Sport
Share this on:

Markus/Kevin Lolos dari Hadangan Ganda Jepang

  • Markus/Kevin Lolos dari Hadangan Ganda Jepang
  • Markus/Kevin Lolos dari Hadangan Ganda Jepang

**JAKARTA ** - Perhelatan Indonesia Open 2019 sudah mulai bergulir di Istora Senayan, kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (16/7) kemarin. Di hari perdana, beberapa wakil Indonesia masih bertahan dan melaju ke babak kedua.

Pada sektor tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung berhasil tampil meyakinkan dengan menyingkirkan perlawanan wakil Thailand, Pornpawee Chochuwong dua game langsung dengan skor cukup telak, 21-10 dan 21-8. Menariknya, di babak kedua, Gregoria bakal kembali bertemu dengan wakil Thailand, Ratchanok Intanon.

Unggulan ketujuh ini juga berhasil melangkah ke babak kedua usai menundukkan wakil Indonesia Ruselli Hartawan, dengan skor 21-14, 21-14. Dengan demikian, pertarungan 'balas dendam' bakal tersaji di babak kedua, Kamis (18/7) besok.

Pada nomor ini, Indonesia sendiri masih memiliki dua wakil lagi yakni, Fitriani dan Lyanny Alessandra Mainaky yang baru akan bertanding hari ini, Rabu (17/7). Selanjutnya di sektor ganda putri, andalan tuan rumah, Greysia Polii/Apriyani Rahayu juga berhasil tampil memukau dengan mengalahkan wakil Jepang, Ayako Sakuramoto/Yukiko Takahata dua game langsung dengan skor 21-15 dan 21-16.

"Syukur, kami bisa melewati babak ini, kami memang mau melewati babak demi babak dan fokus ke pertandingan selanjutnya. Tadi lebih ke kondisi psikis, lawan belum siap menghadapi angin, dan penonton kasih semangat. Dari segi teknik, kami tidak boleh lengah dari pasangan Jepang, dari fisik juga," ungkap Greysia.

Pada babak kedua, unggulan kelima tuan rumah ini bakal menghadapi wakil Korea yang berhasil menang atas Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai (Thailand) dengan skor 21-18 dan 21-19. Selain Greysia/Apriyani, Nadya Melati/Tiara Rosalia Nuraidah juga berhasil melewati babak pertama dengan baik.

Mereka berhasil mengalahkan wakil Australia Setyana Mapasa/Gronya Somerville dua game langsung dengan skor 21-15 dan 22-20. Namun, di babak kedua, Nadya/Tiara suah harus berhadapan dengan lawan tangguh asal Jepang yang merupakan unggulan pertama, Mayu Masumoto/Wakana Nagahara.

Sayangnya hasil gemilang dua ganda putri Indonesia ini tak mampu diikuti oleh, Yulfira Barkah/Jauza Fadhila Sugiarto yang harus angkat koper lebih awal usai dikalahkan wakil Malaysia, Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean dengan skor 16-21 dan 16-21.

Pada nomor tunggal putra, dua andalan Indonesia, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting juga berhasil mendapatkan tiket babak kedua. Keduanya sukses melaju ke babak kedua usai menundukkan lawan-lawannya.

Jonatan yang lebih dulu berhasil melangkah ke babak kedua usai mengalahkan wakil Denmark, Rasmus Gemke, dengan skor 21-17 dan 24-22. "Bersyukur saya mampu melewati babak pertama dengan berjuang cukup keras karena lawan bermain baik. Namun, ada beberapa pelajaran yang saya ambil, pertama angin dan bolanya cukup berat di kejuaraan ini," ungkap pria yang akrab disapa Jojo itu.

"Akan tetapi, saya fokus buka kepada anginnya, melainkan pola permainan, dan bagaimana saya bisa keluar dari tekanan itu (angin dan bola kencang)," sambungnya.

Selanjutnya, Jojo bakal kembali berhadapan dengan wakil Denmark lainnya, Hans Kristian Vitthinghus. Mereka berdua belum pernah bertemu.

Keberhasilan Jojo diikuti, Anthony yang juga berhasil melankah ke babak kedua usai menyingkirkan wakil China, Lu Guangzu. Namun, Anthony harus bersusah payah menundukkan Lu, lantaran dipaksa bermain rubber game denga skor 20-22, 23-21 dan 21-18 dengan durasi 78 menit.

"Dia pemain yang ulet, tidak mudah melakukan kesalahan sendiri dan tidak mudah dimatikan. Dan dari awal saya sudah siap capek dan siap susah di lapangan," tutur Anthony.

Di babak kedua, Anthony akan berhadapan dengan Kantaphon Wangcharoen dari Thailand. Anthony menilai Wangchoaroen sebagai pemain pekerja keras, ia selalu mengejar bola kemanapun arahnya.

Pada sektor ganda putra, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon juga berhasil melangkah ke babak kedua usai susah payah menyingkirkan wakil Jepang, Takuto Inoue/Yuki Kaneko lewat pertarungan rubber game 20-22, 21-16 dan 21-14 dengan waktu 56 menit.

Selanjutnya, andalan ganda putra merah putih yang kini menduduki peringkat satu dunia itu bakal menghadapi wakil India, Satwiksairaj Rankireddy/Chira Shetty di babak kedua. Namun sayang, hasil ini tak positif Kevin/Marcus ini tak mampu diikuti oleh Berry Angriawan/Hardianto yang tersingkir di babak pertama oleh Choi Solgyu/Seo Seung Jae (Korea) dengan skor 12-21, 21-11 dan 22-20.

Hasil tidak baik juga didapat oleh Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di nomor ganda campuran. Jordan/Melati dikalahkan wakil Jerman, Mark Lamsfuss/Isabel Hertrich, dengan skor 20-22 dan 14-21.

Meski demikian, pada nomor ini, Indonesia masih memiliki lima wakil lagi yang akan bertarung pada Rabu (17/7) hari ini yakni, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Ronald Alexander/Annisa Saufika, dan Alfian Eko Prasetya/Marsheilla Gischa Islami. (gie/fin/zul/wsa)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Struff Bikin Kejutan, Kei Nishikori Disingkirkan Petenis Jepang

Struff Bikin Kejutan, Kei Nishikori Disingkirkan Petenis Jepang

Kei Nishikori disingkirkan oleh rekan senegaranya Yoshihito Nishioka 7-6 (7/2), 6-4 pada putaran kedua turnamen ATP Cincinnati Masters, kemarin (15/8).


Ikuti Jejak KTM, Tech3 Pamit dari Moto2

Ikuti Jejak KTM, Tech3 Pamit dari Moto2

Pamor Moto2 semakin meredup. Sejumlah tim racing mulai hengkang dari kasta kedua MotoGP tersebut.


Tahun Depan, KTM Pamit dari Moto2

Tahun Depan, KTM Pamit dari Moto2

KTM melakukan gebrakan baru. Pabrikan motor asal Austria itu akan mengundurkan diri dari Moto2 pada musim MotoGP 2020.


Takluk dari Arsenal, Petaka Gaya Bertahan Bruce

Takluk dari Arsenal, Petaka Gaya Bertahan Bruce

Pelatih Newcastle Steve Bruce harus menelan pil pahit di laga pekan pertama Premier League 2019.


Isu Lorenzo Keluar dari Honda Semakin Kencang

Isu Lorenzo Keluar dari Honda Semakin Kencang

Setelah 24 tahun mengaspal di grand prix MotoGP tak ada satupun rumor yang membuat suprise Valentino Rossi.


Kevin/Marcus Tetap Konsisten

Kevin/Marcus Tetap Konsisten

Prestasi gemilang terus ditorehkan oleh Kevin Sanjaya Sukamuljo yang berpasangan dengan Marcus Fernaldi Gideon di berbagai ajang belakangan ini.


Ini Penyebab Kevin/Marcus Gagal di Thailand Open

Ini Penyebab Kevin/Marcus Gagal di Thailand Open

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon gagal meraih gelar juara pada ajang Thailand Open 2019.


Terlalu Yakin, Greysia/Apriyani Malah Gagal Pertahankan Gelar

Terlalu Yakin, Greysia/Apriyani Malah Gagal Pertahankan Gelar

Pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu gagal mempertahankan gelar yang didapatnya tahun lalu pada ajang Thailand Open 2019 kali ini.


32 SMA/SMK Berebut Tiket ke Semarang

32 SMA/SMK Berebut Tiket ke Semarang

32 tim futsal dari SMA/SMK sederajat se eks Karesidenan Pekalongan mengikuti Hydro Coco National Futsal Tournament (HCNFT) di GOR Wisanggeni Tegal, Jumat (2/8)


Ganda Putera Hanya Menyisakan Minions

Ganda Putera Hanya Menyisakan Minions

Dua ganda putra Indonesia mendapat nasib berbeda pada babak kedua Thailand Open 2018.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!