Sport
Share this on:

Menpora Optimistis Indonesia Juara di ASG 2019

  • Menpora Optimistis Indonesia Juara di ASG 2019
  • Menpora Optimistis Indonesia Juara di ASG 2019

**JAKARTA ** - Menteri Pemuda dan Olaharga (Menpora) Imam Nahrawi optimistis kontingen Indonesia yang bakal berjuang di ASEAN School Games (ASG) 2019 mampu meraih juara. Hal itu diungkapkan menteri asal Bangkalan, Madura, Jawa Timur itu di sela-sela pengukuhan 183 atlet pelajar Indonesia yang akan bertarung pada pesta olahraga bagi pelajar dari negara-negara Asia Tenggara tersebut di Ballroom Rama Shinta Hotel Patra, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (17/7) kemarin.

Bahkan, dalam kesempatan itu, Imam meyakinkan kepada para kontingen Indonesia tersebut bahwa mereka bisa menjadi juara di ajang internasional lainnya jika mampu berlatih dengan keras, tak mudah menyerah dan bermain maksimal disetiap kejuaraan.

"Saya bangga dan bersukur melihat wajah-wajah yang penuh optimis dan meyakinkan dalam menjaga harkat dan martabat bangsa. Saya optimis kalian bisa menjadi juara di ASEAN Schools Games, bahkan menjadi juara di SEA Games, Asian Games, Olimpiade dan kejuaraan dunia lainnya," ungkap Imam Nahrawi, Kamis (18/7) kemarin.

"Kalian harus memberikan penampilan terbaik. Memberikan yang terbaik bukan berarti harus jadi juara dengan segala cara tapi menang dengan fair play, jujur, sportif dan menjunjung tinggi persaudaraan persahabatan di antara pelajar- pelajar se-ASEAN," sambungnya.

Imam Nahrawi meyakini ASG ini adalah tahapan awal yang akan mengantarkan para atlet pelajar ini kalian ke jenjang yang lebih tinggi. Bahkan ia yakin, ajang ini bisa menjadi pintu masuk untuk para atlet yang ingin mewakili Indonesia di ajang Olimpiade.

"Kalian bisa membuktikan bahwa Indonesia ini bisa menjadi juara. Kita semua, masyarakat Indonesia akan mendoakan dan mendukung kontingen Indonesia untuk bisa mendapatkan gelar juara umum," ungkap Imam.

Sementara itu, Plt Asisten Deputi Olahraga Prestasi Ahmad Arsani menjelaskan kontingen Indonesia pada ASG 2019 adalah atlet-atlet muda yang telah terpilih melalui seleksi. Ia mengatakan, kontingen Indonesia sendiri sebenaranya berjumlah 250 orang yang terdiri dari 183 atlet, 38 pelatih, dan 9 manajer serta 20 offisial.

Arsani menambahkan, nantinya para atlet Indonesia ini bakal mengikuti sembilan cabang olahraga (cabor) yang dipertandingan dalam ASG. Sembilan cabor itu adalah, renang, pencak silat, bulutangkis, tenis, basket, bola voli, tenis meja dan sepak takraw.

"Nantinya, mereka mengikuti seluruh nomor yang dipertandingkan yakni, 117 nomor," tutur pria yang juga menjadi penanggung jawab kontingen Indonesia pada ASG 2019 tersebut.

Lebih lanjut, Arsani menuturkan, guna menembus target juara umum dalam ASG kali ini, pihaknya sudah mempersiapkannya dengan baik, salah satunya menggelar pemusatan latihan nasional (pelatnas) sejak Juni 2019, lalu.

"Untuk mengejar target juara umum, kami telah melakukan persiapan dan pelaksanaan pelatnas mulai tanggal 29 Juni sampai 16 Juli 2019 yang didukung oleh jajaran Pemprov Jawa Tengah dan Kota Semarang," bebernya.

Hal itu juga diamini, Chef de Mission (CdM) Indonesia, Yayan Rubaeni. Ia mengaku program latihan yang fokus pada peningkatan kemampuan fisik, teknik, dan mental membuat para atlet telah siap menyongsong ASG 2019.

Sebagaimana diketahui, ASEAN Schools Games (ASG) 2019 di Semarang, Jawa Tengah sudah mulai bergulir, Kamis (18/7) kemarin. Rencananya, ASG yang merupakan komitmen pemerintah untuk mendorong prestasi para atlet muda Indonesia melalui kompetisi berstandar internasional itu berakhir pada 24 Juli 2019, mendatang. (gie/fin/zul/wsa)

Berita Sebelumnya

Bali United Kalah Lagi
Bali United Kalah Lagi

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Tour d'Indonesia 2020 Tambah Etape

Tour d'Indonesia 2020 Tambah Etape

Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) akan menambah etape kejuaraan balap sepeda internasional Tour d'Indonesia (TdI) pada tahun 2020 menjadi e


Jonatan Christie Terhenti, Tunggal Putra Indonesia Habis

Jonatan Christie Terhenti, Tunggal Putra Indonesia Habis

Jonatan Christie gagal melaju kaki ke babak semifinal World Championships 2019.


Dimulai Pekan Ini, Juventus Masih Favorit Juara Serie A

Dimulai Pekan Ini, Juventus Masih Favorit Juara Serie A

Genderang perang Serie A Italia akan ditabuh, Minggu (25/8) dinihari. Juventus masih favorit scudetto, namun mereka akan mendapatkan perlawanan lebih sengit mus


Sembuh dari Cedera, Messi Siap Hadapi Betis

Sembuh dari Cedera, Messi Siap Hadapi Betis

Ada kabar gembira untuk pencinta Barcelona jelang duel sang juara bertahan kontra Real Betis di pekan kedua La Liga, akhir pekan ini.


Tersingkir, Minions Takluk dari Ganda Korea Selatan Choi/Seo

Tersingkir, Minions Takluk dari Ganda Korea Selatan Choi/Seo

Langkah pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di World Championships 2019 harus terhenti lebih awal.


Ronald/Annisa Saufika dan Rinov/Pitha Terhenti

Ronald/Annisa Saufika dan Rinov/Pitha Terhenti

Ganda campuran Ronald/Annisa Saufika langsung mengalami kekalahan di laga pertamanya pada World Championships 2019.


Dua Tunggal Putri Merah Putih Ditunggu Duo Raksasa

Dua Tunggal Putri Merah Putih Ditunggu Duo Raksasa

Dua tunggal putri Indonesia, Fitriani dan Gregoria Mariska Tunjung tampil gemilang di laga awal Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia 2019.


Tiga Tunggal Putra Merah Putih Mulus

Tiga Tunggal Putra Merah Putih Mulus

Tiga tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, Tommy Sugiarto dan Jonatan Christie berhasil mengamankan tiket babak kedua Kejuaran Bulu Tangkis Dunia 2


Kapan Ferrari Angkat Tropi Lagi?

Kapan Ferrari Angkat Tropi Lagi?

Dua belas seri berlalu, namun Ferrari belum pernah mengangkat trofi juara hingga balapan Formula 1 mengambil jeda musim panas setelah GP Hungaria pada awal bula


Pebulu Tangkis Indonesia Optimis, Meski Persaingan Kian Ketat

Pebulu Tangkis Indonesia Optimis, Meski Persaingan Kian Ketat

Kejuaraan Dunia 2019 dimulai hari ini (19/8). Di hari perdana, tiga tunggal putra Indonesia sudah bermain di babak pertama.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!