Sport
Share this on:

Liga Premier Minim Pemain Lokal

  • Liga Premier Minim Pemain Lokal
  • Liga Premier Minim Pemain Lokal

LONDON - Industri sepak bola Inggris masih menjadi liga sepakbola rujukan pencinta bola. Salah satu poin penting yang dinilai adalah bertaburnya pemain dan pelatih kelas dunia di liga tertua terbaik di dunia tersebut.

Tidak hanya sumber daya manusia, sejumlah investor pun menanamkan investasinya di dunia tersebut. Sebut saja para bos minyak dari Abu Dhabi dan Uni Emirat Arab hingga milyarder Amerika Serikat, sampai Rusia.

Fenomena British Exit (Brexit) menjadi ancaman liga ini akan kehilangan reputasunya. Kendati demikian, para pendukung Brexit di Inggris meyakini sejumlah keuntungan yang bisa dipetik jika mereka keluar dari Uni Eropa. Tapi, di sisi lain, juga ada risiko kerugiannya, terutama soal pengurangan jumlah pemain dan tenaga kerja asing di Liga Premier.

Hal itu pun dirasakan Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA). Menurut Direktur teknis FA Les Reed, Brexit dapat memberi lebih banyak peluang bagi pemain asli Inggris untuk bermain di Liga Premier. Saat ini para pemain Inggris yang bisa berlaga di pentas Liga Primer masih sedikit.

Sebelum bermain di level atas, bibit muda itu wajib masuk ke dalam akademi di usia 8-12 tahun. Syarat ini makin selektif setelah ada aturan bahwa para pemain harus terdaftar di klub Inggris atau Welsh selama tiga tahun atau di saat usianya masih dibawah 21 tahun.

"Syarat ini juga diberikan kepada imigran. Sekitar 32-34 persen pemain asli Inggris yang bermain di Liga Premier. Itu hanya sepertiganya," kata Reed, kemarin. "Kami ingin mempertahankan itu dan mencoba memperbaikinya. Yang tidak ingin kami lakukan adalah memiliki peraturan yang membuat jatah pemain lokal turun menjadi 26-27 persen seperti musim lalu," tambahnya.

Saat ini, para pemain Uni Eropa (UE) termasuk negara-negara Amerika Selatan dan Afrika yang memiliki paspor UE masih memberikan izin bermain secara penuh di Liga Premier. Sementara untuk pemain non UE tidak bisa sembarangan berlaga di Liga Premier. Sistem FA mewajibkan para pemain non-UE harus lolos seleksi.

Seleksi yang diberikan berpatokan pada jumlah penampilan di laga internasional, harga transfer, gaji dan riwayat bermain. Setelah lolos, baru mereka bisa menerima lisensi dari FA.

"Liga Inggris merupakan pasar yang sangat besar bagi pesepakbola dunia. Sehingga kami harus memiliki standar lisensi para pemainnya di semua divisi. Ini dilakukan agar kami dapat melindungi talenta kami yang tumbuh di Britania Raya," tambah Reed.

Ya, bagi Reed hal ini menjadi kewajaran. Publik Inggris selalu memiliki standar tinggi kepada tim sepakbola mereka, meski baru sekali meraih gelar internasional yakni Piala Dunia tahun 1966. Reed percaya bahwa pemilik klub Liga Premier tidak mau gegabah bisnisnya dirusak oleh talenta buruk dari luar negeri.

"Para pemilik klub lebih percaya pada produk-produk dari akademi mereka," jelasnya.

Salah satu contoh yang menonjol adalah gebrakan dua pemain muda Chelsea seperti Mason Mount dan Tammy Abraham. Keduanya tampil impresif di awal pekan musim ini. Ya, larangan transfer 12 bulan yang menimpa Chelsea membuat sang pelatih Frank Lampard memberikan banyak waktu para talenta mudanya berkembang.

Mount menjadi satu dari empat pemain Inggris yang akan dimainkan oleh skuad Gareth Southgate dalam kualifikasi Euro 2020 minggu ini melawan Bulgaria dan Kosovo. (fin/zul/tgr)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Sudah Kalah, Suporter Timnas Rusuh Lagi
Sudah Kalah, Suporter Timnas Rusuh Lagi

Berita Sejenis

Timnas U23 Harus Juara Sea Games

Timnas U23 Harus Juara Sea Games

Indra Sjafri telah memanggil 30 pemain untuk menjalani training camp (TC) Timnas U23 di Bogor, Selasa (1/10).



Timnas U23 Daftarkan 40 Pemain untuk Sea Games

Timnas U23 Daftarkan 40 Pemain untuk Sea Games

ersatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) telah mendaftarkan 40 pemain untuk perhelatan SEA Games 2019 di Filipina, November mendatang.


Timnas U16 Waspadai Kecepatan Pemain Cina

Timnas U16 Waspadai Kecepatan Pemain Cina

Indonesia kembali tampil perkasa dan menang besar di babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 Grup G. Kali ini yang menjadi korban keganasan skuat Garuda Asia adal


Perkuat Skuat, Persija Jakarta Datangkan Pemain Anyar

Perkuat Skuat, Persija Jakarta Datangkan Pemain Anyar

Persija Jakarta kembali mendatangkan pemain anyar di bursa transfer pertengahan musim Liga 1 Indonesia 2019.


Delapan Kemenangan Bali United Terhenti di Bekasi

Delapan Kemenangan Bali United Terhenti di Bekasi

Bhayangkara FC berhasil mematahkan rentetan delapan kemenangan beruntun Bali United pada laga lanjutan Liga 1 Indonesia.


The Minions dan The Daddies Bersaing ke Olimpiade 2020

The Minions dan The Daddies Bersaing ke Olimpiade 2020

Federasi Bulu Tangkis Dunia atau Badminton World Federation (BWF) baru saja menerbitkan daftar peringkat pemain-pemain bulu tangkis terbaru.


Soal Penonton, Persebaya Surabaya Jagonya

Soal Penonton, Persebaya Surabaya Jagonya

Kompetisi Liga 1 Indonesia 2019 telah merampungkan putaran pertama pada pekan ke-17, Minggu (1/9) lalu.


17 Pemain Liverpool Perkuat Timnas Negaranya

17 Pemain Liverpool Perkuat Timnas Negaranya

17 anggota skuat tim utama Liverpool dipanggil untuk memperkuat negara mereka selama jeda internasional September ini.


Napoli Segel Llorente dari Spurs

Napoli Segel Llorente dari Spurs

Masa depan Fernando Llorente akhirnya terjawab. Napoli akhirnya berhasil mendatangkan pemain eks Juventus itu dari Tottenham Hotspur.



Berita Hari Ini

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!