Sport
Share this on:

Nishikori Lebih Kaya dari Nadal

  • Nishikori Lebih Kaya dari Nadal
  • Nishikori Lebih Kaya dari Nadal

TOKYO - Kei Nishikori menjadi representasi Asia di pentas tenis dunia. Merujuk data yang dilansir Forbes, sepanjang 2019 lalu, petenis 29 tahun itu mengantongi USD 37,3 juta (Rp532,8 miliar). Kini, dia menempati peringkat 35 sebagai atlet dengan bayaran termahal di dunia.

Jumlah tersebut merupakan akumulasi hadiah turnamen dan dari para sponsor petenis Jepang tersebut. Adapun, Roger Federer menjadi petenis dengan pundi-pundi uang terbanyak di dunia. Petenis Swiss itu mengumpulkan USD 93,4 juta (sekitar Rp1,3 triliun) sekaligus menempati peringkat lima dunia.

Sedangkan, petenis peringkat 1 dunia, Novak Djokovic berada di posisi 17 dunia. Diam mengemas USD 50,6 juta (sekitar Rp724,8 miliar) sepanjang. Di sisi lain, raja lapangan tanah liat, Rafael Nadal masih kalah dari Nishikori. Nadal mengumpulkan USD 35 juta (sekitar Rp501,3 miliar) sepanjang 2019 lalu. Nadal hanya terpaut 2 strip di bawah Nishikori di peringkat atlet berpenghasilan terbanyak di dunia.

Nadal boleh saja lebih unggul dalam hal mengumpulkan hadiah turnamen. Tetapi, Nishikori punya keunggulan lain, yakni menjadi magnet para sponsor, terutama dari Jepang. Dia mengemas USD 33 juta (sekitar Rp472,8 juta) dari para sponsor. Lebih banyak USD 8 juta (sekitar Rp114 miliar) dari apa yang didapatkan Nadal.

Di tenis profesional, Nishikori menancapkan jejaknya sejak 2007 silam. Setahun berikutnya, dia menggamit gelar pertamanya di ATP Tour, tepatnya di Delray Beach Tournament 2008. Di partai final dia mengalahkan petenis Amerika Serikat, James Blake, 3-6, 6-1, 6-4.

Sosok Nishikori yang juga peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 terpatri dengan betul di ingatan John Butler, direktur eksekutif Delray Beach Tournament. Menurutnya, Nishikori paham betul bagaimana menyongsong karirnya di level profesional. "Meski saat itu dia bukanlah siapa-siapa di tenis dunia," ujar Butler dikutip CNBC.

Sejak usia 18 tahun, Nishikori sudah merancang "Project 45". Yakni, sebuah misi untuk melewati peringkat dunia pendahulunya, Shuzo Matsuoka yang beredar di era 1990 an. Project 45 merujuk peringkat terbaik dunia Matsuoka di posisi 46.

Target tersebut sudah terlampaui. Saat ini, petenis kelahiran 29 Desember 1989 itu bahkan menempati peringkat 7 dunia. Dia sempat bertengger di posisi keempat sektor tunggal putra dunia pada 2014 silam. Capaian terbaiknya yakni menjadi finalis di Amerika Serikat Terbuka di tahun yang sama.

Dengan segala pencapaiannya, Nishikori menjadi pilihan sponsor dari Jepang untuk menjadikan dia sebagai global ambassador. Dia juga cukup aktif dalam bersosial media. Hingga kini, dia memiliki 1 juta pengikut di Twitter, dan lebih dari 500 ribu pengikut di Instagram. Dia menjadi teladan dan contoh bagus buat para pemain muda yang. Dia memaksimalkan apa yang dia kuasai dan tidak memilik kelemahan," terang Butler. (afp/nap/zul/ful)

Berita Sebelumnya

Toronto Raptors Luar Biasa
Toronto Raptors Luar Biasa

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Johann Zarco Pilih Mundur

Johann Zarco Pilih Mundur

Johann Zarco memilih mengundurkan diri dari MotoGP 2019 disaat race masih tersisa enam balapan lagi, Kamis (19/9) kemarin.


Unggul Jauh, Kans Marquez Juarai MotoGP Lebih Awal

Unggul Jauh, Kans Marquez Juarai MotoGP Lebih Awal

Gelaran MotoGP tinggal tujuh seri lagi. Pembalap Repsol Honda Marc Marquez masih memuncaki klasemen rider MotoGP dengan 250 poin.


Bukan CR7 tapi CR700

Bukan CR7 tapi CR700

Nama Cristiano Ronaldo makin membumbung tinggi. Ini terlihat dari sejumlah headline halaman muka media-media ternama di Eropa.


Usai Bertarung Lima Set, Nadal Pastikan Grand Slam ke-19

Usai Bertarung Lima Set, Nadal Pastikan Grand Slam ke-19

Rafael Nadal kembali meraih gelar juara US Open 2019 setelah menundukkan unggulan ke empat, Daniil Medvedev 7-5, 6-3, 5-7, 4-6, dan 6-5.


Kakak Kawhi Leonard Dituduh Merampok

Kakak Kawhi Leonard Dituduh Merampok

Kakak perempuan superstar NBA Kawhi Leonard menjadi satu dari dua wanita yang dituduh merampok dan membunuh nenek berusia 84 tahun di sebuah kasino di Californi


Napoli Segel Llorente dari Spurs

Napoli Segel Llorente dari Spurs

Masa depan Fernando Llorente akhirnya terjawab. Napoli akhirnya berhasil mendatangkan pemain eks Juventus itu dari Tottenham Hotspur.


Service Nadal Benamkan Chung

Service Nadal Benamkan Chung

Tanpa kesulitan berarti, Rafael Nadal melaju ke putaran keempat US Open 2019 setelah meraih kemenangan 6-3, 6-4, 6-2 atas Chung Hyeon.


Juara Dunia Lagi, The Daddies Kaya Mendadak

Juara Dunia Lagi, The Daddies Kaya Mendadak

Pasangan ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan berhasil meraih gelar juara pada Kejuraan Bulu Tangkis Dunia 2019 atau World Championship 2019 di


Australia Putus 78 Kemenangan AS

Australia Putus 78 Kemenangan AS

Pelatih basket veteran Amerika Serikat Gregg Popovich menegaskan timnya akan tampil lebih baik setelah kalah dari Australia pada laga persahabatan.


Cedera Lutut, Kevin Anderson Mundur US Open

Cedera Lutut, Kevin Anderson Mundur US Open

Kabar mengejutkan datang dari petenis Kevin Anderson. Ia mengundurkan diri dari turnamen US Open karena mengalami cedera lutut.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!