Sport
Share this on:

Marquez Target Kunci Juara di Jepang

  • Marquez Target Kunci Juara di Jepang
  • Marquez Target Kunci Juara di Jepang

ARAGON - Target Repsol Honda mengunci gelar juara dunia MotoGP tahun ini di kandang sendiri yakni sirkuit Twin Ring Motegi pada Grand Prix (GP) Jepang, 21 Oktober mendatang makin mendekati kenyataan. Kemenangan Marc Marquez di GP Aragon kemarin membuat keunggulan poin pembalap 25 tahun itu makin menjauh dari para pesaing terdekatnya.

Marquez kini sudah unggul 72 poin dari pembalap Ducati Andrea Dovizioso. Marquez berada di posisi puncak dengan 246 poin. Sementara Dovi menduduki posisi kedua dengan 174 poin.

Meski begitu, dengan masih lima balapan tersisa, Marquez baru punya kans mengunci juara dunia kelimanya pada GP Jepang mendatang. Sebelum bertarung di Motegi, MotoGP bakal melaksanakan seri ke-15 yakni GP Thailand di sirkuit Buriram pada 7 Oktober.

Nah, pasca tarung di Buriram dan Motegi, balapan akan tinggal menyisakan tiga seri. Jika di balapan negeri Sakura, julukan Jepang nanti Marquez bisa mengakhiri balapan dengan margin keunggulan 75 poin atau lebih, pembalap kelahiran Cervera, Catalunya tersebut bakal sekaligus ditahbiskan sebagai juara dunia tahun ini.

Kemarin Marquez tampil luar biasa. Dia bertarung sengit sampai lap terakhir dengan dua pembalap lain yang juga di barisan depan yakni Dovizioso dan pembalap Suzuki Ecstar Andrea Iannone. Persaingan makin intens di lima lap terakhir.

Iannone malah sempat mencuri kesempatan untuk berada di posisi depan di tengah persaingan panas Marquez dan Dovi. Namun, power mesin Suzuki tidak bisa berbohong. Iannone kembali dilibas oleh Marquez dan Dovi.

Sejak saat itu posisi satu-dua kembali bergantian dikuasai Dovi dan Marquez. Hingga pada tiga lap tersisa manuver Marquez yang menyalip Dovi di tikungan membuatnya terus memimpin sampai garis finis.

Marquez menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 41 menit 55,949 detik. Dovi tipis saja finis di belakangnya dengan terpaut 0,648 detik. Podium ketiga akhirnya sukses diraih Suzuki melalui Iannone (+1,259 detik). Itu sekaligus menjadi podium pertama Suzuki tahun ini.

“Hari ini (kemarin, red) saya mengambil risiko dengan menggunakan ban belakang soft,” ucap Marquez dilansir Motorsport. “Hasilnya saya membalap dengan sangat baik dan mulus. Pertarungan yang luar biasa dengan Andrea,” tambah Marquez.

Nasib tidak beruntung dialami pemilik pole position yakni pembalap Ducati Jorge Lorenzo. Dia mengalami kecelakaan tunggal di tikungan pertama sesaat setelah melakukan start. Jorge tampak kehilangan cengkraman pada ban belakang yang membuatnya terlempar dari motor.

Melalui rilis resmi, MotoGP menyebut juara dunia motoGP tiga kali itu mengalami dislokasi pada ibu jari kaki kanannya. Belum bisa dipastikan apakah Lorenzo bisa tampil di GP Thailand 7 Oktober mendatang. (irr/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Tampil Lepas dan Fokus
Tampil Lepas dan Fokus

Berita Sejenis

Marquez-Quartararo Saling Puji

Marquez-Quartararo Saling Puji

Sejak sesi kualifikasi rider Repsol Honda Marc Marquez tengah dilanda kegelisahan.


Della/Rizki Hanya Perlu Fokus

Della/Rizki Hanya Perlu Fokus

Pasangan ganda putri Indonesia, Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta sukses meraih gelar juara pada ajang Vietnam Open 2019.


Overtake Kunci Kemenagam Marquez di San Marino

Overtake Kunci Kemenagam Marquez di San Marino

Rider Spanyol kembali menjadi kampiun di MotoGP San Marino 2019, Minggu (15/9).


Unggul Jauh, Kans Marquez Juarai MotoGP Lebih Awal

Unggul Jauh, Kans Marquez Juarai MotoGP Lebih Awal

Gelaran MotoGP tinggal tujuh seri lagi. Pembalap Repsol Honda Marc Marquez masih memuncaki klasemen rider MotoGP dengan 250 poin.


Naturalisasi Juara F4, Indonesia Berpeluang Tampil di F1 Lagi

Naturalisasi Juara F4, Indonesia Berpeluang Tampil di F1 Lagi

Setelah Rio Haryanto, Indonesia akan menambah para pembalap yang akan berkiprah di ajang jet darat, Formula One (F1).


Usai Bertarung Lima Set, Nadal Pastikan Grand Slam ke-19

Usai Bertarung Lima Set, Nadal Pastikan Grand Slam ke-19

Rafael Nadal kembali meraih gelar juara US Open 2019 setelah menundukkan unggulan ke empat, Daniil Medvedev 7-5, 6-3, 5-7, 4-6, dan 6-5.


Absen Separuh Abad, Polandia Masih Terlalu Kuat

Absen Separuh Abad, Polandia Masih Terlalu Kuat

Polandia memantapkan status mereka sebagai juara Grup A Piala Dunia FIBA 2019 usai mengalahkan Pantai Gading 80-63, Rabu (4/9) kemarin.


Naomi Gusur Ambisi Gauff

Naomi Gusur Ambisi Gauff

Tak butuh waktu lama bagi juara bertahan Naomi Osaka untuk menghempaskan petenis muda asal Amerika Serikat Coco Gauff pada US Open di New York tadi malam.


Juara Dunia Lagi, The Daddies Kaya Mendadak

Juara Dunia Lagi, The Daddies Kaya Mendadak

Pasangan ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan berhasil meraih gelar juara pada Kejuraan Bulu Tangkis Dunia 2019 atau World Championship 2019 di


Juara Dunia Lagi, Kado Terindah Hendra Setiawan

Juara Dunia Lagi, Kado Terindah Hendra Setiawan

Pasangan ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan sukses meraih gelar juara pada Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia 2019.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!