Sport
Share this on:

Mati-matian di Final IBL tanpa Jamarr

  • Mati-matian di Final IBL tanpa Jamarr
  • Mati-matian di Final IBL tanpa Jamarr

JAKARTA - Satria Muda Pertamina Jakarta bakal menjalani laga perdana babak final Indonesian Basketball League (IBL) musim 2018-2019 menghadapi Stapac Jakarta, Kamis (21/3) hari ini. Namun, dalam duel yang bakal dilangsungkan di Britama Arena, Jakarta Utara itu, Satria Muda alias SM dipastikan tidak akan diperkuat oleh bintang mudanya Jamarr Andre Johnson.

Ya, Jamarr dipastikan absen lantaran menderita cedera tumit saat membela Satria Muda di laga kedua semifinal melawan NSH Jakarta.

Tentunya hal tersebut akan sangat memengaruhi kekuatan Satria Muda dalam laga final nanti.

Terlebih, pemain naturalisasi tersebut merupakan andalan Satria Muda selama menjalani babak reguler dan fase play-off. Hal itupun diakui oleh kepala pelatih Satria Muda, Youbel Sondakh yang mengakui bahwa kehilangan Jamarr menjadi pukulan bagi Satria Muda.

"Kehilangan Jammar (Jamarr Andre Johnson) tentu saja berpengaruh bagi tim kami," ujar Youbel saat dikonfirmasi oleh Fajar Indonesia Network (FIN), Rabu (20/3) kemarin.

Meski demikian, Youbel mengaku tidak gentar lantaran dirinya masih memiliki pelapis untuk mengisi posisi Jamarr. Seperti, Vamiga Michel, Avan Seputra, Hardianus, M Rizal Falconi, Kelvin Sanjaya dan lainnya.

"Hal ini menjadi kesempatan bagi pemain-pemain lokal kami untuk dapat step up. Selayaknya partai final, kami harus mengusahakan semua cara supaya kami mendapatkan hasil yang terbaik di partai final nanti," tutur Youbel.

Youbel juga mengaku ada dampak positif dan negatif dari absennya pemain berusia 30 tahun tersebut. "Ada dampak positif dan dampak negatif dari absennya Jamarr, namun kita memilih untuk fokus pada sisi positifnya. Saya yakin pemain-pemain lain dapat step up dan mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Jammar," sambungnya.

Youbel juga mengaku akan menyiapkan mental bertanding anak asuhnya agar lebih baik lagi di partai final nanti. Sebab, menurutnya, timnya tak bisa tampil biasa-biasa saja saat berhadapan dengan Stapac.

"Kami menyiapkan mental kami dengan baik untuk partai final nanti. Karena kami tidak bisa bermain biasa-biasa saja kala menghadapi Stapac nanti, kami harus bekerja dua kali lebih keras. Itu adalah hal utama yang kami siapkan untuk menyambut partai final," tuturnya.

Selain memanfaatkan pemain lokal dan menyiapkan mental bertanding anak asuhnya, Youbel juga mengaku memiliki strategi jitu lainnya untuk pertandingan hari ini. Akan tetapi, Youbel enggan membeberkan strategi tersebut alias merahasiakannya.

"Tentunya ada strategi lainya untuk pertandingan nanti, tapi saya tidak ingin bilang. Kalau dibilang semua sudah jadi rahasia umum dong. Yang pasti kita akan bermain lebih ekstra untuk pertandingan besok (hari ini)," ucap Youbel.

Namun, Youbel mengaku tidak ingin menganggap remeh Stapac. Apalagi dikatakannya ia sangat mewaspadai salah satu pemain asing Stapac, Kendal Yancy. "Kita harus tetap fokus dalam pertandingan nanti, terlebih kita juga sangat mewaspadai Yancy (Kendal)," tukas Youbel.

Sementara itu, sebelumnya pelatih Stapac Jakarta Giedrius Zibenas justru lebih mewaspadai Satria Muda yang harus kehilangan Jamarr. Menurut pelatih yang akrab disapa Ghibbi, absennya Jamarr membuat pemain Satria Muda lainnya lebih terobsesi untuk bisa tampil lebih baik dari sebelumnya.

"Malah sebaliknya, absennya Jamarr membuat pertandingan nanti akan sangat berat. Mereka (Satria Muda) tahu bagaimana bermain di final, jadi ini tidak akan mudah," tutur Ghibbi.

"Kami juga sulit memprediksi siapa yang akan menjadi pengganti Jamarr. Karena Satria Muda merupakan tim yang memiliki pemain yang mampu bermain di level atas," sambungnya.

Seperti diketahui, IBL musim 2018-2019 telah memasuki babak final. Fase pemungkas ini bakal menyajikan laga rivalitas abadi "El Clasico" antara Satria Muda Pertamina Jakarta yang akan berhadapan dengan Stapac Jakarta.

Dengan menggunakan format best of three, partai puncak musim ini akan berlangsung pada, Kamis-Sabtu (21-23/3) mendatang. Satria Muda akan menjadi tuan terlebih dulu di Britama Arena, Jakarta Utara, Kamis (21/3) hari ini. Sedangkan, Stapac baru akan menjadi tuan rumah pada laga final kedua di GOR C-Tra Arena, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (23/3) lusa.

Bagi tim yang berhasil meraih kemenangan di dua pertandingan itu, mereka berhak sebagai juara. Namun, jika kedudukan imbang 1-1, pertandingan final akan kembali dilansungkan di pertandingan ketiga sebagai penentuan di GOR C-Tra Arena, Minggu (24/3) mendatang. (gie/fin/wsa/zul)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Hanya Tersisa Lima Wakil

Hanya Tersisa Lima Wakil

Lima wakil Indonesia dipastikan melaju ke babak perempat final turnamen Blibli Indonesia Open 2019 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.


Hancurkan Mimpi Madagaskar, Tunisia Tantang Senegal

Hancurkan Mimpi Madagaskar, Tunisia Tantang Senegal

Kejutan Madagaskar di Piala Afrika berakhir di babak perempat final Piala Afrika 2019, setelah dikalahkan Tunisia 0-3.


Persela Akhirnya Menang Juga

Persela Akhirnya Menang Juga

Persela Lamongan mengakhiri 'mimpi buruk' tanpa kemenangan setelah mengalahkan Kalteng Putra 3-0, kemarin..


Final Piala Indonesia, Persija Jakarta Jadi Tuan Rumah Dulu

Final Piala Indonesia, Persija Jakarta Jadi Tuan Rumah Dulu

Drawing babak Final Piala Indonesia 2018 yang mempertemukan Persija Jakarta menghadapi PSM Makassar sudah digelar.


Imbangi Borneo FC, Persija Jakarta Tunggu Lawan di Final

Imbangi Borneo FC, Persija Jakarta Tunggu Lawan di Final

Persija Jakarta berhasil melangkah ke Final Piala Indonesia 2018.


Digelar di 5 Kota, IBL 3x3 2019 Jadi Ajang Pemanasan Klub

Digelar di 5 Kota, IBL 3x3 2019 Jadi Ajang Pemanasan Klub

Setelah sukses digelar tahun 2018, kini IBL 3x3 Basketball Indonesia Tour kembali dilangsungkan pada tahun ini.


Gol Bepe Modal Berharga Persija Jakarta ke Final

Gol Bepe Modal Berharga Persija Jakarta ke Final

Persija Jakarta berhasil meraih kemenangan di laga pertama babak semifinal Piala Indonesia 2018.


Singkirkan Unggulan ke-3, Rifanty Tembus Final

Singkirkan Unggulan ke-3, Rifanty Tembus Final

Petenis muda Indonesia, Rifanty Kahfiani belum menemui hambatan pada ajang Pelti Indonesia W15 Jakarta.


Rifanty Kahfiani Tatap Final W15 Jakarta

Rifanty Kahfiani Tatap Final W15 Jakarta

Lagi-lagi, petenis muda Indonesia, Rifanty Kahfiani memberikan kejutan pada ajang Pelti Indonesia W15, Jumat (28/6) kemarin.


Persija Jakarta Optimis Amankan Poin ke Final

Persija Jakarta Optimis Amankan Poin ke Final

Laga antara Persija Jakarta menghadapi Borneo FC bakal mengawali pertandingan babak semifinal Piala Indonesia 2018.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!