Sport
Share this on:

Logo Juventus Berubah Drastis demi Bisnis

  • Logo Juventus Berubah Drastis demi Bisnis
  • Logo Juventus Berubah Drastis demi Bisnis

MILAN - Juventus identik dengan kuda jingkrak dan strip hitam putih. Setidaknya sejak logo Juventus pada 1960-an silam. Kuda jingkrak dan strip hitam putih pun sudah seperti rohnya Juventus yang sudah berdiri sejak 1897 silam. Akan tetapi, mulai musim depan Juventus dipastikan meninggalkan dua aspek yang sudah jadi bagian sejarahnya itu.

Ya, klub berjuluk Il Bianconeri itu resmi mengubah logonya, kemarin WIB (17/1). Logo terbaru itu diumumkan petinggi klub penguasa Serie A itu dalam seremonial di Museo Nazionale della Scienza e della Tecnologia Leonardo Da Vinci, Milan.

''Ini (logo baru) simbol dari cara Juventus hidup,'' ungkap Presiden Juventus Andrea Agnelli dikutip situs resmi klub.

Kuda jingkrak melekat dengan Juventus karena klub ini di bawah satu bendera dengan pabrikan otomotif Italia FIAT. Kini, kuda jingkrak dan strip hitam putih itu telah ditinggalkan. Sebagai gantinya, Juventus dalam logo teranyarnya hanya memasang dua huruf J berwarna putih. Lalu, di atasnya tulisan Juventus.

Berubahnya logo ini tidak banyak diduga. Berbeda dari perubahan klub-klub lainnya, perubahan logo Juventus ini tidak diumumkan ke Juventini (sebutan fans Juventus) jauh hari sebelumnya. Ambil contoh Manchester City yang mengumumkannya enam bulan sebelum mempublikasikannya. Agnelli di dalam pernyatannya menyebut pihaknya sudah setahun terakhir ini merancang perubahan logo ini.

''Setahun terakhir kami mencari tahu apa yang diinginkan pasar baru. Bukan hanya itu kami pun masih mempertimbangkan rasa memiliki dan lebih melihat jauh ke masa depan klub,'' beber Agnelli. Di balik perubahan ini, unsur bisnis lebih kental di baliknya. Situs resmi Juventus pun mengungkapkannya bersamaan dengan seremonial perubahan logo ini.

Dengan logo baru, diharapkan Juventus mampu menyentuh ke segala lapisan masyarakat. Tidak hanya bagi mereka yang menyukai sepak bola. Pun demikian dengan masyarakat yang tidak terlalu gila bola. ''Kelak jika mereka sudah mengenal Juventus, maka itu akan berpengaruh pada segala aktivitas di klub kami saat berbisnis di masa depan,'' tulis situs resmi Juventus.

Juventus ingin membentuk ingatan publik, bahwa J adalah Juventus. Itu persis seperti apa yang pernah dikatakan mendiang pendiri Juventus dan FIAT Group, Gianni Agnelli, yang merupakan kakek dari Andrea. Suatu waktu, Gianni mengungkapkan kekagumannya dengan huruf J.

''Saya selalu senang tiap kali melihat kata yang diawali huruf J di surat kabar,'' kata Gianni dikutip situs Famcap.

Itu yang jadi inspirasi Juventus untuk menempelkan hanya huruf J dalam logo barunya kali ini. Sejatinya, bukan kali ini huruf J ditancapkan ke Juventus. Sebelumnya, mereka sudah membangun apa pun yang berkaitan dengan klub dari huruf J. Seperti J-Medical, JTV, J-Museum, J-Cafe, sampai hotel pun dinamai J-Hotel. Maskot Juventus juga bernama ?J?.

Juventus Stadium pun lebih kerap disebut sebagai J-Stadium. Artinya, huruf J sudah mulai bisa merepresentasikan nama Juventus. Sejalan dengan niatan manajemen Juventus mengubah logonya itu. Menurut rencana, logo anyar ini belum akan ditempel dalam jersey yang dikenakan Gianluigi Buffon dkk musim ini juga. Logo ini mulai nangkring di jersey Juventus musim depan.

Terlepas dari filosofi dan niatan di balik huruf J dalam logo baru Juventus ini, kritikan-kritikan pedas meluncur di dunia maya. Terutama di Twitter. Rata-rata mereka kurang sreg dengan logo baru ini. Beberapa di antaranya pendukung Juventus sendiri. Banyak yang menyatakan logo baru Juventus lebih cocok dipakai grup bisnis, bukan klub sepak bola.

Suara sumbang dari fans ini bisa menjadi indikasi awal penjualan jersey Juventus musim depan terancam menurun. Berdasarkan data dari Total Sportek tahun lalu, Juventus mampu menjual jerseynya sebanyak 850 ribu. Juventus masih kalah apabila dibandingkan klub-klub Eropa lainnya dalam menjual jersey-nya.

Hanya, menurut Chief Strategy Officer EMEA & LatAm at Interbrand Manfreddi Rizza yang di acara tersebut juga hadir, langkah Juventus ini layak diapresiasi. ''Karena tidak banyak klub Eropa yang mampu menyampaikan filosofinya tersebut seperti dilakukan oleh Juventus kali ini,'' tutur Rizza seperti dilansir Football Italia.

Meski demikian, Rizza meyakini langkah yang dilakukan Juventus ini bisa menjadi pelopor di masa depan. Apalagi jika dengan perubahan ini Juventus dapat mendapatkan hasil positif. ''Saya yakin tampilan visual dalam bentuk logo baru ini membawa klub ini ke masa depan yang lebih cerah,'' lanjut Rizza.

Hal yang sama juga diungkapkan Vice President Juventus, Pavel Nedved. Kepada JTV, Nedved menyebut logo baru ini lebih segar dilihat. Selain itu juga lebih up to date. ''Ini sudah menunjukkan tim ini menatap ke depan dalam dunia digital dan sosial. Saya rasa ini benar-benar terobosan besar,'' klaim Nedved.

Buffon secara terpisah pun menegaskan bahwa prestasi Juventus tidak terpengaruh dengan logo baru ini. Bahkan, Gigi (sapaan akrabnya) menegaskan bahwa dia dan rekan-rekannya yang lain akan mengangkat trofi Scudetto dengan logo baru di dadanya. ''Kami bisa memenanginya dengan kekuatan lebih besar lagi,'' katanya. (ren/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Biachi jadi Nama Jalan
Biachi jadi Nama Jalan

Berita Sejenis

Tebus Mahal CR7 demi Trofi Impian

Tebus Mahal CR7 demi Trofi Impian

Apa yang masih ingin diraih Juventus? Bila pertanyaan tersebut ditujukan untuk level domestik, jelas itu adalah lelucon karena Juve.


Rampung, CR7 Dikontrak Juventus Rp1,8 Triliun

Rampung, CR7 Dikontrak Juventus Rp1,8 Triliun

Tuntas sudah transfer Cristiano Ronaldo. Real Madrid, Juventus dan si pemain sendiri mengonfirmasi kepindahan dari Madrid ke Juventus.


Ambisi Petrucci demi Satu Kursi Ducati

Ambisi Petrucci demi Satu Kursi Ducati

Danilo Petrucci sudah dipastikan tak lagi membela tim Pramac MotoGP mulai tahun depan.


Tech 3 Akhirnya Pindah ke KTM

Tech 3 Akhirnya Pindah ke KTM

Tim MotoGP Tech 3 akhirnya memutuskan bakal berubah kelamin menjadi tim satelit KTM mulai musim 2019 mendatang.


Demi Miliaran Dollar, Mayweather Ingin Tarung di UFC

Demi Miliaran Dollar, Mayweather Ingin Tarung di UFC

Floyd Mayweather Jr kembali melemparkan wacana liar ke hadapan publik.


Asian Games, Pemerintah Janjikan Bonus Miliaran

Asian Games, Pemerintah Janjikan Bonus Miliaran

Demi memacu munculnya prestasi di pentas Asian Games 2018, pemerintah sudah mencanangkan alokasi bonus buat peraih medali emas.


Tiga Negara Akan Ramaikan Superliga Junior 2017

Tiga Negara Akan Ramaikan Superliga Junior 2017

Segenap upaya dijalankan demi mempersiapkan pebulu tangkis Indonesia untuk bersaing di pentas dunia. Khususnya untuk nomor beregu.


Rela Borong Koran Bekas demi Poster Idola

Rela Borong Koran Bekas demi Poster Idola

Poster idola di dinding kamar, bagi sebagian orang dianggap sebagai pemanis ruangan atau pembuktian akan kecintaan kepada sang idola.


Demi Warriors, Durant Rela Dibayar Murah

Demi Warriors, Durant Rela Dibayar Murah

Kevin Durant membuktikan ucapannya. Kepindahannya ke Golden State Warriors musim panas lalu, alasan utamanya bukan uang.


Turnamen Baru Bulutangkis, Siap Sediakan Hadiah Rp13 Miliar

Turnamen Baru Bulutangkis, Siap Sediakan Hadiah Rp13 Miliar

Babak baru turnamen bulu tangkis dunia akan berubah pada 2018 mendatang.



Berita Hari Ini

Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!