Sport
Share this on:

Mental The Minions Benar-benar Teruji

  • Mental The Minions Benar-benar Teruji
  • Mental The Minions Benar-benar Teruji

JAKARTA - Pasangan ganda putra bulu tangkis Indonesia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo mengaku akan lebih mempersiapkan mental saat berlaga di babak kedua turnamen Blibli Indonesia Open 2019. Sebelumnya di babak pertama, pasangan yang lebih akrab dengan julukan The Minions itu berhasil mengalahkan pasangan Jepang Takuto Inoue/Yuki Kaneko dalam tiga gim dengan skor 20-22, 21-16, 21-14.

"Di babak kedua nanti, kami harus lebih siap, apalagi tekanan kami juga lebih banyak. Jadi, mental kami juga harus lebih siap," kata Marcus usai pertandingan babak pertama Blibli Indonesia Open 2019 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, tadi malam (16/7).

Pada babak kedua turnamen bulu tangkis level Super 1000 tersebut, The Minions akan berhadapan dengan pasangan asal India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty yang sebelumnya mengalahkan pasangan Malaysia Goh Sze Fei/Nur Izzuddin dengan skor 21-19, 18-21, 21-19.

"Kami sudah sering bertemu mereka (Satwiksairaj/Chirag), jadi sudah saling mengetahui pola permainan masing-masing, sudah mempelajari juga, yang penting kami harus lebih siap lagi," ujar Marcus.

Marcus/Kevin dan Satwiksairaj/Chirag sudah pernah bertemu lima kali, yakni sejak turnamen Total BWF Sudirman Cup 2017. Dalam lima pertemuan itu, Marcus/Kevin tercatat belum pernah dikalahkan oleh pasangan India tersebut.

Terakhir, keduanya bertemu dalam turnamen Yonex French Open 2018. Saat itu, The Minions menang atas Satwiksairaj/Chirag dalam dua gim dengan skor 21-12, 26-24. Kevin mengatakan dukungan yang diberikan oleh para penonton selama berlangsungnya pertandingan sangat berpengaruh bagi The Minions.

"Dukungan dari para penonton sangat besar buat kami. Dukungan mereka itu positif, sehingga membuat kami menjadi lebih bersemangat, lebih percaya diri dan tidak mau mudah kalah," ungkap Kevin.

Sementara itu, tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting harus mewaspadai Kantaphon Wangcharoen asal Thailand di babak kedua. Ginting, yang menjadi unggulan ketujuh dipaksa bermain rubber gim oleh tunggal putra Cina Lu Guang Zu di babak pertama dan membutuhkan waktu 1 jam 18 menit untuk menang 20-22, 23-21, 21-18 di tempat yang sama.

Ginting kehilangan tujuh poin berharga ketika memimpin 18-10 di gim ketiga. Namun, Lu membuat kesalahan ketika Ginting meraih match poin untuk merelakan gim itu direbut sang pebulu tangkis tuan rumah. "Puji Tuhan bisa melewati ronde pertama dengan cukup baik," kata Ginting

"Gim pertama dari awal cukup ketat, waktu skor 16 sama ada empat poin dia berturut-turut dapatkan dari kesalahan saya. Setelah 16-20 saya sempat mengejar tapi kurang bisa memanfaatkan kesempatan. Gim kedua hampir sama, cukup ketat perolehan angkanya," kata Ginting yang dipaksa bermain duece di dua gim itu.

Di gim ketiga, pemain China kurang fokus setelah membuang-buang poin dan terburu-buru untuk menyerang. "Dia banyak buat kesalahan juga," kata Ginting.

Di babak kedua turnamen, Ginting akan mengantisipasi keuletan Kantaphon Wangcharoen. "Harus siap capek dari diri saya sendiri. Dia pekerja keras, bola ke mana saja dia kejar. Dari mental dan pikiran juga harus disiapkan, jangan sampai buru-buru matikan lawan," timpalnya.

Statistik menunjukkan Ginting pernah tiga kali menang dari empat pertemuannya melawan Wangcharoen. Setelah tiga kali kalah, Wangcharoen mampu mengalahkan Ginting dalam pertemuan terakhir mereka di Prancis Open 2018. (gie/zul/ful/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Akhirnya Mampu Lalui Reli Panjang
Akhirnya Mampu Lalui Reli Panjang

Berita Sejenis

Ganda Putera Hanya Menyisakan Minions

Ganda Putera Hanya Menyisakan Minions

Dua ganda putra Indonesia mendapat nasib berbeda pada babak kedua Thailand Open 2018.



Jojo, Minions, dan The Daddies Lolos ke Babak Kedua

Jojo, Minions, dan The Daddies Lolos ke Babak Kedua

Pasangan ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo-Marcus Fernaldi Gideon (Minions) dan Hendra Setiawan-Mohammad Ahsan (The Daddies) lolos ke putaran kedua Japan Open


Pertahankan Gelar, Minions Mulai Nyetel Lagi

Pertahankan Gelar, Minions Mulai Nyetel Lagi

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon mempertahankan juara Indonesia Open, usai menaklukkan rekan senegaranya Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Minggu (2


Indonesia Hanya Sisakan The Daddies dan Minions

Indonesia Hanya Sisakan The Daddies dan Minions

Indonesia hanya bisa meloloskan dua ganda putra ke babak semifinal Indonesia Open 2019, Sabtu (20/7) hari ini..


Minions Incar Gelar Juara Dunia

Minions Incar Gelar Juara Dunia

Sudah 105 pekan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo menduduki posisi teratas di daftar peringkat BWF.


Kalah Empat Kali Beruntun, Ada Apa dengan Minions?

Kalah Empat Kali Beruntun, Ada Apa dengan Minions?

Penampilan buruk Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di final Badminton Asia Championship (BAC) 2019 menjadi sorotan.


Indonesia Hanya Sisakan Minions

Indonesia Hanya Sisakan Minions

Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon terus melesat pada turnamen Badminton Asia Championships (BAC) 2019.


Della/Rizki dan The Minions Harus Siap Capek

Della/Rizki dan The Minions Harus Siap Capek

Ganda putri Indonesia, Della Destriana Haris/Rizki Amelia Pradipta sukses melaju ke babak semifinal Badminton Asia Championships (BAC) 2019.


Dua Kali Takluk, Performa Minions Dievaluasi

Dua Kali Takluk, Performa Minions Dievaluasi

Ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon tak mampu membawa pulang gelar juara di Malaysia dan Singapore Open 2019.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!