Sport
Share this on:

Naturalisasi Juara F4, Indonesia Berpeluang Tampil di F1 Lagi

  • Naturalisasi Juara F4, Indonesia Berpeluang Tampil di F1 Lagi
  • Naturalisasi Juara F4, Indonesia Berpeluang Tampil di F1 Lagi

JAKARTA - Setelah Rio Haryanto, Indonesia akan menambah para pembalap yang akan berkiprah di ajang jet darat, Formula One (F1). Salah satunya, Luis Leeds Mahendra, Pembalap berdarah Australia-Indonesia berniat membawa Indonesia bercokol di panggung balap F1.

Kamis (12/9), Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menerima lawatan Pebalap Formula Racing Car itu di ruang kerjanya. Dalam kesempatan itu, Luis ditemani sang ibu, Maria Leeds, manajernya Stuart (Manager Luis) dan mantan Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat, Dino Pati Djalal.

Kepada Imam, pembalap berusia 19 tahun itu mengungkapkan kesediaannya bisa menjadi wakil Indonesia tampil di ajangFormula 1pada 2021 mendatang. "Leeds ingin kita mendukungnya mendapatkan kewarganegaraannya maupun saat nanti tampil di F2 atau F1. Tentunya kita bangga, ada anak bangsa di luar sana bercita-citanya mengharumkan nama Indonesia. Semoga bisa terwujud," kata Imam.

Imam mengatakan, pihaknya akan mendukung Leeds mendapatkan kewarganegaraannya. Apalagi usianya yang masih muda bisa memberi harapan Indonesia berkiprah di blantika balap dunia. "Tentunya Indonesia sangat memberikan dukungan penuh kepada Luis, baik saat nanti ia berusia 21 tahun untuk memilih kewarganegaraan maupun untuk tampil mewakili Indonesia di Formula 1," paparnya.

"Dan ini akan menjadi satu harapan besar bagi masyarakat Indonesia. Karena itu, Luis akan kami kawal sehingga cita-citanya untuk mengharumkan nama Indonesia bisa terwujud dengan baik," jelas Imam.

Luis Leeds merupakan pembalap mobil kelahiran 6 Maret 2000. Ia memiliki dua kewarganegaraan Australia dan Indonesia. Ayahnya Dean Leeds berkebangsaan Australia sementara ibunya Maria Leeds adalahwarga negara Indonesia yang berasal dari Nganjuk, Jawa Timur.

Meski memiliki dua kewarganegaraan, pembalap dari tim 23Red Racing itu tetap tak melupakan Indonesia. Bahkan, Luis Leeds memasang bendera merah putih di mobil yang biasa ia gunakan saat pertandingan.

Sementara itu, Dino Patti Djalal mengatakan bahwa di usia 19 tahun, Luis ini mempunyai dua paspor, Australia dan Indonesia. Pada usia 21, Luis harus menentukan kewarganegaraanya. Namun Luis bertekad untuk menjadi warga negara Indonesia.

"Sekarang Luis sudah menjadi juara di Kejuaraan Formula 4 dan saat ini ia akan bertanding di kejuaraan Formula 2, dan dua tahun lagi, saat Luis berusia 21 tahun ia akan memilih warga Indonesia, Insyaallah ia ikut kejuaraan Formula 1 untuk mewakili Indonesia," tandasnya. (gie/zul/fin/tgr)

Berita Sebelumnya

Audisi PB Djarum Berubah Nama
Audisi PB Djarum Berubah Nama

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Ginting Mulus, Tommy Langsung Tersingkir

Ginting Mulus, Tommy Langsung Tersingkir

Nasib berbeda diterima dua tunggal putra Indonesia di babak pertama French Open 2019, Selasa (22/10) kemarin..


Gelar Pertama Praveen/Melati

Gelar Pertama Praveen/Melati

Indonesia kembali unjuk gigi di Eropa. Hasil menggembirakan datang dari pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di Denmark Open 2019.


PBSI dan Kumamoto Teken Kerja Sama

PBSI dan Kumamoto Teken Kerja Sama

Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) meneken kerja sama dengan Kumamoto Jepang.


Minions dan Praveen/Melati Juara di Denmark

Minions dan Praveen/Melati Juara di Denmark

Pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon mempertahankan gelar juara ganda putra Denmark Open setelah mengalahkan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan,


Greysia/Apri Mulus, Tunggal Putri Habis

Greysia/Apri Mulus, Tunggal Putri Habis

Pasangan ganda putri andalan Indonesia, Greysia Poli/Apriyani Rahayu berhasil melangkah ke babak kedua Denmark Open 2019.


Bawa Pulang Piala Suhandinata dan Satu Juara Dunia

Bawa Pulang Piala Suhandinata dan Satu Juara Dunia

Pencapaian gemilang didapat tim bulutangkis junior Indonesia pada ajang World Junior Championships 2019 atau Kejuaraan Bulutangkis Dunia Junior 2019.


Danny Kosasih Nyalon Lagi

Danny Kosasih Nyalon Lagi

Ketua Pengurus Pusat Persatuan Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) Danny Kosasih kembali mencalonkan diri sebagai Ketua Umum PP Perbasi Periode 2019-2023.


Lawan Tiongkok, Timnas U23 Disambut Cuaca Dingin

Lawan Tiongkok, Timnas U23 Disambut Cuaca Dingin

Tim Tirai Bambu (sebutan Cina) menjadi lawan pertama Timnas U-23 Indonesia di laga pembuka CFA Team China Chongqing Gorges Bank Cup International Football Tourn


KOI Targetkan Indonesia Tuan Rumah Olimpiade 2032

KOI Targetkan Indonesia Tuan Rumah Olimpiade 2032

Setelah terpilih sebagai Ketua Umum Komite Olimpade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari langsung membidik percepatan proses persiapan Indonesia mengambil alih


Kirim 16 Atlet ke Qatar, Indonesia Target Satu Emas

Kirim 16 Atlet ke Qatar, Indonesia Target Satu Emas

Kontingen Indonesia yang akan berlaga di ANOC World Beach Games 2019 di Qatar dilepas Plt Menpora Hanif Dhakiri, Selasa (7/10) siang.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!