Sport
Share this on:

Marquez Anggap Le Mans Sulit, Rossi Optimis Naik Podium

  • Marquez Anggap Le Mans Sulit, Rossi Optimis Naik Podium
  • Marquez Anggap Le Mans Sulit, Rossi Optimis Naik Podium

PARIS - Gelaran MotoGP 2019 akan memasuki seri keempat. Selanjutnya para rider MotoGP akan bersaing di Sirkuit Le Mans, Prancis, Minggu (19/5) malam WIB. Seri keempat nanti diprediksi akan berlangsung panas.

Pasalnya, Sirkuit Le Mans dikenal sebagai lintasan menakutkan yang kerap melahirkan banyak kecelakaan. Ketakutan yang sama juga dirasakan oleh rider Honda, Marc Marquez.

Dikutip dari Speedweek, sang pemuncak klasemen sementara itu enggan berseloroh saat menghadapi MotoGP Prancis. Sang juara dunia ini bertahan pernah dipaksa menelan pil pahit. Marquez tercatat dua kali mencium panasnya aspal Le Mans balapan pada musim 2016-2017.

Bukan hanya Marquez tentu bakal mendapat perlawanan berat dari para rival. Alex Rins hanya terpaut satu poin. Sedangkan duo Italia lainya: Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi masing-masing selisih tiga serta sembilan poin.

Jika jatuh atau terpeleset sedikit saja, hasilnya lumayan perih. Gelar juara kelas premier yang masih dipegang The Baby Alien (sebutan Marquez) akan berpindah tangan. Sadar tak ingin mengulang kesalahan serupa seperti di Austin, pengguna nomor #93 itu melakukan banyak persiapan.

"Kami memiliki akhir pekan yang sangat kuat di Jerez dan tes yang produktif, tetapi ini adalah MotoGP. Kami harus selalu bekerja," ucapnya.

Marquez berharap dirinya tidak mengalami masalah ban saat menjajal lintasan Le Mans. Namun, ia tidak menampik bahwa cuaca cukup menganggu akselarasinya di lintasan. "Le Mans bukanlah lintasan yang mudah bagi saya. Le Mans bisa menjadi Grand Prix yang sulit, terutama dengan cuaca. Jadi, kami harus siap untuk kondisi apa pun," jelasnya.

Jika berhasil merebut kemenangan di MotoGP Prancis, maka Marquez akan menyamai pencapaian rekan setim Jorge Lorenzo. The Baby Alien mengumpulkan 46, sedangkan X-Fuera menorehkan 47. Sirkuit Le Mans memang dikenal sebagai lintasan menakutkan. Terhitung hingga 2016, ada 78 kecelakaan yang terjadi di atas lintasan yang berada di Prancis ini.

Jika Marquez menganggap Le Mans sebagai sirkuit yang angker, lain halnya dengan Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi. The Doctor (sebutan Rossi) malah mengaku optimistis bisa masuk tiga besar pada balapan Minggu malam nanti.

"Le Mans adalah trek yang begitu saya rindukan. Kami (Yamaha) selalu memuncaki finish di sini. Saya ingin kembali ke podium. Saya dan tim akan melakukan yang terbaik," ujarnya.

Sementara bagi pembalap Suzuki, Alex Rins mengaku siap melibas tikungan yang dianggap menyulitkan Suzuki. "Kami hanya butuh fokus," kata Rins, seperti dilansir Crash.

"Kami tahu Le Mans bisa menjadi sirkuit yang sulit bagi kami karena ini trek jenis stop and go [mengerem keras lalu akselerasi dengan cepat], namun dari teknis kami tidak melihatnya ini sebagai tantangan yang berat," tandasnya. (fin/zul/tgr)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Ducati Siap Curi Podium
Ducati Siap Curi Podium

Berita Sejenis

Motor Rossi Butuh Set Up Berbeda

Motor Rossi Butuh Set Up Berbeda

Teka-teki mengapa penampilan Valentino Rossi begitu berbeda dengan rider Yamaha lainnya Maverick Vinales mulai terjawab.


Rossi Mulai Tak Pede Juara Lagi

Rossi Mulai Tak Pede Juara Lagi

Hasil buruk yang diraih Valentino Rossi di paruh pertama musim ini membuat pembalap Monster Energy Yamaha itu kehilangan kepercayaan diri.


Penantang Marquez Ternyata Bukan Duo Ducati, tapi Yamaha

Penantang Marquez Ternyata Bukan Duo Ducati, tapi Yamaha

Paruh kedua MotoGP 2019 sebentar lagi, Marc Marquez masih bertengger di puncak klasemen dengan raihan 185 poin.


Brad Binder Gabung KTM Tech 3

Brad Binder Gabung KTM Tech 3

KTM Tech 3 resmi mengumumkan bergabungnya Brad Binder yang akan naik kelas ke MotoGP sebagai pembalap Tech 3 pada 2020.


Rossi dan Vinales Siap Ujicoba Motor Baru 2020

Rossi dan Vinales Siap Ujicoba Motor Baru 2020

Valentino Rossi dan Maverick Vinales akan menguji coba purwarupa motor Yamaha M1 untuk musim 2020 setelah balapan GP Ceko di sirkuit Brno, bulan depan.


Rossi Minta Yamaha Segera Berbenah

Rossi Minta Yamaha Segera Berbenah

Pembalap gaek asal Italia, Valentino Rossi, mulai kehilangan kesabarannya dengan Yamaha.


Valentino Rossi Semakin Lamban

Valentino Rossi Semakin Lamban

Pembalap tim Monster Energy Yamaha Valentino Rossi mengaku kecepatannya di musim ini sudah jauh menurun dibandingkan musim lalu.


Marquez Bikin Sejarah Baru di Sachsenring

Marquez Bikin Sejarah Baru di Sachsenring

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez mencatat sejarah baru di sirkuit Sachsenring, Jerman.


Marquez Semakin Tak Terbendung

Marquez Semakin Tak Terbendung

Marc Marquez (Repsol Honda) melanjutkan dominasinya di Sirkuit Sachsenring, Jerman, Minggu (7/7) kemarin.


Rossi dan Vinales Disentil Bos Yamaha

Rossi dan Vinales Disentil Bos Yamaha

Bos Yamaha Massimo Meregalli mulai kehilangan kesabaran dengan hasil buruk dua pembalapnya.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!