Sport
Share this on:

Misi Bola Voli Pantai Pertahankan Posisi

  • Misi Bola Voli Pantai Pertahankan Posisi
  • Misi Bola Voli Pantai Pertahankan Posisi

JAKARTA - Empat pasang pebola voli pantai Indonesia kembali akan tampil di kompetisi level Asia. Kali ini, mereka akan tampil di Grand Front Osaka Master 6-9 Oktober. Kejuaraan yang bertitle Asian Volleyball Championship (AVC) Beach Tour tersebut menjadi wadah pasangan Ade Candra/Muhammad Asfiya untuk tampil di papan atas.

Pada dua AVC Beach Tour sebelumnya di Thailand April lalu, keduanya back to back menjadi runner up. Kali ini, mereka datang ke Osaka, Jepang dengan status juara Asia Tenggara. Pada 30 September lalu, Candra/Asfiya menundukkan Nuttanon Inkiew/Padsawud Sedtawat unggulan Thailand, 21-19, 21-14 pada partai final Asean Championship 2017.

"Tapi level AVC ini lawannya semakin berat, karena ada Qatar, Australia ataupun tuan rumah Jepang," ujar Asfiya saat dikonfirmasi Jawa Pos via pesan singkat kemarin (4/10).

Bagi Tim Indonesia, tampil di pentas internasional menjadi hal yang wajib. Itu semata untuk menjaga kans Indonesia dalam persaingan di Asian Games 2018 mendatang.

Selain Candra/Asfiya, Indonesia juga mengirim tiga pasangan lainnya. Antara lain, Gilang Ramadhan/Danangsyah Pribadi, plus dua pasangan puti, Dhita Juliana/Putu Utami dan Desi Ratnasari/Eka Yokebed. Keempat pasangan tersebut menjadi tumpuan Indonesia menuju AG 2018.

"Yang penting sekarang, fokusnya harus terus dijaga, strategi gak lupa dengerin instruksi pelatih," terang atlet asal Sidoarjo itu. Terpisah, Koko Prasetyo Darkuncoro, pelatih tim putra pelatnas menerangkan bahwa hasil evaluasi dari turnamen sebelumnya lebih mengarah ke aspek menyempurnakan skill individu pemain.

"Menjaga posisi di tiga besar itu jadi target kami di Jepang, dari situ kami naikkan lagi untuk juara," beber Koko. Saat ini, Candra/Asfiya menempati seeded keempat. Meskipun demikian, peluang Indonesia masih cukup terjaga dengan bermodalkan gelar dari Singapura pekan lalu.

Lebih lanjut, menuju ke Asian Games 2018, Koko berharap adanya kebijakan yang mengakomodir kepentingan pelatnas. Salah satunya mengikuti world tour. Menurut Koko, itu menjadi harga mati buat Indonesia untuk tetap berada di level kompetisi tertinggi.

Voli Pantai Indonesia punya tradisi cukup bagus di pentas Asian Games. Pada edisi terakhir di 2014 Incheon, Korea Selatan, Indonesia gagal mendulang medali. Pada perebutan perunggu, Koko yang saat itu masih menjadi atlet berpasangan dengan Ade Candra. Mereka kalah dari pasangan Tiongkok Bao Jian/Ha Likejiang.

"Kalau mau emas Asian Games, ya harusnya kami diberikan pengalaman dan ilmu ke kelas kompetisi yang lebih tinggi," urai pria yang juga Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kemenpora tersebut. Hari ini dijadwalkan technical meeting untuk menentukan drawing turnamen. (nap/jpg)

Berita Sebelumnya

Tetap Batasi Ajang untuk Owi/Butet
Tetap Batasi Ajang untuk Owi/Butet

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Makin Cepat, tapi Belum Saatnya Berpikir Juara

Makin Cepat, tapi Belum Saatnya Berpikir Juara

Finis di podium ketiga di GP Italia, Minggu (3/6) mendongkrak posisi bintang Movistar Yamaha Valentino Rossi ke posisi kedua klasemen sementara.


Kalahkan Kazakhstan, Indonesia ke Final Lienvietpostbank

Kalahkan Kazakhstan, Indonesia ke Final Lienvietpostbank

Penampilan apik tim nasional voli putra Indonesia di Turnamen Bola Voli Internasional Piala Lienvietpostbank.


Jelang Asian Games, Tim Putra Pemanasan di Vietnam

Jelang Asian Games, Tim Putra Pemanasan di Vietnam

Tim putra Indonesia memanaskan mesin pada Turnamen Bola Voli Internasional Piala Lienvietpostbank yang berlangsung di Ha Nam, Vietnam.


Alvin Janji Lebih Garang di Seri-3

Alvin Janji Lebih Garang di Seri-3

Pembalap andalan tim Honda Racing Indonesia, Alvin Bahar makin bergairah paska meraih posisi kedua di kelas Kejurnas Indonesia Touring Car (1600 Max.


Riko Ingin Tembus Timnas Garuda

Riko Ingin Tembus Timnas Garuda

Riko Simanjuntak telah mengawali karir profesionalnya sebagai pemain sepak bola sejak 2012 dengan membela PSMS Medan.


Atleti Mulai Krisis Amunisi

Atleti Mulai Krisis Amunisi

Atletico Madrid masih mengincar posisi runner up La Liga dan trofi Europa League.


PBVSI Mulai Panaskan Mesin

PBVSI Mulai Panaskan Mesin

Gelaran proliga sudah rampung dua pekan lalu. Selanjutnya, pelatnas voli indoor mulai digeber hari ini.


Jempol! Enam Laga Tak Terkalahkan

Jempol! Enam Laga Tak Terkalahkan

Tim polo air putra Jatim memastikan posisi sebagai juara umum dengan sempurna.


Misi Pembuktian Hanna

Misi Pembuktian Hanna

Tim putri Indonesia kini tengah mempersiapkan diri menuju Thomas-Uber Cup 2018.


Ansori Tukangi Timnas Voli Putri Asian Games

Ansori Tukangi Timnas Voli Putri Asian Games

Badan Tim Nasional Pengurus Pusat Persatuab Bola Voli Seluruh Indonesia memilih Muhammad Ansori sebagai pelatih tim nasional voli putri Asian Games 2018.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!