Sport
Share this on:

Nunggak gaji Pemain, IBL Cabut Lisensi Bogor Siliwangi

  • Nunggak gaji Pemain, IBL Cabut Lisensi Bogor Siliwangi
  • Nunggak gaji Pemain, IBL Cabut Lisensi Bogor Siliwangi

Foto: mainbasket

**JAKARTA ** - Indonesia Basketball League (IBL) terpaksa mencabut lisensi tim Bogor Siliwangi dan mencoretnya di keiiktusertaanya di kompetisi olahraga bola basket paling bergengsi di Tanah Air tersebut. Hal itu lantaran tim asal Bogor Kota itu tak mampu memenuhi kewajibannya sebagai salah satu klub profesional.

Permasalahan penunggakan gaji pemain dan ketidaksanggupan memenuhi syarat berkompetisi menjadi alasan IBL mencabut lisensi Bogor Siliwangi. "Mereka (Bogor Siliwangi, red) tak bisa memenuhi kewajiban melunasi tunggakan gaji pemain serta kewajiban-kewajiban lainnya," ungkap Direktur IBL Hasan Gozali dalam keterangan tertulis yang diterima Fajar Indonesia Network (FIN), Selasa (28/5) kemarin.

Gozali menuturkan, pada dasarnya pihaknya telah memberikan tenggat waktu untuk Bogor Siliwangi menyelesaikan permasalahannya tersebut. Namun, hinga batas waktu yang sudah ditentukan, Bogor Siliwangi belum juga mampu menyelesaikan permasalahannya tersebut.

"IBL sebenarnya sudah memberikan tenggat waktu kepada manajemen (Bogor) Siliwangi. Namun, sampai batas yang ditentukan mereka belum juga bisa memberikan jawaban," tegas Gozali.

Lebih lanjut, Gozali menuturkan selain permasalahan tunggakan gaji, Bogor Siliwangi juga dikatakannya tak mampu memenuhi persyaratannya dalam keiikutsertaannya di IBL musim mendatang. "Terpaksa, akhirnya kita menganggap Bogor Siliwangi telah mengundurkan diri (dari keiikutsertaannya di IBL)," imbuh Gozali.

Sementara itu, mantan pelatih kelapa tim Bogor Siliwangi, Ali Budimansyah mengakui bahwa Bogor Siliwangi masih menunggak gajinya dan seluruh pemain selama delapan bulan terakhir. Akan tetapi, Budi enggan membeberakan secara terperinci terkait permasalahan tersebut.

"Saya tidak ingin bicara banyak, karena takut salah. Namun, pastinya masih ada hak gaji saya beserta manajer tim dan para pemain yang masih tertunggak selama kurang lebih delapan bulan," tuturnya saat dihubungi wartawan.

Masalah tunggakan gaji menjadi penyakit akut yang diidap Siliwangi, yang musim 2018/2019 hijrah ke Bogor setelah beberapa musim bermarkas di Bandung. Bahkan, mereka sempat tersandung skandal pengaturan skor pada IBL musim 2016.

Buntut dari skandal tersebut, delapan pemain dan satu ofisial Siliwangi dihukum larangan terlibat dalam dunia basket selama 2 sampai 5 tahun. Pengaturan skor disinyalir terjadi karena klub, yang saat itu masih bernama JNE Siliwangi dan ada di bawah kepelimikan PT Bandung Utama Raya itu kerap menunggak gaji pemain.

Setelah berganti kepemilikan ke PT Neosport Maung Indonesia, klub bertransformasi menjadi Siliwangi Bandung untuk musim 2017/2018 dan hijrah ke Bogor semusim berikutnya. Setelah hijrah ke Bogor, Bogor siliwangi sempat mengusung misi membersihkan nama baik mereka di awal musim. Bogor Siliwngi mengklaim kembali hadir dengan semangat baru.

Akan tetapi, di tengah perjalannya, di musim 2018/2019, lagi-lagi Bogor Siliwangi tersandung masalah. Beberapa pemain, sempat berencana untuk mogok bermain lantaran gaji yang belum dibayarkan.

Alhasil, prestasi Bogor Siliwangi di musim 2018/2019 kian buruk lantaran hanya berhasil menempati peringkat keempat klasemen akhir Divisi Putih di musim reguler dengan catatan lima kemenangan dan 13 kekalahan. (gie/fin/zul/wsa)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Awal Baik Rafael Nadal
Awal Baik Rafael Nadal

Berita Sejenis

Kirim 27 Pebulutangkis, Indonesia Incar Satu Gelar Juara Dunia

Kirim 27 Pebulutangkis, Indonesia Incar Satu Gelar Juara Dunia

27 pemain bulu tangkis Indonesia dipastikan bakal meramaikan ajang Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia 2019 di St. Jakobshalle Basel, Swiss.


Satria Muda Pede Tatap Grand Final IBL 3x3

Satria Muda Pede Tatap Grand Final IBL 3x3

Babak Grand Final IBL 3x3 Basketball Indonesia Tour 2019 bakal digelar di Cilandak Town Square, Jakarta, 3-4 Agustus nanti.


Tinggal Berharap pada Marcus/Kevin dan Fajar/Rian

Tinggal Berharap pada Marcus/Kevin dan Fajar/Rian

Pemain Indonesia mulai berguguran di babak pertama Toyota Thailand Open 2019.


Dijamu Persib, Kalteng Putra Dibuat Pusing

Dijamu Persib, Kalteng Putra Dibuat Pusing

Kalteng Putra harus mengoptimalkan pemain lokal saat menghadapi Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat, Selasa (16/7).


Fakhri Coret 7 Pemain, Bima Fokus Benahi Pertahanan

Fakhri Coret 7 Pemain, Bima Fokus Benahi Pertahanan

Pelatih Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-19, Fakhri Husaini mencoret tujuh pemain dari pemusatan latihan nasional (pelatnas).


Bima Sakti Hanya Panggil 25 Pemain

Bima Sakti Hanya Panggil 25 Pemain

Pelatnas skuat Garuda Junior akan kembali berlangsung di Stadion Padjajaran Bogor, 7-24 Juli mendatang.


Digelar di 5 Kota, IBL 3x3 2019 Jadi Ajang Pemanasan Klub

Digelar di 5 Kota, IBL 3x3 2019 Jadi Ajang Pemanasan Klub

Setelah sukses digelar tahun 2018, kini IBL 3x3 Basketball Indonesia Tour kembali dilangsungkan pada tahun ini.


Fisik Pemain Timnas U-19 Belum Oke

Fisik Pemain Timnas U-19 Belum Oke

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-19 sudah mulai menjalani pemusatan latihan nasional (pelatnas) lagi.


Fakhri Panggil 33 Pemain

Fakhri Panggil 33 Pemain

Pelatih Timnas U-19, Fakhri Husaini memanggil 33 pemain untuk menjalani training camp (TC) menjelang Piala AFF.


Persija ke Lamongan Tidak dengan Kekuatan Terbaiknya

Persija ke Lamongan Tidak dengan Kekuatan Terbaiknya

Persija Jakarta datang ke Lamongan dalam kondisi pincang. Tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut datang tanpa empat pemain pilar.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!