Sport
Share this on:

Mercedes Tetap Favorit

  • Mercedes Tetap Favorit
  • Mercedes Tetap Favorit

SINGAPURA - Mercedes masih menjadi favorit menjelang GP Singapura akhir pekan ini. Performa tim Silver Arrows di Singapura cukup konsisten sejak 2016 silam. Hingga kini mereka belum terkalahkan dalam tiga musim terakhir di Sirkuit Jalanan Marina Bay Singapura.

Padahal sebelumnya, GP Singapura merupakan salah satu sirkuit yang menyulitkan Mercedes dalam waktu yang cukup lama. "Tetapi kami melakukan sejumlah terobosan baru dan tampil bagus tahun lalu," ujar Team Principal Mercedes Toto Wolff sebagaimana dikutip Crash.

Secara teknik, balapan di Singapura berbanding terbalik dengan race terakhir Monza, Italia. Layout Sirkuit Jalanan Singapura mengandalkan lebih banyak downforce. Yakni dua kali lebih besar ketimbang di Monza. Itu menjadi kesempatan terbaik Mercedes untuk kembali menguasai podium pertama.

Sedangkan, bagi Ferrari, situasi tersebut bisa menjadi persoalan besar. Sebab, Tim Kuda Jingkrak sejauh ini lebih dikenal dengan mengandalkan power yang besar. Adapun dalam hal downforce mereka boleh dibilang yang paling jelek di antara tiga tim papan atas saat ini, selain Mercedes dan Red Bull.

"Di atas kertas, balapan di Singapura tidak terlalu bagus buat kami, karena perbedaan layout sirkuit. Dengan banyaknya tikungan lambat, dan sedikit track lurus," papar Leclerc.

Atas alasan itu pula, Red Bull dijagokan bisa memberikan tekanan dan persaingan yang sengit kepada Mercedes pada balapan akhir pekan ini. Sebelumnya, Red Bull mengorbankan balapan di Belgia dan Italia dengan konsekuensi bisa menggunakan power unit spec 4.

Max Verstappen dan Alexander Albon bergantian mendapatkan penalti di Sirkuit Spa-Francorchamps dan Monza. Mereka harus turun grid saat melewati start di dua race terakhir. Sekarang, mereka bisa leluasa memacu RB15 di Singapura akhir pekan ini.

Balapan akhir pekan ini juga akan menampilkan kondisi sesungguhnya, apakah Albon bisa menandingi performa Verstappen dalam kondisi normal. Selain itu, race kali ini menjadi ajang pembuktian buat pembalap Thailand tersebut. Albon berupaya keras mempertahankan posisinya di Red Bull musim depan, setelah dipromosikan pasca jeda musim panas lalu.

Bagi Albon, GP Singapura selayaknya home race. Sebab, jarak antara Thailand dan Singapura sekitar dua jam perjalanan via pesawat terbang. "Ini momen terbaik buat keluarga saya dna siapapun (dari Thailand) untuk datang dan menyaksikan balapan," kata Albon dikutip The Straits Times.

Salah satu upaya yang dijalankan Ferrari untuk bisa bersaing di papan atas pada balapan di Singapura yakni membuat terobosan baru. Informasi yang beredar, Ferrari mengubah tiga bagian mobil yang bisa berpengaruh pada balapan. Yakni di area sayap depan, floor, dan nose. Langkah tersebut dimaksimalkan agar SF90 bisa lebih berdaya di sirkuit yang mengandalkan downforce yang cukup tinggi. (fin/zul/ful)

Berita Sebelumnya

Pesepakbola Belanda Ditembak Mati
Pesepakbola Belanda Ditembak Mati

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Tetap di WSBK, Bautista Urung Balik ke MotoGP

Tetap di WSBK, Bautista Urung Balik ke MotoGP

Isu "comeback" pembalap veteran Alvaro Bautista ke MotoGP bersama tim KTM tahun depan resmi terbantahkan.


Sinyal Bahaya dari Vettel

Sinyal Bahaya dari Vettel

Ferrari sukses menghentikan pesta Mercedes dalam tiga balapan terakhir. Situasi itu memberikan sinyal bahaya bagi Tim Silver Arrows bila tidak segera melakukan


Timnas U16 vs Kepulauan Mariana, Tetap Fokus Garuda Muda

Timnas U16 vs Kepulauan Mariana, Tetap Fokus Garuda Muda

Timnas U16 bakal menjalani laga kedua babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 Grup G menghadapi Kepulauan Mariana Utara, Rabu (18/9) malam ini.


Dimulai Pekan Ini, Juventus Masih Favorit Juara Serie A

Dimulai Pekan Ini, Juventus Masih Favorit Juara Serie A

Genderang perang Serie A Italia akan ditabuh, Minggu (25/8) dinihari. Juventus masih favorit scudetto, namun mereka akan mendapatkan perlawanan lebih sengit mus


PON Tetap Jalan Meski Papua Mencekam

PON Tetap Jalan Meski Papua Mencekam

Kerusuhan yang terjadi di berbagai wilayah porvinsi papua dan Papua Barat nampaknya tidak mengganggu persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua.


Bukan Favorit, Marquez Simpan Kenangan Pahit di Silverstone

Bukan Favorit, Marquez Simpan Kenangan Pahit di Silverstone

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez masih mencari celah agar bisa naik podium di seri MotoGP Inggris.


Zarco Buka Peluang ke Moto2

Zarco Buka Peluang ke Moto2

Johann Zarco mengatakan akan tetap berada MotoGP hingga musim depan, meski telah memutuskan kontrak bersama tim Red Bull KTM, awal bulan lalu.


Tetap di Moto2, Alex Marquez Urung Bersaing dengan Marc

Tetap di Moto2, Alex Marquez Urung Bersaing dengan Marc

Sempat digadang-gadang menjadi rival sang kakak, Alex Marquez malah meneken kontrak baru Moto2 bersama Marc VDS hingga tahun 2020.


Kevin/Marcus Tetap Konsisten

Kevin/Marcus Tetap Konsisten

Prestasi gemilang terus ditorehkan oleh Kevin Sanjaya Sukamuljo yang berpasangan dengan Marcus Fernaldi Gideon di berbagai ajang belakangan ini.


Level Tinggi, Mamota Tetap Waspada

Level Tinggi, Mamota Tetap Waspada

Tunggal putra Jepang Kento Momota, walaupun menjadi unggulan pertama di turnamen Blibli Indonesia Open 2019, tidak akan lengah.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!