "Saya sudah katakan, tahun ini akan ada tiga trofi yang diperebutkan diantaranya, Piala Indonesia, Piala Presiden dan Liga 1. Satu sudah lewat (piala Presiden), jadi dua lagi, dan itu tidak boleh terlewatkan. Itu-lah target manajemen, karena hadiahnya adalah tampil di kompetisi Asia," jelas Haruna.

Untuk diketahui, format laa perempatfinal Piala Indonesia 2018 dipastikan akan memakai sistem kandang dan tandang. PSSI menjelaskan bahwa babak delapan besar akan digelar mulai 23 April. Ini merupakan pengundian terakhir di Piala Indonesia 2018. Sebab, PSSI tidak akan lagi melakukan pengundian lawan untuk semifinal dan final.

Dengan demikian, hasil drawing babak delapan besar Piala Indonesia 2018 juga menentukan bagan pertandingan hingga final. Nantinya, laga semifinal akan diselenggarakan pada 15 Juni 2019, adapun final berformat kandang-tandang dijadwalkan 30 Juni dan 7 Juli.

"Inilah delapan terbaik yang ada di Piala Indonesia 2018. Babak ini bukan hal yang biasa karena yang terbaik akan menjadi wakil Indonesia di Piala AFC 2020, mendatang," ungkap Sekjen PSSI, Ratu Tisha.

Terkait jadwal pertandingan Tisha mengaku bahwa pihaknya akan segera mengumumkan pada Selasa (16/4) hari ini. Ia mengaku, sedang menyusun jadwal yang tidka mengganggu Persija dan PSM yang sedang mejalani kompetisi di Piala AFC 2019.

"Paling lambat kepastian jadwal babak 8 besar akan diumumkan besok (hari ini, Selasa, 16/4). Jadi, malam ini kami akan formulasikan jadwal dengan Persija dan PSM terkait jadwal mereka bermain di Piala AFC," tegasnya.

"Namun, untuk PSM ada kemungkinan akan bermain di Piala Indonesia pada 23 April. Sedangkan Persija, kami akan lihat terlebih dahulu dan kita juga terus lakukan komunikasi dengan mereka," sambungnya. (gie/fin/zul/wsa)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Kerangka Tim Garuda Pertiwi Mulai Terbentuk

Kerangka Tim Garuda Pertiwi Mulai Terbentuk

Rully Nere menyebutkan kerangka tim Garuda Pertiwi mulai terbentuk seiring perkembangan dalam latihan dan uji coba yang dilakukan.


Indonesia Waspadai Tunggal dan Ganda Putra Taiwan

Indonesia Waspadai Tunggal dan Ganda Putra Taiwan

Tim Bulu Tangkis Indonesia, Jumat (24/5) hari ini, akan menghadapi Taiwan di perepamtfinal Piala Sudirman 2019.


Peraih Emas Olimpiade Dijanjikan Bonus Rp7,5 Miliar

Peraih Emas Olimpiade Dijanjikan Bonus Rp7,5 Miliar

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menegaskan pemerintah siap mengguyur peraih emas Olimpiade 2020 Tokyo bonus Rp7,5 miliar.


Disanksi Komdis PSS Tenang, Arema Banding

Disanksi Komdis PSS Tenang, Arema Banding

Komite disiplin Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Komdis PSSI) akhirnya menjatuhkan sanksi kepada PSS Sleman dan Arema FC.


Ducati Siap Curi Podium

Ducati Siap Curi Podium

Di seri MotoGP Prancis merek Philip Morris 'Mission Winnow' akan digantikan oleh logo pengendara Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci.


Pebalap Muda Mulai Ancam Dominasi Elite MotoGP

Pebalap Muda Mulai Ancam Dominasi Elite MotoGP

Gelaran MotoGP 2019 dipenuhi wajah muda. Talentanya pun luar biasa dan mengejutkan para seniornya.


Tak Digaji Lima Bulan, Karyawan KONI Curhat ke Kemenpora

Tak Digaji Lima Bulan, Karyawan KONI Curhat ke Kemenpora

Puluhan karyawan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) menyambangi kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Senin (13/5) kemarin.


BOPI Beri Lima Rekomendasi untuk Penyelenggaraan Liga 1

BOPI Beri Lima Rekomendasi untuk Penyelenggaraan Liga 1

Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) menggelar pertemuan dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB), dua perwakilan klub, dan Asosisasi Pesepak Bola Indonesia (


Tunggal Putra Siap Tampil Mati-matian

Tunggal Putra Siap Tampil Mati-matian

Tiga pemain tunggal putra Indonesia siap tampil habis-habisan pada Piala Sudirman di Nanning China 19-26 Mei mendatang.


Ni Ketut Siap All Out di Piala Sudirman

Ni Ketut Siap All Out di Piala Sudirman

PBSI sudah menentukan 20 pebulutangkis terbaik yang akan diturunkan pada ajang Piala Sudirman 2019.



Berita Hari Ini

Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!