Sport
Share this on:

Nunggak Gaji, Klub Dilarang Ikut Kompetisi

  • Nunggak Gaji, Klub Dilarang Ikut Kompetisi
  • Nunggak Gaji, Klub Dilarang Ikut Kompetisi

JAKARTA - Tersendatnya dana subsidi PT LIB kepada klub-klub Liga 2 musim lalu, bisa berdampak pada kelangsungan kompetisi. Sebab, mayoritas klub akan memanfaatkan dana subsidi tersebut untuk membayar tunggakan gaji pemain. Di antaranya PSPS Riau, PSMS Medan, hingga Sriwijaya FC.

Sekertaris Sriwijaya FC Faisal Mursyid bahkan sempat meminta LIB membayarkan langsung kekurangan subsidi itu kepada mantan pemainnya musim lalu. Hal senada juga disampaikan Media Officer PSPS Riau M. Teza Taufik. Reza tak menampik jika belum lunasnya subsidi dari LIB memaksa timnya harus berhutang.

Dampaknya, PSPS tidak bisa bayar gaji beberapa pemain yang totalnya mencapai Rp498 juta. "Itu belum termasuk match fee Piala Presiden 2018 lalu ya," ujar Reza.

Total subsidi yang belum dibayar sendiri mencapai Rp500 juta. Artinya, jika LIB sudah membayar, PSPS tidak akan dilaporkan pemainnya ke APPI. "Jadi kami langsung saja meminta PSSI dan LIB. Kalau itu (subsidi) cair bayarkan ke APPI biar langsung dikasihkan ke pemain. Artinya, kami tidak akan punya hutang kalau subsidi itu lancar," ucapnya.

Bagaimana jika sisa subsidi tak kunjung dibayarkan oleh LIB? Ancamannya tak main-main. Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) bakal melarang tim-tim yang masih punya tunggakan hutang untuk berkompetisi di Liga 2 musim ini. Mereka baru boleh berkompetisi jika tunggakan itu lunas dibayarkan.

Penegasan itu disampaikan Plt Sekjen BOPI Sandi Suwardi Hasan. Menurutnya, komitmen BOPI tidak bisa diganggu gugat. Yakni, kalau kalau klub tak bisa membayar tunggakan, BOPI tidak akan mengeluarkan rekomendasi kompetisi. "Atau tim-tim itu tidak boleh ikut kompetisi," tegas Sandi.

Sandi menuturkan, BOPI sebenarnya tidak peduli dengan friksi antara klub dan operator terkait hak siar televisi, hingga belum cairnya subsidi. Sebab, jika klub Liga 2 profesional, harusnya sebelum berkompetisi punya dana jaminan. "Liga 2 ini paling jadi sorotan khusus di sektor gaji. Bahkan, ada beberapa tim yang masih menggunakan sistem ala tarkam untuk pembayaran pemain," paparnya.

Artinya, pemain di beberapa klub tidak punya kontrak. Para pemain itu dibayar setelah pertandingan. Nilainya beragam tergantung kualitas pemain, bisa Rp500 ribu hingga Rp2 juta. "Itu terbukti ada musim-musim sebelumnya," katanya.

Sistem gaji ala tarkam itulah yang membuat maraknya pengaturan skor. Para pemain gampang disogok untuk mengatur skor. "Jadi musim ini jangan sampai itu terjadi lagi. Mereka tidak bisa mengelak kalau Liga 2 semiprofesional. Kalau naik kasta nanti bagaimana?," ujarnya.

Karena itu, musim ini dalam data klub yang dikirimkan ke BOPI, diwajibkan ada surat lunas tunggakan gaji pemain. "Kami juga mendorong agar LIB memperbanyak live TV. Terutama di pertandingan-pertandingan yang diduga menjadi perselingkuhan. Akibatnya, profesionalisme kompetisi tercederai," jelasnya.

Direktur Sementara LIB Dirk Soplanit ikut angkat bicara, Dia menegaskan komitmennya kepada klub bahwa LIB pasti akan melunasi sisa subsidi musim lalu. Namun, pembayaran akan dilakukan secara perlahan. "Masalah itu (tunggakan gaji) sebenarnya wewenang internal klub ya, LIB sendiri pasti akan membayarnya," terang Dirk. (rid/bas/zul/ful)

Berita Sebelumnya

Penjualan Seret, Harga Bir Naik
Penjualan Seret, Harga Bir Naik

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Digelar di 5 Kota, IBL 3x3 2019 Jadi Ajang Pemanasan Klub

Digelar di 5 Kota, IBL 3x3 2019 Jadi Ajang Pemanasan Klub

Setelah sukses digelar tahun 2018, kini IBL 3x3 Basketball Indonesia Tour kembali dilangsungkan pada tahun ini.


Dikalahkan PSIS, Badak Lampung Melempem di Kandang

Dikalahkan PSIS, Badak Lampung Melempem di Kandang

Perseru Badak Lampung gagal meneruskan tren positifnya untuk meraih kemenangan berturut-turut di kompetisi Liga 1.


PSM Gagal Ciptakan Sejarah

PSM Gagal Ciptakan Sejarah

Salah satu klub Indonesia, PSM Makassar gagal menciptakan sejarah di ajang Piala AFC 2019.


Kalahkan Klub Korea Utara, Samator Juarai Asian Peace Cup

Kalahkan Klub Korea Utara, Samator Juarai Asian Peace Cup

Tim putra Surabaya Bhayangkara Samator sukses mengangkat trofi Asian Peace Cup.



Persib Bandung Optimis Amankan Tiga Poin

Persib Bandung Optimis Amankan Tiga Poin

Setelah libur Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah, laga lanjutan kompetisi Liga 1 Indonesia 2019 akan kembali digulirkan.


Nunggak gaji Pemain, IBL Cabut Lisensi Bogor Siliwangi

Nunggak gaji Pemain, IBL Cabut Lisensi Bogor Siliwangi

Indonesia Basketball League (IBL) mencabut lisensi Tim Bogor Siliwangi dan mencoretnya dari kompetisi bola basket bergengsi di Tanah Air tersebut.


CLS Knight Sabet Gelar Juara ABL

CLS Knight Sabet Gelar Juara ABL

Klub bola basket asal kota Surabaya BTN CLS Knights Indonesia berhasil menjadi juara Asean Basketball League (ABL) musim 2018-2019.


Masuk Kualifikasi Olimpiade 20202, Eko Yuli Tetap Ikut SEA Games

Masuk Kualifikasi Olimpiade 20202, Eko Yuli Tetap Ikut SEA Games

Lifter putra andalan Indonesia, Eko Yuli Irawan dipastikan turut serta dalam SEA Games 2019 di Filipina.


Mino Raiola Disanksi FIFA, Sejumlah Mega Transfer Terancam Batal

Mino Raiola Disanksi FIFA, Sejumlah Mega Transfer Terancam Batal

Agen top sejumlah pemaun dunia, Mino Raiola dilarang melakukan aktivitas di bursa transfer selama tiga bulan.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!