Sport
Share this on:

LIB Wajib Lunasi Utang Musim Ini

  • LIB Wajib Lunasi Utang Musim Ini
  • LIB Wajib Lunasi Utang Musim Ini

**JAKARTA ** - Sponsor utama untuk Liga 1 sudah didapatkan oleh PT LIB. Salah satu perusahaan e-commerce digandeng untuk membiayai seluruh operasional kompetisi musim ini. Sisanya akan digunakan untuk membayar hutang LIB yang masih menunggak musim lalu.

Ya, LIB memang masih punya hutang kepada 18 klub Liga 1 musim lalu. Hutang yang rata-rata senilai Rp2,5 Miliar. Yang merupakan uang subsidi khusus untuk program elite pro-academy yang dijalankan oleh klub-klub musim lalu.

Hal tersebut dibenarkan oleh Direktur Utama Sementara LIB Dirk Soplanit. Dia menganggal hutang seperti itu sangat wajar dalam pengelolaan sebuah korporasi. Termasuk LIB yang jadi operator kompetisi.

Tapi, meski begitu dia sudah menyampaikan kepada para pemegang saham, yaitu 18 klub kalau tunggakan itu akan diselesaikan. "Kami sudah sampaikan kemungkinan-kemungkinan penyelesaikan hutang dengan sumber-sumber revenue yang diperoleh LIB. Semua sudah sepakat kok untuk sama-sama jalan ke depan," bebernya.

Lantas, kapan pastinya hutang tersebut akan lunas? Dirk menegaskan paling tidak sepanjang kompetisi musim ini hal tersebut akan perlahan diselesaikan. Ada periode-periodenya, tapi dia enggan untuk menjelaskan secara detail. "Tapi perlu ditegaskan kami tidak melimpahkan hutang ini pada sponsor baru ya, tapi kami mencoba mengelola revenue-nya sponsor. Pasti kami bayar secara bertahap," tuturnya.

Selain hutang Rp2,5 miliar, LIB sendiri juga punya tanggungan sharing televisi untuk Liga 1 musim lalu. hal tersebut juga masih belum jelas dan menjadi pertanyaan para kontestan musim lalu. Sebab, hasil rating televisi pernah dijanjikan akan jadi pemasukan untuk para klub.

Dirk mengaku itu hal tersebut sedikit kuwalahan. Tapi bukannya lepas tangan, dia tetap mencoba untuk melunasinya juga. "Jumlahnya tidak sampai ratusan miliar, hanya beberapa tidak terlalu besar untuk sharing televisi. Intinya sama, kami tetap usahakan dan kami juga sudah sampaikan bagaimana kondisi PSSI saat ini, klub-klub mengerti," bebernya.

Belajar dari musim lalu, untuk Liga 1 kali ini Dirk malah tidak mau menjanjikan akan membagi hasil rating televisi kepada para kontestan. Bukannya ingin menyimpan sendiri keuntungan itu untuk LIB, melainkan tidak mau menjanjikan sesuatu yang nantinya tidak bisa diwujudkan secara cepat.

"Prinsipnya saya harus hati-hati memberikan janji ya melihat kondisi sekarang. Apa yang kami alami saat ini merupakan korban janji-janji musim lalu lho," katanya.

Karena itu, pria yang juga anggota Exco PSSI itu tidak mau menjanjikan para peserta Liga 1 terlalu muluk-muluk terkait keuntungan yang didapat. Dia menyadari situasi yang ada. "Yang terpenting itu kewajiban subsidi kami bayarkan dan lancar. Dan apa yang harus kami lakukan agar kompetisi berjalan baik, itu yang terpenting," paparnya.

Jika melihat rating dan sharing televisi, Persebaya Surabaya adalah salah satu tim yang dirugikan jika hal tersebut tidak cair. Sebab, musim lalu seluruh pertandingan Persebaya musim lalu disiarkan secara live. Hanya minus ketika away melawan Perseru ke Serui.

Tentu, kalau memang ada nilainya, Green Force berhak mendapatkan dana paling besar diantara para kontestan lainnya. Berkah mendapatkan keuntungan karena pertandingannya disiarkan secara live yang berarti bisa berpengaruh pada pemasukan tiket di laga home. (rid/zul/ful)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Setelah AD, Lakers Selanjutnya Bidik Kemba Walker

Setelah AD, Lakers Selanjutnya Bidik Kemba Walker

Dua hari setelah NBA musim ini berakhir, persiapan tim-tim membentuk skuad musim depan mulai menjadi perbincangan hangat.


Nunggak Gaji, Klub Dilarang Ikut Kompetisi

Nunggak Gaji, Klub Dilarang Ikut Kompetisi

Tersendatnya dana subsidi PT LIB kepada klub-klub Liga 2 musim lalu, bisa berdampak pada kelangsungan kompetisi.


Penjualan Seret, Harga Bir Naik

Penjualan Seret, Harga Bir Naik

Panitia penyelenggara Copa America 2019 Brasil ini menyediakan sejuta tiket untuk penonton di enam stadion.


Rossi Ingin Bayar Utang di Catalunya

Rossi Ingin Bayar Utang di Catalunya

Valentino Rossi memilih hati-hati menghadapi GP Catalunya akhir pekan ini.


Jadwal Pertandingan Premier League Bocor

Jadwal Pertandingan Premier League Bocor

Jadwal pertandingan Liga Premier musim depan diduga telah bocor secara online.


Akhirnya, Jadwal Liga 2 Dirilis

Akhirnya, Jadwal Liga 2 Dirilis

Jadwal Liga 2 telah dirilis PT Liga Indonesia Baru (LIB), setelah sebelumnya menuai banyak kritikan dari kontestan.


Sudah Saatnya Lupakan Sydney

Sudah Saatnya Lupakan Sydney

Kerja keras Jonatan Christie kembali berlanjut. Ini setalah pulang dengan memastikan gelar Australian Open 2019 di Sydney, Minggu (9/6) lalu.


Regulasi Baru F1, Tiga Tim Besar Terganggu

Regulasi Baru F1, Tiga Tim Besar Terganggu

Dominasi tiga tim teratas Formula 1, Mercedes, Ferrari, dan Red Bull bakal sedikit terganggu pada musim 2021 mendatang.


Ginting Pasang Target Tinggi, Tunggal Putri Tetap Berat

Ginting Pasang Target Tinggi, Tunggal Putri Tetap Berat

Tidak ada rehat buat para penghuni pelatnas Cipayung. Hari ini (4/6), mereka mulai berjuang di Australian Open 2019.


Bukan Kejutan Satu Malam

Bukan Kejutan Satu Malam

Golden State Warriors lebih dijagokan saat bertandang di Scotiabank Arena, kandang Toronto Raptors pada game pembuka NBA Finals, hari ini.



Video

Populer

Digital Interaktif. GRATIS

Edisi 1 Januari 1970

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!