Sport
Share this on:

Legenda Formula 1 Niki Lauda Tutup Usia

  • Legenda Formula 1 Niki Lauda Tutup Usia
  • Legenda Formula 1 Niki Lauda Tutup Usia

WINA - Legenda Formula 1 yang juga juara dunia tiga kali Satu Niki Lauda asal Austria meninggal dunia setelah menjalani operasi paru-paru. Berita meninggalnya Niki Lauda di usia 70 tahun ini diumumkan McLaren, mantan tim yang pernah dibelanya, Selasa (21/5).

"Segenap anggota tim McLaren menyampaikan duka cita mendalam atas kepergian rekan, kolega dan juara dunia Formula Satu 1984, Niki Lauda. Niki akan selalu di hati kami dan memperkaya perjalanan sejarah kami," demikian tulis McLaren di akun Twitternya seperti dikutip Reuters.

Menurut media Austria, Niki Lauda dirawat di rumah sakit pada Januari lalu karena hari karena menderita sakit paru-paru dan influenza. Sempat dirawat selama 10 hari di sana, Lauda dikabarkan meninggal pada Senin (20/5) di tengah keluarga yang mendampingi.

"Prestasinya yang unik sebagai atlet, sekaligus sebagai pengusaha akan selalu dikenang. Usaha yang pantang menyerah, sikap terus terang dan keberanian menjadi panutan bagi kami," demikian pernyataan yang dikeluarkan pihak keluarga.

"Ia adalah seorang suami penyayang dan penuh perhatian, seorang ayah dan kakek yang jauh dari perhatian publik, dan ia akan selalu dikenang," tambah pernyataan itu.

Lauda tampil sebagai juara dunia Formula 1 pada musim balap 1975, 1977 dan 1984 bersama Mercedes dan Ferrari.

Meninggalnya Niki Lauda ini spontan membuat sejumlah pihak merasa berduka. Juara dunia MotoGP dua kali, Casey Stoner mengenang Lauda di Twitter dengan mengucapkan "RIP Niki Lauda, ikon sejati dan legenda Motorsport."

Juara dunia Formula 1 2009, Jenson Button menilai Niki Lauda adalah seorang legenda hebat di dunia balap Formula 1. Seorang legenda telah meninggalkan kita", tulis Button di akun Twitternya.

Mengutip International Business Times, Niki Lauda pertama kali menjadi juara dunia pada 1975, empat tahun setelah bergabung dengan Ferrari. Dia selamat dari kecelakaan maut pada 1976 sampai banyak orang yang mengatakan itulah karir dia.

Tapi Lauda secara menakjubkan kembali ke arena balap setelah cuma absen pada dua balapan dan bahkan nyaris menjadi juara dunia setelah hanya satu poin di bawah musuh bebuyutannya yang akhirnya juara dunia, James Hunt.

Tahun berikutnya dia menjadi juara dunia kembali sebelum pindah ke tim Brabham pada 1978. Dia pensiun di tengah kualifikasi Grand Prix Kanada 1979 karena ingin berkonsentrasi pada bisnis penerbangannya di Austria.

Lauda kembali ke arena balap bersama McLaren pada 1983 dan dua musim kemudian menjadi juara dunia lagi untuk ketiga kalinya. Kali ini dia mengalahkan rekan satu timnya Alain Prost dengan selisih setengah poin. Pada 1985 dia akhirnya pensiun dari Formula 1. (wsa/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Naturalisasi Juara F4, Indonesia Berpeluang Tampil di F1 Lagi

Naturalisasi Juara F4, Indonesia Berpeluang Tampil di F1 Lagi

Setelah Rio Haryanto, Indonesia akan menambah para pembalap yang akan berkiprah di ajang jet darat, Formula One (F1).


Bukan Hentikan Audisi, Tapi Hapus Logo Djarum

Bukan Hentikan Audisi, Tapi Hapus Logo Djarum

Djarum Foundation memutuskan menghentikan program pembinaan atlet bulutangkis usia muda.


Ahsan/Hendra Belum Kepikiran Gantung Raket

Ahsan/Hendra Belum Kepikiran Gantung Raket

Usia Mohamad Ahsan dan Hendra setiawan memang tidak muda lagi, untuk ukuran persaingan elit bulutangkis dunia saat ini.


Legenda Timnas Sebut Indonesia Lemah di Semua Lini

Legenda Timnas Sebut Indonesia Lemah di Semua Lini

Kekalahan Timnas Indonesia 2-3 saat menjamu Malaysia di laga perdana putaran kedua Grup G Piala Dunia 2019, Kamis (5/9) lalu masih menyisakan luka.


Anak Emas Renault Tewas

Anak Emas Renault Tewas

Pebalap Prancis Anthoine Hubert tewas setelah mengalami kecelakaan di balapan Formula 2 GP Belgia di Sirkuit Spa Francorchamps, kemarin.


Kapan Ferrari Angkat Tropi Lagi?

Kapan Ferrari Angkat Tropi Lagi?

Dua belas seri berlalu, namun Ferrari belum pernah mengangkat trofi juara hingga balapan Formula 1 mengambil jeda musim panas setelah GP Hungaria pada awal bula


Mesin Ferrari Harus Tambah Tenaga

Mesin Ferrari Harus Tambah Tenaga

Jeda musim Formula 1 2019 menjadi momentum penting buat para tim untuk mengevalusi kinerja mobil mereka. Salah satu yang paling bersemangat adalah Ferrari.


Kemenangan Kontroversial Verstappen

Kemenangan Kontroversial Verstappen

Aston Martin Red Bull Racing Honda membuat sensasi di Formula 1 GP Austria 2019, Minggu (30/6).


Performa Mercedes di Austria Kian Mantap

Performa Mercedes di Austria Kian Mantap

Pembalap Mercedes Lewis Hamilton mengungguli pembalap Ferrai Sebastian Vettel saat FP Formula 1 GP Austria, kemarin..


Dipinalti 12 Poin, Raghunathan Harus Absen di GP Austria

Dipinalti 12 Poin, Raghunathan Harus Absen di GP Austria

Pembalap rookie MP Motorsport, Mahaveer Raghunathan harus menjadi pesakitan pada musim debutnya di balapan Formula 2.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!