Sport
Share this on:

Lawan Timor Leste, Timnas U18 Harus Sabar

  • Lawan Timor Leste, Timnas U18 Harus Sabar
  • Lawan Timor Leste, Timnas U18 Harus Sabar

HO CHI MIN - Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-18 bakal melakoni laga kedua babak penyisihan Grup A Piala AFF U-18. Kali ini lawan yang aka dihadapi pasukan Garuda Muda itu adalah Timor Leste.

Namun, tidak hanya Timor Leste, dalam ajang sepak bola paling bergengsi di Asia Tenggara untuk usia dibawah 18 tahun itu, skuat asuhan Fakhri Husaini juga dihadapkan dengan kondisi cuaca di Vietnam yang tak menentu.

Oleh sebab itu, Bagus Kahfi dan kawan-kawan dituntut untuk bisa beradaptasi dengan kondisi cuaca yang tidak menentu saat mengikuti turnamen Piala AFF U-18 2019. "Ini baru pertama kali kami rasakan dari sepanjang persiapan tim, kami main di tengah hujan seperti kemarin, begitu pula saat latihan hari ini," ungkap pelatih Timnas Indonesia U-18, Fakhri Husaini seperti dikutip Fajar Indonesia Network (FIN) dari situs resmi PSSI, Rabu (7/8) kemarin.

Meski dalam persiapan tim kondisi cuaca seperti ini belum pernah dirasakan oleh anak asuhnya, namun Fakhri yakni dan percaya pemain bisa cepat beradaptasi. "Memang itu sedikit mempengaruhi cara mereka bermain, kecepatan bola dan juga lainnya. Tapi saya percaya dengan mereka, kecepatan adaptasi mereka dengan cuaca seperti ini, cukup baik," tutur Fakhri.

Selain itu, untuk persiapan tim menghadapi Timor Leste di Stadion Binh Duong, Vietnam, Kamis (8/8) hari ini, Fakhri menuturkan bahwa pihaknya melakuka evaluasi dan pemulihan fisik pemain. Pemulihan fisik pemain itu dikhususkan bagi para pemain yang bermain pada laga menghadapi Filipina, Selasa (6/8) kemarin.

"Saya membagi tim menjadi dua, para pemain yang bermain dari awal hingga digantikan, menjalani latihan pemulihan fisik berupa berenang di fasilitas hotel kami dengan beberapa aktifitas lain yang menyenangkan. Sementara satu tim lain kami berikan materi latihan seperti biasa. Kami mempertajam pertahanan, kerjasama tim, dan lainnya," jelasnya.

Fakhri juga menuturkan bahwa dirinya sangat antusias untuk menghadapi pemain dari negara pecahan Indonesia tersebut. Menurutnya, Timor Leste merupaka salah satu tim yang menjadi perhatiannya di Grup A ini. Apalagi, di alga perdana Timor Leste mampu membungkam Brunei Darussalam dengan skor telak 7-2. Selisih satu angka denga Indonesia yang membungkam Filipina dengan skor 7-1.

"Kami dan Timor Leste bermain baik di laga perdana, saya melihat mereka memainkan bola-bola direct langsung ke depan dan itu membuat lelah Brunei yang sempat menahan mereka di beberapa menit babak awal," jelasnya.

Meski menjadi perhatian baginya, namun Fakhri mengaku tidak memiliki strategi khusus untuk menghadapi Timor Leste. Yang terpenting bagianya adalah anak asuhnya bisa tampil fokus di sepanjang pertandigan.

"Melawan mereka, kami akan tetap bermain seperti biasa, yang penting para pemain harus tetap fokus disepanjang pertandingan. Kami sudah beberapa kali juga bertemu dengan Timor Leste di pertandingan," tuntasnya.

Untuk diketahui, kini Indonesia U-18 berhasil bertengger di posisi pertama klasemen Grup A dengan raihan 3 poin. Diikuti Timor Leste dan Myanmar yang berada di tempat kedua dan ketiga yang meraih poin sama namun beda selisih gol.

Jika mampu mengalahkan Timor Leste, skuat Garuda Muda dipastikan akan tetap menempati puncak klasemen sementara Grup A. Sedangkan, Laos, Brunei dan Filipina menempati urutan keempat sampai keenam dengan tanpa poin.

Setelah menghadapi Timor Leste, Indonesia akan bertemu dengan Brunei (10/8), Laos (12/8), dan terakhir Myanmar (14/8). (gie/zul/fin/wsa)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Lawan Tiongkok, Timnas U23 Disambut Cuaca Dingin

Lawan Tiongkok, Timnas U23 Disambut Cuaca Dingin

Tim Tirai Bambu (sebutan Cina) menjadi lawan pertama Timnas U-23 Indonesia di laga pembuka CFA Team China Chongqing Gorges Bank Cup International Football Tourn


Cuaca Ekstrim Sambut Timnas di Dubai

Cuaca Ekstrim Sambut Timnas di Dubai

Cuaca ekstrim menyambut kedatangan Tim Nasional Indonesia di Dubai, Kamis (3/10) pagi.


Timnas ke Dubai Lebih Awal

Timnas ke Dubai Lebih Awal

Timnas berangkat menuju Kota Dubai lebih awal, tadi malam, untuk bersiap jelang laga kualifikasi melawan Uni Emirat Arab di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 202


Timnas U23 Harus Juara Sea Games

Timnas U23 Harus Juara Sea Games

Indra Sjafri telah memanggil 30 pemain untuk menjalani training camp (TC) Timnas U23 di Bogor, Selasa (1/10).


Tira-Kabo Tertahan Lagi di Kandang

Tira-Kabo Tertahan Lagi di Kandang

Tira-Kabo kembali harus puas bermain imbang, meski menjalani laga kandang menghadapi tim juru kunci Semen Padang, Jumat (27/9) kemarin..


Sayang, Fajar/Rian Harus Ketemu Kevin/Marcus Lagi

Sayang, Fajar/Rian Harus Ketemu Kevin/Marcus Lagi

Meski duel hari ini masih mempertandingkan babak perempatfinal, namun sektor ganda putra Indonesia sudah memastikan satu tiket semifinal Korea Open 2019.


Timnas U23 Daftarkan 40 Pemain untuk Sea Games

Timnas U23 Daftarkan 40 Pemain untuk Sea Games

ersatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) telah mendaftarkan 40 pemain untuk perhelatan SEA Games 2019 di Filipina, November mendatang.


Setelah Timnas U16, Giliran U19 Berjuang

Setelah Timnas U16, Giliran U19 Berjuang


Timnas U16 Waspadai Kecepatan Pemain Cina

Timnas U16 Waspadai Kecepatan Pemain Cina

Indonesia kembali tampil perkasa dan menang besar di babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 Grup G. Kali ini yang menjadi korban keganasan skuat Garuda Asia adal


Timnas U16 Akan Teruskan Rotasi

Timnas U16 Akan Teruskan Rotasi

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-16 tampil perkasa di laga kedua Grup G Kualifikasi Piala AFC U-16 2020.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!