Sport
Share this on:

LIB Wajib Lunasi Utang Musim Ini

  • LIB Wajib Lunasi Utang Musim Ini
  • LIB Wajib Lunasi Utang Musim Ini

**JAKARTA ** - Sponsor utama untuk Liga 1 sudah didapatkan oleh PT LIB. Salah satu perusahaan e-commerce digandeng untuk membiayai seluruh operasional kompetisi musim ini. Sisanya akan digunakan untuk membayar hutang LIB yang masih menunggak musim lalu.

Ya, LIB memang masih punya hutang kepada 18 klub Liga 1 musim lalu. Hutang yang rata-rata senilai Rp2,5 Miliar. Yang merupakan uang subsidi khusus untuk program elite pro-academy yang dijalankan oleh klub-klub musim lalu.

Hal tersebut dibenarkan oleh Direktur Utama Sementara LIB Dirk Soplanit. Dia menganggal hutang seperti itu sangat wajar dalam pengelolaan sebuah korporasi. Termasuk LIB yang jadi operator kompetisi.

Tapi, meski begitu dia sudah menyampaikan kepada para pemegang saham, yaitu 18 klub kalau tunggakan itu akan diselesaikan. "Kami sudah sampaikan kemungkinan-kemungkinan penyelesaikan hutang dengan sumber-sumber revenue yang diperoleh LIB. Semua sudah sepakat kok untuk sama-sama jalan ke depan," bebernya.

Lantas, kapan pastinya hutang tersebut akan lunas? Dirk menegaskan paling tidak sepanjang kompetisi musim ini hal tersebut akan perlahan diselesaikan. Ada periode-periodenya, tapi dia enggan untuk menjelaskan secara detail. "Tapi perlu ditegaskan kami tidak melimpahkan hutang ini pada sponsor baru ya, tapi kami mencoba mengelola revenue-nya sponsor. Pasti kami bayar secara bertahap," tuturnya.

Selain hutang Rp2,5 miliar, LIB sendiri juga punya tanggungan sharing televisi untuk Liga 1 musim lalu. hal tersebut juga masih belum jelas dan menjadi pertanyaan para kontestan musim lalu. Sebab, hasil rating televisi pernah dijanjikan akan jadi pemasukan untuk para klub.

Dirk mengaku itu hal tersebut sedikit kuwalahan. Tapi bukannya lepas tangan, dia tetap mencoba untuk melunasinya juga. "Jumlahnya tidak sampai ratusan miliar, hanya beberapa tidak terlalu besar untuk sharing televisi. Intinya sama, kami tetap usahakan dan kami juga sudah sampaikan bagaimana kondisi PSSI saat ini, klub-klub mengerti," bebernya.

Belajar dari musim lalu, untuk Liga 1 kali ini Dirk malah tidak mau menjanjikan akan membagi hasil rating televisi kepada para kontestan. Bukannya ingin menyimpan sendiri keuntungan itu untuk LIB, melainkan tidak mau menjanjikan sesuatu yang nantinya tidak bisa diwujudkan secara cepat.

"Prinsipnya saya harus hati-hati memberikan janji ya melihat kondisi sekarang. Apa yang kami alami saat ini merupakan korban janji-janji musim lalu lho," katanya.

Karena itu, pria yang juga anggota Exco PSSI itu tidak mau menjanjikan para peserta Liga 1 terlalu muluk-muluk terkait keuntungan yang didapat. Dia menyadari situasi yang ada. "Yang terpenting itu kewajiban subsidi kami bayarkan dan lancar. Dan apa yang harus kami lakukan agar kompetisi berjalan baik, itu yang terpenting," paparnya.

Jika melihat rating dan sharing televisi, Persebaya Surabaya adalah salah satu tim yang dirugikan jika hal tersebut tidak cair. Sebab, musim lalu seluruh pertandingan Persebaya musim lalu disiarkan secara live. Hanya minus ketika away melawan Perseru ke Serui.

Tentu, kalau memang ada nilainya, Green Force berhak mendapatkan dana paling besar diantara para kontestan lainnya. Berkah mendapatkan keuntungan karena pertandingannya disiarkan secara live yang berarti bisa berpengaruh pada pemasukan tiket di laga home. (rid/zul/ful)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Trek Silverstone Masih Diragukan

Trek Silverstone Masih Diragukan

Penuh Genangan air dan licin menjadi gambaran menakutkan para rider dalam seri Silverstone dalam gelaran MotoGP Inggris musim lalu.


Kapan Ferrari Angkat Tropi Lagi?

Kapan Ferrari Angkat Tropi Lagi?

Dua belas seri berlalu, namun Ferrari belum pernah mengangkat trofi juara hingga balapan Formula 1 mengambil jeda musim panas setelah GP Hungaria pada awal bula


Russell Resmi Milik Golden State Warriors

Russell Resmi Milik Golden State Warriors

Akhirnya, point guard All-Star DAngelo Russell resmi menandatangani kontrak maksimum empat tahun senilai 117 juta dolar bersama Golden State Warriors musim ini.


Pebulu Tangkis Indonesia Optimis, Meski Persaingan Kian Ketat

Pebulu Tangkis Indonesia Optimis, Meski Persaingan Kian Ketat

Kejuaraan Dunia 2019 dimulai hari ini (19/8). Di hari perdana, tiga tunggal putra Indonesia sudah bermain di babak pertama.


Zarco Buka Peluang ke Moto2

Zarco Buka Peluang ke Moto2

Johann Zarco mengatakan akan tetap berada MotoGP hingga musim depan, meski telah memutuskan kontrak bersama tim Red Bull KTM, awal bulan lalu.


Ducati Siap Cetak Sejarah di Balapan Musim Depan

Ducati Siap Cetak Sejarah di Balapan Musim Depan

Ducati dikabarkan akan memasok empat sepeda motor prototipe untuk gelaran MotoGP 2020.


Jack Miller Teken Kontrak Baru

Jack Miller Teken Kontrak Baru

Jack Miller akhirnya meneken kontrak baru dengan Pramac Ducati hingga musim 2020, Rabu (14/8).


Mesin Ferrari Harus Tambah Tenaga

Mesin Ferrari Harus Tambah Tenaga

Jeda musim Formula 1 2019 menjadi momentum penting buat para tim untuk mengevalusi kinerja mobil mereka. Salah satu yang paling bersemangat adalah Ferrari.


Tahun Depan, KTM Pamit dari Moto2

Tahun Depan, KTM Pamit dari Moto2

KTM melakukan gebrakan baru. Pabrikan motor asal Austria itu akan mengundurkan diri dari Moto2 pada musim MotoGP 2020.


Momen Mengesankan Brad Binder di Red Bull Ring

Momen Mengesankan Brad Binder di Red Bull Ring

Musim pertama yang mengesankan. Ini tentu disandang Brad Binder (Red Bull KTM Ajo).



Berita Hari Ini

Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!