• Home
  • Berita Sport
  • Masuk Kualifikasi Olimpiade 20202, Eko Yuli Tetap Ikut SEA Games

Sport
Share this on:

Masuk Kualifikasi Olimpiade 20202, Eko Yuli Tetap Ikut SEA Games

  • Masuk Kualifikasi Olimpiade 20202, Eko Yuli Tetap Ikut SEA Games
  • Masuk Kualifikasi Olimpiade 20202, Eko Yuli Tetap Ikut SEA Games

Foto: bbc.com

JAKARTA - Lifter putra andalan Indonesia, Eko Yuli Irawan dipastikan turut serta dalam SEA Games 2019 di Filipina. Hal itu menyusul status pesta olahraga dua tahunan tersebut yang menjadi ajang kualifikasi menuju Olimpiade 2020 Tokyo.

Sebenarnya keiiktusertaan Eko di ajang yang akan berlangsung 30 November hingga 10 Desember mendatang itu tak mematuhi instruksi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, yang meminta agar kontingen Indonesia didominasi para atlet junior. Hal itu agar para atlet muda Tanah Air menimba pengalaman.

Namun, nampaknya Pengurus Besar Pesatuan Angkat Berat dan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABBSI) tak mengindahkan instruksi tersebut. Hal itu lantaran, SEA Games 2019 merupakan kualifikasi Olimpiade 2020 angkat besi yang masuk dalam kategori silver.

Keiikutsertaan Eko itu-pun diakui oleh sang lifter. Meski demikian, Eko mengakui bahwa instruksi Menpora Imam Nahrawi sangat baik untuk pembinaan atlet-atlet muda di Tanah Air.

"Iya benar (akan turun), karena SEA Games tahun ini masuk dalam rangkaian kualifikasi untuk Olimpiade 2020. Dan itu sangat penting untuk saya dan atlet-atlet lainnya yang dipersiapkan di ajang tersebut (Olimpiade)," ungkap Eko saat dihubungi wartawan dari Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (15/5) kemarin.

"Namun, apa yang dikatakan Pak Menpora Imam Nahrawi taks salah yang meminta agar SEA Games menggunkan tim pelapis. Dan kita yang sudah pernah merasakan juara dunia, buat apa turun di SEA Games. Namun, karena SEA Games tahun ini masuk dalam rangkaian kualifikasi untuk Olimpiade 2020, makanya kita tetap diturunkan," sambung Eko.

Lebih lanjut, Eko menuturkan bahwa tim pelapis PB PABSI masih belum bertaji untuk bisa mengemban tugas meraih medali emas dalam pesta olahraga multi event negara-negara Asia Tenggara tersebut.

Karenanya, lifter kelahiran Kota Metro, Lampung, Indonesia, 24 Juli 1989 itu mengharapkan adanya pelatnas jangka panjang untuk para atlet-atlet muda khususnya atlet angkat besi. Menurutnya, jika hal tersebut dilakukan sejak saat ini, bukan tidak mungkin para lifter muda itu bisa menjadi andalan di SEA Games berikutnya.

"Kita sangat mengharapkan para atlet junior sudah mulai di pelatnaskan sejak saat ini hingga Asian Games 2022. Sehingga, tiga tahun kedepan bisa terbentuk," tutur Eko.

Eko mengaku bahwa perbedaan kemampuan antara atlet senior dan junior saat ini masih cukup jauh. "Saat ini Sekarang perbedaannya (kemampuan) jauh. Lifter utama (bisa raih) emas, pelapisnya ini masih perak atau perunggu," tukas peraih medali emas Asian Games 2018 itu.

Sebelumnya, keiiktsertaan para lifter utama dalam SEA Games juga diakui oleh Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PABBSI, Alamsyah Wijaya. "Kita mau tidak mau (menurunkan lifter utama di SEA Games) karena ajang itu masuk kualfikasi Olimpiade 2020 kategori silver. Bukannya kita tidak memikirkan pelapis, namun ini bagian dari perebutan poin," tegas Alamsyah beberapa waktu lalu.

Seperti dilansir dari laman resmi Federasi Angkat Besi International, SEA Games 2019 Filipina masuk dalam rangkaian event kualifikasi dengan level perak. Dengan kata lain, lifter yang mampu menjuarai ajang itu akan mendapatkan poin yang cukup banyak dalam upaya lolos ke Olimpiade 2020 Tokyo. (gie/fin/zul/wsa)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Timnas U16 Waspadai Kecepatan Pemain Cina

Timnas U16 Waspadai Kecepatan Pemain Cina

Indonesia kembali tampil perkasa dan menang besar di babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 Grup G. Kali ini yang menjadi korban keganasan skuat Garuda Asia adal


Mercedes Tetap Favorit

Mercedes Tetap Favorit

Mercedes masih menjadi favorit menjelang GP Singapura akhir pekan ini. Performa tim Silver Arrows di Singapura cukup konsisten sejak 2016 silam.


Timnas U16 Akan Teruskan Rotasi

Timnas U16 Akan Teruskan Rotasi

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-16 tampil perkasa di laga kedua Grup G Kualifikasi Piala AFC U-16 2020.


PRSI Gelar Pemusatan Latihan Hingga ke AS

PRSI Gelar Pemusatan Latihan Hingga ke AS

Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) terus mempersiapkan atlet-atletnya untuk mengikuti SEA Games 2019 Filipina November, mendatang.


Timnas U16 vs Kepulauan Mariana, Tetap Fokus Garuda Muda

Timnas U16 vs Kepulauan Mariana, Tetap Fokus Garuda Muda

Timnas U16 bakal menjalani laga kedua babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 Grup G menghadapi Kepulauan Mariana Utara, Rabu (18/9) malam ini.


kalahkan Filipina 4-0, Timnas U16 Masih Sering Buang-buang Peluang

kalahkan Filipina 4-0, Timnas U16 Masih Sering Buang-buang Peluang

Timnas Sepakbola Indonesia U-16 tampil gemilang dalam laga perdana babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020.


Marquez-Quartararo Saling Puji

Marquez-Quartararo Saling Puji

Sejak sesi kualifikasi rider Repsol Honda Marc Marquez tengah dilanda kegelisahan.


Tatap Laga Pertama, Timna U16 Kian Optimis

Tatap Laga Pertama, Timna U16 Kian Optimis

Pelatih kepala skuat Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-16, Bima Sakti mengaku optimis, menatap perhelatan babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 Grup


Lawan Filipina, Timnas U16 Jangan sampai Bikin Malu

Lawan Filipina, Timnas U16 Jangan sampai Bikin Malu

Timnas Indonesia U-16 bersiap mengarungi babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 Grup G.


The Minions dan The Daddies Bersaing ke Olimpiade 2020

The Minions dan The Daddies Bersaing ke Olimpiade 2020

Federasi Bulu Tangkis Dunia atau Badminton World Federation (BWF) baru saja menerbitkan daftar peringkat pemain-pemain bulu tangkis terbaru.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!