Sport
Share this on:

Lee Chong Wei Akhirnya Pilih Pensiun

  • Lee Chong Wei Akhirnya Pilih Pensiun
  • Lee Chong Wei Akhirnya Pilih Pensiun

KUALA LUMPUR - Lee Chong Wei akhirnya menyerah. Pebulutangkis nomor satu Malaysia itu akhirnya resmi mengumumkan mundur dari dunia bulutangkis yang telah membesarkan namanya, Kamis (13/6/19) kemarin. Kepastian itu diumumkan oleh Lee Chong Wei melalui konferensi pers di laman Facebook Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM).

Pengunduran diri Chong Wei ini tak lepas dari sakit kanker hidung yang dia idap selama setahun terakhir. Dia didiagnosis kanker hidung pada Juli 2018 lalu. Sejatinya, Chong Wei sudah menjalani pemeriksaan rutin sejak Juli tahun lalu. Bahkan, dia juga melakukan serangkaian pengobatan di Taiwan pada September.

Sayang, penyakitnya tak kunjung sembuh. Penderitaan yang dialami Chong Wei pun masih berlanjut sampai pengobatannya selesai. Ia harus melalui 33 sesi terapi proton yang sempat membuatnya merasa tidak nyaman.

Dilansir dari situs Nst, dokter menyarankan Chong Wei untuk banyak beristirahat dan menghindari aktivitas yang dapat menimbulkan stres agar penyakit kanker hidungnya tidak kambuh lagi. Dengan alasan itulah, Chong Wei kemudian memutuskan untuk pensiun.

Memulai karier bulutangkis sejak 2003, Lee Chong Wei selalu menempati ranking teratas Dalam pengumumannya, Lee Chong Wei didampingi oleh Menpora Malaysia, Syed Saddiq Abdul Rahmad dan Presiden BAM, Datuk Seri Norza Zakaria menyatakan, faktor kesehatan jadi salah satu alasan Lee Chong Wei pensiun.

"Saya berada di sini untuk mengumumkan pensiun setelah berada cukup lama di BAM, selama 19 tahun. Ini keputusan yang sulit. Saya membuat keputusan ini setelah menjalani observasi terakhir di Jepang," kata Chong Wei dalam konferensi pers tersebut.

Sejumlah nama disebut-sebut tengah dipersiapkan untuk menggantikan peran Chong Wei. Misalnya Ng Tze Yong, Lim Chong King, dan Aidil Sholeh Ali Sadikin. Ketiga pemain ini diyakini bakal menjadi pemain hebat.

Hal ini juga diyakini direktur kepelatihan BAM Wong Choong Hann. Ketiganya kini sudah ikut berlatih dengan tim senior sejak enam bulan terakhir sejak dipromosikan.

"Chong King, Aidil, dan Tze Yong telah menunjukan prospek yang sangat baik dalam latihan. Mereka memiliki keinginan yang kuat untuk meningkatkan kemampuannya, dan bersedia untuk bekerja keras," kata Wong Choong Hann di situs berita olahraga asal Malaysia, Bernama.com.

Terhadap ketiga pemain ini, Wong Choong berencana melepas mereka untuk terjun ke dalam enam atau delapan turnamensatelit hingga paruh kedua tahun ini. Sebelumnya, dua dari tiga nama tersebut sudah pernah merasakan kompetisi pada level junior yaitu Ng Tze Yongdan Aidil Sholeh Ali Sadikin. Hasil terbaik, keduanya sukses menembus perempatfinal Kejuaraan Dunia Junior 2018 di Kanada.

"Mereka akan bermain dalam turnamen Challenge Internasional atau turnamen Seri Internasional, dan kami ingin melihat bagaimana perkembangan mereka," ujar Wong. (wsa/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Toronto Raptors Luar Biasa
Toronto Raptors Luar Biasa

Berita Sejenis

Akhirnya Mampu Lalui Reli Panjang

Akhirnya Mampu Lalui Reli Panjang

Pasangan ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan melaju ke babak dua turnamen bulu tangkis Blibli Indonesia Open 2019.


Persela Akhirnya Menang Juga

Persela Akhirnya Menang Juga

Persela Lamongan mengakhiri 'mimpi buruk' tanpa kemenangan setelah mengalahkan Kalteng Putra 3-0, kemarin..


Persebaya Mulai Temukan Jati Dirinya

Persebaya Mulai Temukan Jati Dirinya

Misi Persebaya Surabaya memburu hat-trick kemenangan di Liga 1 akhirnya terwujud.


Persebaya surabaya Akhirnya Menang Juga di Kandangnya

Persebaya surabaya Akhirnya Menang Juga di Kandangnya

Persebaya Surabaya meraih kemenangan perdana dalam laga lanjutan Liga 1 Indonesia 2019, Senin (1/7) kemarin.


Honda Akui Lorenzo Bersalah

Honda Akui Lorenzo Bersalah

Kubu Honda akhirnya mengakui kesalahan pembalapnya di MotoGP Catalunya.


Ditinggal Chong Wei Pensiun, Hendrawan Bertahan

Ditinggal Chong Wei Pensiun, Hendrawan Bertahan

Setelah kehilangan bintang tunggal putra yang pensiun, Lee Chong Wei, pelatnas bulu tangkis mereka terancam kehilangan satu personel penting lagi.


Akhirnya, Jadwal Liga 2 Dirilis

Akhirnya, Jadwal Liga 2 Dirilis

Jadwal Liga 2 telah dirilis PT Liga Indonesia Baru (LIB), setelah sebelumnya menuai banyak kritikan dari kontestan.


Juara Lagi, Hamilton Raih Kemenangan ke-77

Juara Lagi, Hamilton Raih Kemenangan ke-77

Grand Prix (GP) Monaco akhirnya dimenangkan pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, Minggu (26/5) kemarin.


Disanksi Komdis PSS Tenang, Arema Banding

Disanksi Komdis PSS Tenang, Arema Banding

Komite disiplin Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Komdis PSSI) akhirnya menjatuhkan sanksi kepada PSS Sleman dan Arema FC.


Zandvoort Masuk Kalender F1 Musim Depan

Zandvoort Masuk Kalender F1 Musim Depan

Setelah tertidur selama 35 tahun, Sirkuit Zandvoort di Belanda akhirnya kembali akan menggelar balap Formula 1 selama tiga musim mulai 2020 mendatang.



Berita Hari Ini

Video

Populer

Digital Interaktif. GRATIS

Edisi 1 Januari 1970

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!