Sport
Share this on:

Nole Kembali Rasakan Semifinal

  • Nole Kembali Rasakan Semifinal
  • Nole Kembali Rasakan Semifinal

LONDON - Harapan Novak Djokovic menemukan kembali performa terbaik yahg hilang dalam setahun terakhir mulai membuahkan hasil. Mantan ranking satu dunia tersebut kemarin memastikan satu tiket di semifinal grand slam Wimbledon. Dia mendapatkannya pasca menghentikan perlawanan Kei Nishikori 6-3, 3-6, 6-2, 6-2.

Ini menjadi semifinal pertama Nole, sapaan akrab Djokovic di ajang mayor sejak Amerika Serikat (AS) Terbuka 2016. Sejak saat itu, dalam lima penampilan di ajang grand slam mentok dia hanya mampu mencapai babak perempat final.

“Saya bekerja sangat keras untuk kembali mendapatkan kondisi seperti ini,” ucap Djokovic usai laga. “Saya merasa kondisi saya terus membaik dari hari ke hari. Dan kini saya bisa kembali tampil di semifinal,” tambah juara grand slam Wimbledon tiga kali tersebut.

Setahun terakhir pemilik 12 titel grand slam itu memang tampil limbung. Dia lebih banyak disibukkan dengan pengobatan cedera siku kanan yang dia derita. Bahkan, petenis 31 tahun itu sempat dua kali naik meja operasi.

Alhasil ranking dunianya sempat melorot tajam. Kini diapun masih menduduki ranking 21 dunia.

Di semifinal Djokovic bakal menghadapi pemenang dari duel antara Juan Martin del Potro kontra Rafael Nadal. Siapapun pemenangnya itu akan menjadi tembok tebal bagi Djokovic.

Sejauh ini sendiri, penampilan Djokovic di semifinal Wimbledon cukup apik. Dari tujuh kali penampilan empat kali dia mampu menembus partai final. Kali terakhir Djokovic menembus final adalah pada 2015. Saat itu dia bablas menjadi juara. Dua trofi Wimbledon lain dia raih pada 2014 dan 2011.

Sementara itu, dari sektor tunggal putri malam nanti sudah akan memainkan babak semifinal. Duel mantan ranking satu dunia Angelique Kerber kontra juara Prancis Terbuka tahun lalu Jelena Ostapenko bakal tersaji. Satu semifinal lain mempertemukan Serena Williams yang bakal mendapatkan perlawanan dari petenis Jerman Julia Goerges.

Bagi Serena ini adalah comeback pertamanya ke semifinal grand slam pasca menyelesaikan cuti panjang hamil dan melahirkan yang membuat rankingnya kini melorot ke peringkat 181 dunia. Dalam berbagai ajang, Serena sudah tiga kali bersua Goerges. Dan head to head sementara adalah 2-1 untuk Serena.

“Tidak ada rahasia, saya sangat benci dengan kekalahan,” ucap Serena dilansir AFP. “Tapi, saya merasa setiap kekalahan telah membuat saya menjadi lebih baik. Jujur ini sedikit mengejutkan bagi saya untuk mampu menembus semifinal,” tambah juara Wimbledon tujuh kali tersebut.

Kali terakhir Serena menjadi kampiun grand slam adalah pada 2016. Enam trofi lain dia raih pada 2015, 2012, 2010, 2009, 2003, dan 2002. “Saya selalu berhadap segera kembali ke performa terbaik. Namun, saat ini semua mulai datang, saya merasa belum sepenuhnya percaya, dan bertanya apa ini benar-benar terjadi,” tambah Serena. (irr/jpg)

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!