Sport
Share this on:

Mobil Sudah Dimodifikasi, Perang Baru Akan Dimulai

  • Mobil Sudah Dimodifikasi, Perang Baru Akan Dimulai
  • Mobil Sudah Dimodifikasi, Perang Baru Akan Dimulai

BARCELONA - Peta persaingan perebutan gelar juara dunia Formula 1 akan semakin terang ketika balapan memasuki seri Eropa. Di daratan biru tersebut tim-tim peserta akan menggenjot upgrade pengembangan mesin dan mobil.

Karena faktor itu pula, tidak berlebihan jika Non-executive Chairman Mercedes Niki Lauda menyatakan bahwa pertarungan yang sebenarnya baru akan dimulai akhir pekan ini di Barcelona. Eropa adalah benua dimana seluruh tim Formula 1 bermarkas. Mayoritas ada di Inggris.

Dengan kedekatan geografis itulah maka biaya pengiriman spare parts yang harus dicoba lebih murah. Kesempatan inilah yang selalu dimanfaatkan tim-tim peserta untuk menjajal upgrade yang sudah dikembangkan sebelumnya.

Tentu ada yang berhasil, ada juga yang gagal. Sementara Ferrari dan Red Bull diprediksi akan fokus pada aerodinamika untuk mendapatkan lap time yang bagus, Mercedes sepertinya bakal bekerja mengurangi beban mobil.

Isu inilah yang diyakini berkontribusi pada masalah stabilitas mobil di awal musim. Disebutkan bahwa W08 mengalami kelebihan berat badan sampai enam kilogram.

Salah satu penyebabnya adalah gearbox original diganti dengan unit yang lebih berat saat uji coba pra musim. Dampaknya, mobil Mercedes mengalami kesulitan dalam menjaga usia ban dibandingkan dengan Ferrari.

Skuat Kuda Jingkrak memiliki mobil yang adaptif dengan pilihan ban yang bervariasi. Nah, pengenalan gearbox yang lebih ringan inilah menjadi salah satu upgrade besar di Barcelona akhir pekan ini. Plus perubahan suspensi depan dan belakang untuk mendapatkan distribusi berat yang lebih baik.

Inilah yang akan ikut menentukan wajah persaingan perebutan gelar juara dunia F1 di sisa musim. Lauda mengatakan, persaingan Mercedes dan Ferrari bisa berubah wajah. Tergantung keberhasilan pengembangan mobil masing-masing tim.

''Sangat sederdana. Semua tim akan datang dengan upgrade mobil. Musim ini akan dimulai dari awal dan siapapun yang memiliki upgrade lebih baik, kita belum tahu. Tapi kita akan segera menyaksikannya di Barcelona, di sesi latihan dan balapan,'' ucap Lauda dilansir Motorsport.

Namun di sisi lain, Ferrari dan Mercedes adalah dua mobil F1 yang berbeda secara konsep. Ferrari punya wheelbase dan juga panjang mobil secara keseluruhan yang lebih pendek.

Itulah salah satu faktor mengapa mobilnya lebih ringan. Sementara Mercedes, seperti banyak mobil tim-tim lainnya, memiliki wheelbase lebih panjang dengan prioritas memberikan ruang cukup lebar antara ban depan dengan bagian depan sidepod.

Bagian ini sangat krusial secara aerodinamika. Tentu jangan dilupakan juga hasil kerja Adrian Newey yang akan mengubah performa Red Bull.

Selain persaingan antar tim, pertarungan pembalap juga akan semakin menarik. Terutama setelah Valtteri Bottas memenangi seri Russia dengan gemilang. Kini posisinya di urutan ketiga dengan defisit hanya 10 poin dari rekan setimnya di Mercedes Lewis Hamilton dan 23 poin dari pimpinan klasemen Sebastian Vettel (Ferrari).

Posisi ini menunjukkan bahwa perebutan gelar juara dunia tidak lagi hanya antara Hamilton dan Vettel. ''Tidak ada yang tahu. Rusia hanya satu balapan, dia (Bottas) bisa menang dan kini kita harus menunggu dan melihat apa yang akan terjadi. Yang pasti dia adalah pengganti yang bagus bagi Nico Rosberg, Aku harus mengakuinya karena dua kali pole dan satu kemenangan di balapan keempat itu benar-benar bukan performa buruk untuk kami,'' terang Lauda. (cak/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Adik Marquez Bertahan Di Moto2

Adik Marquez Bertahan Di Moto2

Tahun depan, sejumlah pembalap Moto2 sudah dipastikan bakal naik kelas ke MotoGP. Ada beberapa lainnya yang kemungkinan menyusul.


LeBron kembali Tolak Timnas AS

LeBron kembali Tolak Timnas AS

LeBron James tampaknya kembali akan mengambil keputusan tidak ambil bagian dalam seleksi skuad timnas basket Amerika Serikat (AS).


M1 2019 Lebih Gelap

M1 2019 Lebih Gelap

Yamaha YZR-M1 yang ditunggangi Valentino Rossi dan Maverick Vinales dipastikan akan mengalami perubahan livery musim depan.


Juara Lagi, Marquez Kin9 of the Ring

Juara Lagi, Marquez Kin9 of the Ring

''Saya akan menikmati balapan akhir pekan ini.'' Itulah janji Marc Marquez sebelum rangkaian GP Jerman dimulai akhir pekan lalu.


Tenang, Marquez Sudah Pede

Tenang, Marquez Sudah Pede

Raja Sachsenring Marc Marquez melakukan pendekatan berbeda dalam mempersiapkan setingan motornya untuk balapan besok.


Duel Pacman Diprediksi Bakal Berakhir KO

Duel Pacman Diprediksi Bakal Berakhir KO

Jelang duel kontra Lucas Matthysse pada Minggu pagi di Axiata Arena, pihak Manny Pacquiao sudah mulai menebar ancaman.


Rampung, CR7 Dikontrak Juventus Rp1,8 Triliun

Rampung, CR7 Dikontrak Juventus Rp1,8 Triliun

Tuntas sudah transfer Cristiano Ronaldo. Real Madrid, Juventus dan si pemain sendiri mengonfirmasi kepindahan dari Madrid ke Juventus.


Siapa Mampu Tumbangkan Marquez

Siapa Mampu Tumbangkan Marquez

Menyebut raja di MotoGP, di sana akan ada Jorge Lorenzo dengan Barcelona-nya, Valentino Rossi dengan Assen-nya, dan Marc Marquez dengan Sachsenring-nya.


Tinggalkan Spurs, Parker Pilih Hornet

Tinggalkan Spurs, Parker Pilih Hornet

Selesai sudah kebersamaan point guard senior Tony Parker dengan San Antonio Spurs selama 17 musim.


Regulasi Baru Lebih Menguntungkan

Regulasi Baru Lebih Menguntungkan

IWF (Federasi angkat besi dunia) sudah memutuskan adanya regulasi baru untuk menyongsong Olimpiade Tokyo 2020.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!