Sport
Share this on:

Makin Cepat, tapi Belum Saatnya Berpikir Juara

  • Makin Cepat, tapi Belum Saatnya Berpikir Juara
  • Makin Cepat, tapi Belum Saatnya Berpikir Juara

MUGELLO - Finis di podium ketiga di GP Italia, Minggu (3/6) mendongkrak posisi bintang Movistar Yamaha Valentino Rossi ke posisi kedua klasemen sementara. Jaraknya dari sang pemuncak Marc Marquez (Repsol Honda) juga tidak terlalu jauh, hanya 23 poin.

Meski begitu The Doctor mengaku masih belum saatnya gembira sampai YZR-M1 bisa dibawa memenangi lomba. Sukses merebut pole position plus membukukan rekor lap tercepat di Mugello, Rossi finis di podium ketiga di balapan Minggu.

Dia memenangi duel sengit melawan tiga rider sekaligus. Yakni duo Suzuki Andrea Ianonne dan Alex Rins, serta jagoan Pramac Ducati Danilo Petrucci. Rossi sebenarnya punya kecepatan untuk memburu Andrea Dovizioso (Ducati) di posisi kedua, tapi untuk mengejar Jorge Lorenzo yang memenangi GP Italia rasanya mustahil.

Karena itu, secara personal Rossi menyatakan posisi Yamaha masih di bawah Honda dan Ducati dalam perebutan gelar juara dunia musim ini. ''Untuk bisa bersaing meraih gelar, kami harus lebih cepat dari ini,'' ucap pembalap 39 tahun tersebut.

Rossi mengakui, terjadi sedikit kemajuan dalam keseimbangan motor. Tapi itu semua hanya dapat dimaksimalkan di saat sesi kualifikasi atau di awal balapan. Ketika cengkeraman ban masih sangat kuat. ''Tapi di saat melaju pada jarak balapan, khususnya di paro kedua lomba, kami lebih menderita dibandingkan Honda dan Ducati,'' jelasnya.

Belum maksimalnya performa Yamaha juga tampak pada hasil lomba yang diraih Maverick Vinales. Pembalap Spanyol tersebut hanya mampu finis di posisi delapan di Mugello. Usai lomba, mantan rider Suzuki itu tak tahan lagi menyimpan kekesalannya kepada Yamaha.

''Saya harus mendapatkan penjelasan dari mereka (Yamaha). Karena mereka berjanji akan memberikan motor juara, tapi kenyataannya tidak,'' keluhnya.

Vinales menjelaskan, sepanjang balapan dia tak mendapatkan grip ban yang optimal. Menurutnya, setiap tidak ada lap yang dilewatinya tanpa mengambil risiko celaka. Yang lebih membuatnya heran, motornya masih sangat nyaman ditunggangi saat melakoni sesi latihan bebas keempat (FP4). Tapi setingan langsung berubah saat balapan.

''Saya tak tahan lagi dengan keadaan ini. Rasanya tidak masuk akal di setiap balapan kami menghadapi masalah dengan grip ban,'' tandasnya.

Vinales bahkan tidak bisa menjelaskan apa yang terjadi pada motornya. Dari hasil GP Mugello, posisi Vinales turun ke urutan ketiga klasemen pembalap. Jaraknya dengan Marquez menjadi 28 poin.

''Memang masih banyak waktu untuk mengejar ketertinggalan. Tapi saya butuh bantuan dari Yamaha untuk mengejarnya,'' pungkasnya. (cak/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Juara Lagi, Hamilton Raih Kemenangan ke-77

Juara Lagi, Hamilton Raih Kemenangan ke-77

Grand Prix (GP) Monaco akhirnya dimenangkan pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, Minggu (26/5) kemarin.


Tunggal Putra Belum Konsisten, Tunggal Putri Payah

Tunggal Putra Belum Konsisten, Tunggal Putri Payah

Skuad Indonesia tidak pulang dengan tangan hampa. Setidaknya pada ajang Piala Sudirman 2019 ini mereka mampu naik podium.


Bottas Ingin Akhiri Catatan Buruk di Monaco

Bottas Ingin Akhiri Catatan Buruk di Monaco

Valtteri Bottas memiliki catatan buruk di sirkuit Monaco, yakni belum pernah sekalipun naik podium di Monaco.


Marquez Tidak Peduli Nasib Buruk Lorenzo

Marquez Tidak Peduli Nasib Buruk Lorenzo

Hingga saat ini, pembalap Repsol Honda Jorge Lorenzo masih belum bangkit dari keterpurukannya.


Indonesia Jumpa Taiwan, Denmark Hadapi China

Indonesia Jumpa Taiwan, Denmark Hadapi China

Meski dikalahkan Denmark 3-2 di pertandingan Grup 1B terakhir Piala Sudirman, Rabu (22/5), Indonesia tetap tampil sebagai juara grup.


Legenda Formula 1 Niki Lauda Tutup Usia

Legenda Formula 1 Niki Lauda Tutup Usia

Legenda Formula 1 yang juga juara dunia tiga kali Satu Niki Lauda asal Austria meninggal dunia setelah menjalani operasi paru-paru.


Indonesia Waspadai Tiga Wakil Denmark

Indonesia Waspadai Tiga Wakil Denmark

Indonesia akan menghadapi Denmark, Rabu (22/5) besok. Indonesia diwajibkan meraih kemenangan, untuk meraih posisi juara Grup B Piala Sudirman 2019.


Juara di Le Mans, Marquez Makin Pede

Juara di Le Mans, Marquez Makin Pede

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez kembali naik podium saat menjadi yang tercepat di MotoGP seri GP Prancis di Sirkuit Le Mans, Prancis, Minggu (19/5).


CLS Knight Sabet Gelar Juara ABL

CLS Knight Sabet Gelar Juara ABL

Klub bola basket asal kota Surabaya BTN CLS Knights Indonesia berhasil menjadi juara Asean Basketball League (ABL) musim 2018-2019.


Mercedes Kembali Cepat, Ferrari Masih Kacau

Mercedes Kembali Cepat, Ferrari Masih Kacau

Pembalap Mercedes Valtteri Bottas kembali mendominasi tes resmi di sirkuit Catalunya, Barcelona, Selasa (13/5) lalu.



Berita Hari Ini

Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!