Sport
Share this on:

Mantan Kapolres Tegal Maju sebagai Calon Ketua PSSI

  • Mantan Kapolres Tegal Maju sebagai Calon Ketua PSSI
  • Mantan Kapolres Tegal Maju sebagai Calon Ketua PSSI

JAKARTA - Sebelum dibukanya pendaftaran calon ketua umum PSSI, tercatat sudah ada tiga nama yang tertarik untuk maju memperbutkan kursi nomor satu di induk sepak bola Tanah Air tersebut. Pertama Rahim Soekasah.

Pada Mei lalu, dia secara resmi mendklarasikan diri untuk maju sebagai calon Ketum PSSI. Bahkan, dia mengklaim telah mendapat dukungan dari sejumlah mantan pemain Timnas indonesia.

Ketertarikan Rahim sendiri untuk maju menjadi Ketum PSSI, karena prihatin dengan konsisi PSSI saat ini. Jika melihat salah satu syarat calon ketum PSSI, Rahim memiliki kriteria tersebut, di mana dia sudah aktif di sepak bola lebih dari lima tahun, sejak usianya 39 tahun.

Selain itu, Rahim juga merupakan Chairman klub Liga Australia Brisbane Roar dan mantan Ketua BTN di Timnas Era 2010. Selanjutnya ada nama Mochamad Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule. Ia sendiri mengklaim sudah mendapat dukungan dari 61 voters PSSI.

Ia sendiri memiiki program untuk membawa Timnas Indonesia berprestasi di kancah Asia hingga menargetkan lolos ke ajang Piala Dunia 2026. Untuk mewujudkan hal tersebut, ia mengaku telah memiliki program yakni dengan memperbaiki jadwal kompetisi yang dinilainya sangat berantakan.

Bahkan ia berjanji, jika dirinya terpilih menjadi Ketum PSSI, bakal mempertimbangkan posisi pelatih Timnas Indonesia yang kini dipegang oleh Simon McMenemy. Hal itu diungkapkan, pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Utama Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) itu ketika melihat langsung pertandingan Timnas Indoensia menghadapi Thailand 10 September 2019, kemarin.

"Banyak masukan (kembalikan) pelatih yang lama (Luis Milla, red). Namun ada juga yang mengatakan, untuk menggunkan pelatih lokal. Namun, saya akan diskusi dulu dengan beberapa pelatih nasional, nantinya," tutur Iwan Bula kala itu.

Iwan Bule sendiri mengaku sakit hati atas kekalahan yang diterima Indonesia atas Malaysia (2-3) dan Thailand (0-3). "Apa yang salah di tim ini, sehingga kalah cukup menyakitkan. Kemarin kalah sudah menyakitkan. Insyaallah saya akan terus maju. Saya akan dalami dan pelajari, kenapa kita bisa di bawah Thailand. Ini sangat menyakitkan," ujarnya.

Calon Ketum PSSI yang baru-baru ini nampak adalah Arif Putra Wicaksono. Beberapa hari lalu, CEO Nine Sport ini mendeklarasiakan diriinya untuk maju ke bursa pencalonan pemilihan ketua umum PSSI. Bahkan, ia sudah menujuk Doni Setiabudi untuk mendampingunya untuk menjadi calon waketum.

Mereka berdua yang menamakan ABDI memiliki program sekma pembayaran biaya pembangunan sepak bola Indonesia dengan standar FIFA Club Licensing. Bahkan, mereka ingin mendatangkan pelatih kenamaan asal Belanda, Frank de Boer untuk memenuhi ambisi timnas menjuarai Piala AFF 2022.

"Target reaistis kami adalah revolusi sepak bola Indonesia. Sepak bola indonesia bagai jalan ditempat. Kalau ada yang lebih baik dari kami, tidak masalah. Akan tetapi, mereka harus bisa memajukan sepak bola Indonesia," tutur Doni beberapa hari lalu.

Berbekal pengalaman yang mereka miliki, Arif Putra dan Doni Setiabudi yang merupakan CEO Bandung Premier League, yakin jika mereka bisa memberikan perubahan sepak bola Indonesia ke arah profesional jika memiliki standar kriteria FIFA Club Licensing tersebut. (gie/zul/fin/tgr)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Musim Perdana Luar Biasa Quartararo

Musim Perdana Luar Biasa Quartararo

Seri MotoGP Jepang masih milik Marc Marquez. Rider Repsol Honda keluar sebagai pemenang di Sirkuit Motegi, kemarin.


Danny Kosasih Nyalon Lagi

Danny Kosasih Nyalon Lagi

Ketua Pengurus Pusat Persatuan Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) Danny Kosasih kembali mencalonkan diri sebagai Ketua Umum PP Perbasi Periode 2019-2023.


Januari, Mandzukic Pindah ke Manchester United

Januari, Mandzukic Pindah ke Manchester United

Mantan kiper Manchester United Mark Bosnich menyebut ada dua keselahan fatal yang dilakukan MU musim ini.


KOI Targetkan Indonesia Tuan Rumah Olimpiade 2032

KOI Targetkan Indonesia Tuan Rumah Olimpiade 2032

Setelah terpilih sebagai Ketua Umum Komite Olimpade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari langsung membidik percepatan proses persiapan Indonesia mengambil alih


Didenda FIFA Rp643 Juta, PSSI Harap Ini Kejadian Terakhir

Didenda FIFA Rp643 Juta, PSSI Harap Ini Kejadian Terakhir

PSSI akhirnya didenda CHF 45.000 atau sekitar Rp643 juta oleh FIFA.


11 Nama Akan Berebut Ketum PSSI 2019-2023

11 Nama Akan Berebut Ketum PSSI 2019-2023

Nama-nama bakal calon ketua umum (ketum), wakil ketua umum (wakteum), dan anggota eksekutif (exco) PSSI 2019-2023 mendatang, sudah diumumkan..


Timnas U23 Daftarkan 40 Pemain untuk Sea Games

Timnas U23 Daftarkan 40 Pemain untuk Sea Games

ersatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) telah mendaftarkan 40 pemain untuk perhelatan SEA Games 2019 di Filipina, November mendatang.


Pemerintah Tak Sigap Atasi Polemik Djarum

Pemerintah Tak Sigap Atasi Polemik Djarum

Penghentian pencarian bakat atlet bulu tangkis oleh Djarum Foundation pada 2020 disesalkan Wakil Ketua Komisi X DPR Reni Marlinawati.


Absen Separuh Abad, Polandia Masih Terlalu Kuat

Absen Separuh Abad, Polandia Masih Terlalu Kuat

Polandia memantapkan status mereka sebagai juara Grup A Piala Dunia FIBA 2019 usai mengalahkan Pantai Gading 80-63, Rabu (4/9) kemarin.


Ferrari Menanti Pesta di Kandang

Ferrari Menanti Pesta di Kandang

Tahun lalu Ferrari mengunci posisi start baris terdepan di Monza, Italia, dengan Kimi Raikkonen muncul sebagai yang tercepat di kualifikasi.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!