Sport
Share this on:

Makin Cepat, tapi Belum Saatnya Berpikir Juara

  • Makin Cepat, tapi Belum Saatnya Berpikir Juara
  • Makin Cepat, tapi Belum Saatnya Berpikir Juara

MUGELLO - Finis di podium ketiga di GP Italia, Minggu (3/6) mendongkrak posisi bintang Movistar Yamaha Valentino Rossi ke posisi kedua klasemen sementara. Jaraknya dari sang pemuncak Marc Marquez (Repsol Honda) juga tidak terlalu jauh, hanya 23 poin.

Meski begitu The Doctor mengaku masih belum saatnya gembira sampai YZR-M1 bisa dibawa memenangi lomba. Sukses merebut pole position plus membukukan rekor lap tercepat di Mugello, Rossi finis di podium ketiga di balapan Minggu.

Dia memenangi duel sengit melawan tiga rider sekaligus. Yakni duo Suzuki Andrea Ianonne dan Alex Rins, serta jagoan Pramac Ducati Danilo Petrucci. Rossi sebenarnya punya kecepatan untuk memburu Andrea Dovizioso (Ducati) di posisi kedua, tapi untuk mengejar Jorge Lorenzo yang memenangi GP Italia rasanya mustahil.

Karena itu, secara personal Rossi menyatakan posisi Yamaha masih di bawah Honda dan Ducati dalam perebutan gelar juara dunia musim ini. ''Untuk bisa bersaing meraih gelar, kami harus lebih cepat dari ini,'' ucap pembalap 39 tahun tersebut.

Rossi mengakui, terjadi sedikit kemajuan dalam keseimbangan motor. Tapi itu semua hanya dapat dimaksimalkan di saat sesi kualifikasi atau di awal balapan. Ketika cengkeraman ban masih sangat kuat. ''Tapi di saat melaju pada jarak balapan, khususnya di paro kedua lomba, kami lebih menderita dibandingkan Honda dan Ducati,'' jelasnya.

Belum maksimalnya performa Yamaha juga tampak pada hasil lomba yang diraih Maverick Vinales. Pembalap Spanyol tersebut hanya mampu finis di posisi delapan di Mugello. Usai lomba, mantan rider Suzuki itu tak tahan lagi menyimpan kekesalannya kepada Yamaha.

''Saya harus mendapatkan penjelasan dari mereka (Yamaha). Karena mereka berjanji akan memberikan motor juara, tapi kenyataannya tidak,'' keluhnya.

Vinales menjelaskan, sepanjang balapan dia tak mendapatkan grip ban yang optimal. Menurutnya, setiap tidak ada lap yang dilewatinya tanpa mengambil risiko celaka. Yang lebih membuatnya heran, motornya masih sangat nyaman ditunggangi saat melakoni sesi latihan bebas keempat (FP4). Tapi setingan langsung berubah saat balapan.

''Saya tak tahan lagi dengan keadaan ini. Rasanya tidak masuk akal di setiap balapan kami menghadapi masalah dengan grip ban,'' tandasnya.

Vinales bahkan tidak bisa menjelaskan apa yang terjadi pada motornya. Dari hasil GP Mugello, posisi Vinales turun ke urutan ketiga klasemen pembalap. Jaraknya dengan Marquez menjadi 28 poin.

''Memang masih banyak waktu untuk mengejar ketertinggalan. Tapi saya butuh bantuan dari Yamaha untuk mengejarnya,'' pungkasnya. (cak/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Russell, Pebalap Jet Darat Ketiga dari Inggris

Russell, Pebalap Jet Darat Ketiga dari Inggris

Di ajang Formula 1 musim depan, publik Inggris akan makin berbangga.


Marquez Belum Merasa Aman

Marquez Belum Merasa Aman

Bayang-bayang gelar juara dunia MotoGP untuk kali kelima makin jelas untuk Marc Marquez.


Dagestan Berpesta untuk Khabib

Dagestan Berpesta untuk Khabib

Kemenangan Khabib Nurmagomedov atas Conor McGregor yang memastikan diri mempertahankan gelar juara dunia UFC kelas ringan disambut bahagia masyarakat Dagestan.


Performa Meningkat tapi Belum Puas

Performa Meningkat tapi Belum Puas

Keberhasilan dua pembalap Movistar Yamaha Maverick Vinales dan Valentino Rossi finis di posisi tiga dan empat pada GP Thailand tidak membuat keduanya puas.


Selangkah Lagi, Marquez Juara Dunia

Selangkah Lagi, Marquez Juara Dunia

Peluang pembalap Repsol Honda Marc Marquez merengkuh titel juara dunia MotoGP kelimanya musim ini makin mendekati kenyataan.


Tunggal Putri Butuh 5 Tahun Lagi

Tunggal Putri Butuh 5 Tahun Lagi

Dunia bulutangkis Indonesia terus menggeliat. Ganda putra dan ganda campuran berulangkali meraih gelar juara di berbagai turnamen.


Makin Kompetitif dengan Peserta Asing

Makin Kompetitif dengan Peserta Asing

Turnamen beregu, Blibli.com Superliga junior kembali bergulir 16-21 Oktober mendatang di Magelang, Jawa Tengah.


Petenis Jepang Makin Bersinar

Petenis Jepang Makin Bersinar

Capaian apik Naomi Osaka sebagai juara grand slam Amerika Serikat Terbuka musim ini tampaknya membuat para petenis-petenis Jepang lainnya terlecut untuk mengiku


Marquez Target Kunci Juara di Jepang

Marquez Target Kunci Juara di Jepang

Target Repsol Honda mengunci gelar juara dunia MotoGP tahun ini di kandang sendiri yakni sirkuit Twin Ring Motegi pada Grand Prix (GP) Jepang.


Joshua: Cukup 8 Ronde untuk Povetkin

Joshua: Cukup 8 Ronde untuk Povetkin

Ketangguhan Anthony Joshua sebagai penguasa sabuk juara dunia kelas berat versi WBA, IBF, dan WBO akan diuji sekali lagi dini hari nanti.



Berita Hari Ini

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!