Sport
Share this on:

Masih Cedera, Marquez Tetap yang Tercepat

  • Masih Cedera, Marquez Tetap yang Tercepat
  • Masih Cedera, Marquez Tetap yang Tercepat

SEPANG - Tantangan pertama sudah dihadapi Marc Marquez, setelah dua bulan masa pemulihan cedera bahu kiri. Kemarin, Pembalap Repsol Honda Team itu sudah kembali ke lintasan pada tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia. Hasilnya, juara dunia MotoGP musim lalu itu memulai tahun ini dengan hasil signifikan.

Pembalap Spanyol itu melesat tercepat dengan waktu terbaik 1 menit, 59,621 detik. Marquez melahap 29 lap pada hari pertama kemarin. Bagi dia, itu sudah cukup untuk menyongsong dua hari tersisa di tes pramusim kali ini.

Di tempat kedua, ada pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins yang terpaut, 0,259 detik dari Marquez. Lalu, disusul Maverick Vinales dari Monster Energy Yamaha MotoGP. Pembalap uji Honda, Stefan Bardl yang menggantikan posisi Jorge Lorenzo mengakhiri hari pertama di posisi ke-9 tercepat.

Bagi Marquez melesat tercepat pada satu ataupun dua lap di Sirkuit Sepang tentu bukan menjadi masalah besar bagi dia. "Tetapi untuk membalap jauh, masih belum memungkinkan," sebut Marquez dikutip Motorsport.

Dia berupaya keras ketika melakukan perubahan arah dari sisi kiri ke kanan. Khususnya pada belokan kelima-keenam, dan putaran ke-12 dan ke-13. Wajar saja, cedera bahu kirinya memang belum 100 persen. Hal tersebut diakui Marquez sebelum sesi tes pramusim berlangsung di Sepang.

Juara dunia MotoGP lima kali itu masih belum puas dengan performa dia kemarin. Dia memutuskan untuk mengakhiri hari pertama lebih cepat untuk berusaha lebih baik lagi di dua hari sesi berikutnya.

Honda musim ini diprediksi tampil sangar. Duet Marquez-Lorenzo akan memaksimalkan kekuatan salah satu tim pabrikan tersebut untuk mempertahankan gelar juara dunia.

Para pesaing Honda rupanya belum solid pada sesi pertama kemarin. Yamaha misalnya, setelah Vinales tercepat ketiga, Valentino Rossi harus tercecer di posisi ke-6 yang terpaut 0,433 detik dari Marquez.

Masalah mesin yang membelit Yamaha musim lalu perlahan mulai terurai. Rossi bahkan hanya punya satu mesin pada tes kali ini. Sebab, Yamaha sementara memiliki dua konfigurasi mesin. "Saya senang dengan keduanya (konfigurasi, Red), Di antara keduanya tidak banyak perbedaan, tetapi mesinnya tidak terlalu buruk," beber Rossi dikuti Crash.

Pembalap yang tahun ini menapak usia 40 tahun itu mengincar pramusim yang berprogres. Sebelumnya, saat pramusim yang berlangsung di Jerez dan Valencia mereka hanya mendapatkan sedikit perubahan.

"Di sini kami mendapatkan sesuatu yang lebih besar, lebih penting," lanjut Rossi. Musim ini Yamaha ingin kembali ke jalur juara. Tahun lalu, mereka tercecer di peringkat ketiga konstruktor, kalah dari Honda dan Ducati.

Demikian pula para pembalap mereka. Rossi mengakhiri musim di peringkat ketiga. Menyusul setelahnya yakni Vinales. Musim lalu menjadi salah satu tahun balap yang buruk bagi Yamaha dengan koleksi sekali kemenangan dan sembilan kali naik podium. (nap/jpg)

Berita Sebelumnya

Empat Tim Rebutan Davis
Empat Tim Rebutan Davis

Berita Berikutnya

Kekalahan Terbesar King James
Kekalahan Terbesar King James

Berita Sejenis

Puji Bottas, Hamilton Waspadai Kebangkitan Red Bull

Puji Bottas, Hamilton Waspadai Kebangkitan Red Bull

Meskipun satu tim di Mercedes AMG, ternyata Lewis Hamilton tetap menganggap Valtteri Bottas sebagai pesaing utamanya.


Ducati Masih Lambat di Tikungan

Ducati Masih Lambat di Tikungan

Di GP Catalunya lalu, Danilo Petrucci yang menjadi pembalap kedua Mission Winnow Ducati tampak kesulitan menyalip di tikungan.


Unggul 37 Poin, Marquez Tak Mau Jumawa

Unggul 37 Poin, Marquez Tak Mau Jumawa

Unggul 37 poin atas Andrea Dovizioso di klasemen sementara pembalap MotoGP, Marc Marquez tetap memilih berhati-hati.


Djanur Maklumi Amarah Bonek

Djanur Maklumi Amarah Bonek

Pelatih Persebaya Surabaya Djadajang Nurdjaman menanggapi dengan santai kericuhan suporter yang terjadi di menit-menit akhir pertandingan.


Dugaan Korupsi Bantuan KONI, 14 Saksi Mulai Diperiksa

Dugaan Korupsi Bantuan KONI, 14 Saksi Mulai Diperiksa

Kasus dugaan korupsi yang menerpa Kementerian Pemuda dan Olahraga seperti tak ada habisnya.


Mobil Schumacher Akan Dilelang di GP Abu Dhabi

Mobil Schumacher Akan Dilelang di GP Abu Dhabi

Bakal ada yang spesial di gelaran Formula 1 GP Abu Dhabi 2019 mendatang.


Derby Jartim yang Paling Ditunggu

Derby Jartim yang Paling Ditunggu

Madura United adalah lawan favorit bagi Persebaya Surabaya. Buktinya, Persebaya tak pernah kalah setiap bertemu Madura United.


Marquez Juara Lagi di Barcelona, setelah 2014 Lalu

Marquez Juara Lagi di Barcelona, setelah 2014 Lalu

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez berhasil mengakhiri puasa gelar, setelah menjuarai MotoGP Catalunya 2019 di Barcelona, Minggu (16/6) malam WIB.


Pola Permainan Jojo Kini Lebih Lengkap dan Variatif

Pola Permainan Jojo Kini Lebih Lengkap dan Variatif

PBSI menilai performa tunggal putra Indonesia Jonatan Christie mengalami peningkatan yang cukup signifikan.


Ditinggal Chong Wei Pensiun, Hendrawan Bertahan

Ditinggal Chong Wei Pensiun, Hendrawan Bertahan

Setelah kehilangan bintang tunggal putra yang pensiun, Lee Chong Wei, pelatnas bulu tangkis mereka terancam kehilangan satu personel penting lagi.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!