Sport
Share this on:

Menunggu Aksi Robert Kubica

  • Menunggu Aksi Robert Kubica
  • Menunggu Aksi Robert Kubica

MELBOURNE - Setelah peristiwa kecelakaan itu, kini Robert Kubica akan menjalani debutnya di kokpit mobil Formula 1. Aksi Kubica ini sudah ditunggu banyak orang setelah absen sejak 8 tahun silam.

Namun, aksi combeback pembalap asal Polandia itu tampaknya tidak akan berjalan mulus. Dia masih disibukkan dengan sejumlah masalah di mobil balap Williams yang akan dia kendarai di balapan F1 musim ini.

Williams juga sedang berantakan mempersiapkan sesi pembuka balapan yang digelar di Melbourne akhir pekan ini. Kondisi ini terjadi seteah direktur teknis Paddy Lowe kabur karena gagal mempersiapkan mobil tepat waktu untuk turun di tes pramusim di Barcelona.

Mobil Williams FW42, yang baru turun di hari ketiga tes pramusim, ternyata paling lambat di antara mobil yang lain. Padahal, kembalinya Kubica, delapan tahun setelah mengalami kecelakaan reli, sebenarnya menjadi kesempatan langka dan kisah bagus untuk Williams.

Apalagi, tahun lalu Williams menjalani musim paling buruk dengan finis di posisi buncit klasemen konstruktor. Namun, pembalap berusia 34 tahun itu mengaku tidak memiliki waktu untuk memikirkan hal yang tidak perlu.

"Aku benar-benar fokus di pekerjaanku, fokus di hal-hal yang harus dilakukan. Mencoba untuk belajar sebanyak mungkin yang aku bisa dengan F1," kata Robert Kubica di Albert Park, Melbourne, seperti dikutip Reuters, Kamis (14/03).

Pembalap F1 pertama dari Polandia itu pernah sekali menjuarai balapan F1 pada GP Kanada 2008 ketika membalap untuk tim BMW Sauber. Usai menjalani operasi pada 2012, Kubica kembali ke dunia balap pada tahun itu juga. Lalu dia menikmati sejumlah kesuksesan di kejuaraan reli dunia WRC sebelum turun di F1 sebagai pembalap cadangan Williams tahun lalu.

Yang bikin terharu, para suporter mengibarkan spanduk lebar sebagai bentuk dukungan untuk Kubica ketika peluncuran F1 musim 2019 di Albert Park, Melbourne, Rabu (13/3). Kemudian, pembalap Australia Daniel Ricciardo memimpin sesi penghormatan kepada Kubica ketika jumpa pers pra-balapan, kemarin.

"Robert menyebutkan dia sudah menjalani istirahat selama musim dingin yang panjang. Saya kira, kita semua tidak tahu sejauh apa upaya yang dia tempuh untuk bisa kembali ke sini," kata pRicciardo yang membela Renault itu.

Formula 1 telah memperkenalkan aturan baru yang memberikan satu poin tambahan bagi pembalap dengan waktu putaran tercepat dengan catatan dia finis 10 besar."Ini adalah masa yang sulit, tapi kami harus meyakinkan bahwa kami melakukan semua yang kami bisa di situasi sekarang," kata Kubica.

Race pembuka F1 2019 akan digelar di Melbourne, Albert Park, Melbourne, Minggu (17/3) pukul 12:10 WIB. Sesi latihan dan kualifikasi akan digelar pada Jumat hari ini dan Sabtu besok.

Juara dunia Formula 1 lima kali Lewis Hamilton tidak mau sesumbar mengincar gelar juara dunia pada musim balapan F1 tahun ini. Ini karena Mercedes masih memiliki banyak kelemahan yang harus segera dipecahkan untuk bisa bersaing di papan atas.

Hamilton mengaku, saat ini dia akan fokus membawa mobil balap F1 Mercedes W10 yang ia kendarai melintasi garis finis pada seri pembuka yang akan digelar di Albert Park, Melbourne, pada Minggu (17/3)."Ini musim yang panjang, jadi secara khusus saya tidak merasakan tekanan itu (menjadi juara)," kata Hamilton.

Mercedes adalah satu dari dua tim F1 yang mempertahankan susunan pembalapnya musim ini. Selain Hamilton, satu pembalap lainnya adalah Valtteri Bottas yang akan menjadi rekan Hamilton untuk musim ketiga mereka berturut-turut. (wsa/fin/zul)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Menunggu Duel Panas SM versus Stapac

Menunggu Duel Panas SM versus Stapac

Indonesian Basketball League (IBL) musim 2018-2019 telah memasuki babak final.


Dua Pasangan Indonesia Tembus ke Semifinal

Dua Pasangan Indonesia Tembus ke Semifinal

Dua di antara lima wakil Indonesia memastikan tiket semifinal Jepang Open 2018. Hari ini lawan tangguh sudah menunggu mereka di Musashino Forest Sports Plaza.


Revans Final Tahun Lalu

Revans Final Tahun Lalu

Aksi Jayson Tatum menggagalkan serangan terakhir Philadelphia 76 ers saat Game 5 babak kedua playoff.


Gatlin Pecat Langsung Dua Pelatihnya

Gatlin Pecat Langsung Dua Pelatihnya

Sprinter terbaik Amerika Serikat Justin Gatlin langsung mengambil tindakan tegas kepada pelatih dan juga agennya yakni Dennis Mitchell dan Robert Wagner.


Williams Hampir Pasti Pilih Sirotkin

Williams Hampir Pasti Pilih Sirotkin

Persaingan Sergey Sirotkin dan Robert Kubica memperebutkan satu kursi kemudi tersisa di tim Williams-Mercedes tampaknya sudah berakhir.


Kubica Sudah Selesaikan 100 Lap

Kubica Sudah Selesaikan 100 Lap

Robert Kubica makin dekat dengan comebacknya ke ajang Formula 1.


Motor Lebih Kencang, tapi Bingung

Motor Lebih Kencang, tapi Bingung

Musim MotoGP 2017 telah berakhir. Tak perlu menunggu lama untuk mulai mempelajari gambaran awal peta kekuatan tim-tim top untuk musim depan.


Kubica Jalani Tes Bersama Williams

Kubica Jalani Tes Bersama Williams

Proses seleksi untuk menentukan satu pembalap yang bakal mengisi kursi balap Williams-Mercedes musim depan semakin gencar dilakukan.


Sainz ke Renault, Peluang Kubica Tertutup

Sainz ke Renault, Peluang Kubica Tertutup

Deal besar-besaran mengiringi usaha McLaren untuk mendapat pasokan mesin Renault musim depan.


Kubica Ngos-ngosan Jinakkan F1 2017

Kubica Ngos-ngosan Jinakkan F1 2017

Tak ada yang bisa merasakan betapa beratnya mengendarai mobil Formula 1 edisi 2017, selain pembalapnya sendiri.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!