Sport
Share this on:

Legenda Formula 1 Niki Lauda Tutup Usia

  • Legenda Formula 1 Niki Lauda Tutup Usia
  • Legenda Formula 1 Niki Lauda Tutup Usia

WINA - Legenda Formula 1 yang juga juara dunia tiga kali Satu Niki Lauda asal Austria meninggal dunia setelah menjalani operasi paru-paru. Berita meninggalnya Niki Lauda di usia 70 tahun ini diumumkan McLaren, mantan tim yang pernah dibelanya, Selasa (21/5).

"Segenap anggota tim McLaren menyampaikan duka cita mendalam atas kepergian rekan, kolega dan juara dunia Formula Satu 1984, Niki Lauda. Niki akan selalu di hati kami dan memperkaya perjalanan sejarah kami," demikian tulis McLaren di akun Twitternya seperti dikutip Reuters.

Menurut media Austria, Niki Lauda dirawat di rumah sakit pada Januari lalu karena hari karena menderita sakit paru-paru dan influenza. Sempat dirawat selama 10 hari di sana, Lauda dikabarkan meninggal pada Senin (20/5) di tengah keluarga yang mendampingi.

"Prestasinya yang unik sebagai atlet, sekaligus sebagai pengusaha akan selalu dikenang. Usaha yang pantang menyerah, sikap terus terang dan keberanian menjadi panutan bagi kami," demikian pernyataan yang dikeluarkan pihak keluarga.

"Ia adalah seorang suami penyayang dan penuh perhatian, seorang ayah dan kakek yang jauh dari perhatian publik, dan ia akan selalu dikenang," tambah pernyataan itu.

Lauda tampil sebagai juara dunia Formula 1 pada musim balap 1975, 1977 dan 1984 bersama Mercedes dan Ferrari.

Meninggalnya Niki Lauda ini spontan membuat sejumlah pihak merasa berduka. Juara dunia MotoGP dua kali, Casey Stoner mengenang Lauda di Twitter dengan mengucapkan "RIP Niki Lauda, ikon sejati dan legenda Motorsport."

Juara dunia Formula 1 2009, Jenson Button menilai Niki Lauda adalah seorang legenda hebat di dunia balap Formula 1. Seorang legenda telah meninggalkan kita", tulis Button di akun Twitternya.

Mengutip International Business Times, Niki Lauda pertama kali menjadi juara dunia pada 1975, empat tahun setelah bergabung dengan Ferrari. Dia selamat dari kecelakaan maut pada 1976 sampai banyak orang yang mengatakan itulah karir dia.

Tapi Lauda secara menakjubkan kembali ke arena balap setelah cuma absen pada dua balapan dan bahkan nyaris menjadi juara dunia setelah hanya satu poin di bawah musuh bebuyutannya yang akhirnya juara dunia, James Hunt.

Tahun berikutnya dia menjadi juara dunia kembali sebelum pindah ke tim Brabham pada 1978. Dia pensiun di tengah kualifikasi Grand Prix Kanada 1979 karena ingin berkonsentrasi pada bisnis penerbangannya di Austria.

Lauda kembali ke arena balap bersama McLaren pada 1983 dan dua musim kemudian menjadi juara dunia lagi untuk ketiga kalinya. Kali ini dia mengalahkan rekan satu timnya Alain Prost dengan selisih setengah poin. Pada 1985 dia akhirnya pensiun dari Formula 1. (wsa/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Tiga Pilar Persija Jakarta Dipanggil Timnas U-19

Tiga Pilar Persija Jakarta Dipanggil Timnas U-19

Persija Jakarta lagi-lagi menjadi salah satu tim yang terus menyumbangkan pemainnya untuk memperkuat Timnas Indonesia di berbagai usia.


Regulasi Baru F1, Tiga Tim Besar Terganggu

Regulasi Baru F1, Tiga Tim Besar Terganggu

Dominasi tiga tim teratas Formula 1, Mercedes, Ferrari, dan Red Bull bakal sedikit terganggu pada musim 2021 mendatang.


Torehan Buruk, Rudy Semprot PBSI

Torehan Buruk, Rudy Semprot PBSI

Setelah gagal melangkah ke final Piala Sudirman 2019, legenda bulu tangkis Rudy Hartono mengkritik habis-habisan para pemain.


Zandvoort Masuk Kalender F1 Musim Depan

Zandvoort Masuk Kalender F1 Musim Depan

Setelah tertidur selama 35 tahun, Sirkuit Zandvoort di Belanda akhirnya kembali akan menggelar balap Formula 1 selama tiga musim mulai 2020 mendatang.


Mercedes Menang Lagi, Giliran Bottas Asapi Hamilton

Mercedes Menang Lagi, Giliran Bottas Asapi Hamilton

Valtteri Bottas keluar sebagai juara seri keempat Formula 1, GP Azerbaijan di Sirkuit Jalan Raya, Baku, Azerbaijan, Minggu (28/4).


Gara-gara Tutup Drainase, FP1 GP Azerbaijan Dihentikan

Gara-gara Tutup Drainase, FP1 GP Azerbaijan Dihentikan

Sesi latihan bebas Free Practice (FP1) balapan GP Azerbaijan terpaksa dihentikan.


Leclerc Tercepat di Latihan Bebas 1 GP Bahrain

Leclerc Tercepat di Latihan Bebas 1 GP Bahrain

Pembalap baru Ferrari Charles Leclerc mencatatkan waktu tercepat pada sesi latihan bebas pertama (FP1) Formula 1 GP Bahrain di Sirkuit Sakhir, Jumat (29/3).


Rio Haryanto Kembali ke Lintasan Balap

Rio Haryanto Kembali ke Lintasan Balap

Setelah dua tahun absen di lintasan balap, akhirnya mantan pembalap Formula 1 (F1) asal Indonesia, Rio Haryanto dipastikan akan kembali membalap.


Rebut Pole, Hamilton Berpeluang Juarai GP Australia

Rebut Pole, Hamilton Berpeluang Juarai GP Australia

Juara dunia Formula 1 Lewis Hamilton merebut pole position di GP Australia, Sabtu (16/3).


Mercedes Dominasi Latihan Bebas di Melbourne

Mercedes Dominasi Latihan Bebas di Melbourne

Pembalap Mercedes Lewis Hamilton mendominasi sesi latihan bebas (FP) di seri pembuka Formula 1 di Sirkuit Melbourne Grand Prix, Melbourne, Jumat (15/3).



Video

Populer

Digital Interaktif. GRATIS

Edisi 1 Januari 1970

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!