Sport
Share this on:

Lee Chong Wei Akhirnya Pilih Pensiun

  • Lee Chong Wei Akhirnya Pilih Pensiun
  • Lee Chong Wei Akhirnya Pilih Pensiun

KUALA LUMPUR - Lee Chong Wei akhirnya menyerah. Pebulutangkis nomor satu Malaysia itu akhirnya resmi mengumumkan mundur dari dunia bulutangkis yang telah membesarkan namanya, Kamis (13/6/19) kemarin. Kepastian itu diumumkan oleh Lee Chong Wei melalui konferensi pers di laman Facebook Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM).

Pengunduran diri Chong Wei ini tak lepas dari sakit kanker hidung yang dia idap selama setahun terakhir. Dia didiagnosis kanker hidung pada Juli 2018 lalu. Sejatinya, Chong Wei sudah menjalani pemeriksaan rutin sejak Juli tahun lalu. Bahkan, dia juga melakukan serangkaian pengobatan di Taiwan pada September.

Sayang, penyakitnya tak kunjung sembuh. Penderitaan yang dialami Chong Wei pun masih berlanjut sampai pengobatannya selesai. Ia harus melalui 33 sesi terapi proton yang sempat membuatnya merasa tidak nyaman.

Dilansir dari situs Nst, dokter menyarankan Chong Wei untuk banyak beristirahat dan menghindari aktivitas yang dapat menimbulkan stres agar penyakit kanker hidungnya tidak kambuh lagi. Dengan alasan itulah, Chong Wei kemudian memutuskan untuk pensiun.

Memulai karier bulutangkis sejak 2003, Lee Chong Wei selalu menempati ranking teratas Dalam pengumumannya, Lee Chong Wei didampingi oleh Menpora Malaysia, Syed Saddiq Abdul Rahmad dan Presiden BAM, Datuk Seri Norza Zakaria menyatakan, faktor kesehatan jadi salah satu alasan Lee Chong Wei pensiun.

"Saya berada di sini untuk mengumumkan pensiun setelah berada cukup lama di BAM, selama 19 tahun. Ini keputusan yang sulit. Saya membuat keputusan ini setelah menjalani observasi terakhir di Jepang," kata Chong Wei dalam konferensi pers tersebut.

Sejumlah nama disebut-sebut tengah dipersiapkan untuk menggantikan peran Chong Wei. Misalnya Ng Tze Yong, Lim Chong King, dan Aidil Sholeh Ali Sadikin. Ketiga pemain ini diyakini bakal menjadi pemain hebat.

Hal ini juga diyakini direktur kepelatihan BAM Wong Choong Hann. Ketiganya kini sudah ikut berlatih dengan tim senior sejak enam bulan terakhir sejak dipromosikan.

"Chong King, Aidil, dan Tze Yong telah menunjukan prospek yang sangat baik dalam latihan. Mereka memiliki keinginan yang kuat untuk meningkatkan kemampuannya, dan bersedia untuk bekerja keras," kata Wong Choong Hann di situs berita olahraga asal Malaysia, Bernama.com.

Terhadap ketiga pemain ini, Wong Choong berencana melepas mereka untuk terjun ke dalam enam atau delapan turnamensatelit hingga paruh kedua tahun ini. Sebelumnya, dua dari tiga nama tersebut sudah pernah merasakan kompetisi pada level junior yaitu Ng Tze Yongdan Aidil Sholeh Ali Sadikin. Hasil terbaik, keduanya sukses menembus perempatfinal Kejuaraan Dunia Junior 2018 di Kanada.

"Mereka akan bermain dalam turnamen Challenge Internasional atau turnamen Seri Internasional, dan kami ingin melihat bagaimana perkembangan mereka," ujar Wong. (wsa/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Toronto Raptors Luar Biasa
Toronto Raptors Luar Biasa

Berita Sejenis

Johann Zarco Pilih Mundur

Johann Zarco Pilih Mundur

Johann Zarco memilih mengundurkan diri dari MotoGP 2019 disaat race masih tersisa enam balapan lagi, Kamis (19/9) kemarin.


Audisi PB Djarum Berubah Nama

Audisi PB Djarum Berubah Nama

PB Djarum akhirnya merubahanama audisi yang semula Audisi Umum Beasiswa PB Djarum 2019 menjadi Audisi Umum Beasiswa Bulutangkis.


Leclerc Podium, Akhirnya Ferrari Pesta di Rumahnya Sendiri

Leclerc Podium, Akhirnya Ferrari Pesta di Rumahnya Sendiri

Tifosi Ferrari akhirnya kembali berpesta di rumah sendiri. Mereka menyemut di area grid start Sirkuit Monza.


Napoli Segel Llorente dari Spurs

Napoli Segel Llorente dari Spurs

Masa depan Fernando Llorente akhirnya terjawab. Napoli akhirnya berhasil mendatangkan pemain eks Juventus itu dari Tottenham Hotspur.


Tahun Depan, MotoGP Tambah Dua Seri

Tahun Depan, MotoGP Tambah Dua Seri

Seri Thailand dan Finlandia akhirnya menambah jumlah balapan dalam gelaran MotoGP 2020. Otomatis, jumlah seri balapan musim depan menjadi 20 laga.


PON 2020 Akan Digelar di Tiga Daerah

PON 2020 Akan Digelar di Tiga Daerah

Setelah mendapatkan kendala yang begitu berat, akhirnya penyelenggaraan Pekan Olahragan Nasional (PON) dan Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) 2020 melibatkan


Presiden Warning Penyelenggara PON, Peparnas Digeser ke Jakarta

Presiden Warning Penyelenggara PON, Peparnas Digeser ke Jakarta

Presiden Joko Widodo akhirnya merespon gelagat tidak beres terkait rencana pelaksanan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua tahun 2020.


Tahun Depan, Alonso Ikut Reli Dakar

Tahun Depan, Alonso Ikut Reli Dakar

Mimpi Fernando Alonso mengarungi debut barunya bersama Reli Dakar akhirnya kesampaian.


Silverstone, Asa De Javu Lorenzo

Silverstone, Asa De Javu Lorenzo

Setelah absen empat balapan, Jorge Lorenzo akhirnya mengonfirmasi kembali mengaspal di MotoGP Seri Inggris, akhir pekan ini.


Russell Resmi Milik Golden State Warriors

Russell Resmi Milik Golden State Warriors

Akhirnya, point guard All-Star DAngelo Russell resmi menandatangani kontrak maksimum empat tahun senilai 117 juta dolar bersama Golden State Warriors musim ini.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!